Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam Sepakbola

Hestianingsih - wolipop Selasa, 10 Jul 2018 19:33 WIB
Model Izabel Goulart di Piala Dunia 2018. Foto: Instagram Model Izabel Goulart di Piala Dunia 2018. Foto: Instagram

Jakarta - Gegap gempita turnamen Piala Dunia 2018 tak hanya disambut dengan antusias oleh para penggemar sepakbola. Kejuaraan yang diadakan empat tahun sekali itu juga memberi pengaruh besar terhadap dunia fashion.

Lyst, mesin pencarian serupa Google khusus tentang fashion, mencatat ada peningkatan ketertarikan para wanita terhadap fashion item berbau Piala Dunia maupun sepakbola.

Pencarian dengan kata kunci 'football' dan 'soccer' di Lyst naik hingga 340 persen ketimbang tahun lalu. Lalu mulai dari bulan Mei ke Juni, pencarian dengan dua kata kunci tersebut naik 210 persen hanya dalam satu bulan.

Dari kategori fashion wanita, sepakbola juga jadi kata paling populer. Seperti dikutip dari Harper's Bazaar, wanita yang mencari kata 'soccer' dan 'football' meningkat hingga 540 persen dibandingkan tahun lalu.
Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam SepakbolaClaudia Neumann selebgram asal Jerman. Foto: Instagram

Seragam jersey Rusia dan Jerman termasuk paling banyak dicari dalam mesin pencarian Lyst. Baju bernuansa vintage ternyata cukup disukai pencinta fashion yang ingin ikut memeriahkan Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Dipakai Gareth Southgate di Piala Dunia, Penjualan Baju Ini Meningkat

Tonton juga video: 'Ada Jersey Piala Dunia Made In Indonesia di Rusia':



Tidak hanya kaus jersey, scarf juga jadi fashion item yang populer selama Piala Dunia 2018. Pencarian terhadap kata 'football scarves' naik hingga 12 persen sejak Maret 2018, setelah sejumlah influencer di Instagram memakainya ketika menonton pertandingan.

Demam sepakbola karena Piala Dunia pun merambah desainer dan brand fashion high-end. Sebut saja Versace yang merilis T-shirt model jersey dengan motif garis hitam-pink. Memiliki aksen bordiran bertulisan 'Versace' dari benang emas, T-shirt tersebut dijual seharga Rp 10,8 juta.
Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam SepakbolaT-shirt Versace terinspirasi jersey bola. Foto: Dok. Farfetch

Louis Vuitton juga tak mau ketinggalan. Brand fashion asal Prancis itu bahkan merilis koleksi khusus Piala Dunia 2018 yang diproduksi secara terbatas. Tas sampai dompet dirancang dengan motif segi enam menyerupai pola bola sepak, yang dijual dengan harga mulai dari Rp 10 jutaan.
Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam SepakbolaModel Alessandra Ambrosio pakai jersey Brasil. Foto: Dok. Instagram/alessandraambrosio

Tren sepakbola di dunia fashion juga makin marak setelah sejumlah model papan atas ikut memakai T-shirt bertema kesebelasan negara yang mereka dukung. Beberapa di antaranya Alessandra Ambrosio, Adriana Lima dan Isabeli Fontana yang memadukan jersey seragam Brasil dengan busana lain agar tampil lebih fashionable.
Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam SepakbolaTas Louis Vuitton edisi Piala Dunia. Foto: Istimewa

Jangan lupakan juga waistcoat atau vest yang jadi hits setelah dipakai manajer tim Inggris Gareth Southgate. Marks & Spencer mencatat penjualan waistcoat meningkat hingga 35 persen karena sering dipakai Southgate setiap kali Inggris berlaga di Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Intip Koleksi Baju Kekinian Piala Dunia 2018 Versi Desainer Internasional

Para desainer internasional pun ikut larut dalam euforia Piala Dunia 2018. Mereka unjuk kebolehan menciptakan koleksi baju bergaya kekinian yang inspirasinya bersumber dari sepakbola.
Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam SepakbolaGareth Southgate memakai waistcoat. Foto: Getty Images

Koleksi tersebut salah satunya datang dari deretan desainer internasional yang digandeng YOOX, sebuah ritel daring (online), dan majalah olahraga SEPP. Berasal dari 14 negara peserta Piala Dunia 2018, mereka menciptakan koleksi kapsul yang terdiri dari kaus hingga sweatshirts bertema sepakbola.

Ketika Piala Dunia 2018 Bikin Fashionista Jadi Demam Sepakbola

(hst/hst)