Mengenal Off-White, Brand Kekinian Favorit Rihanna, Agnez Mo Hingga Syahrini

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 22 Jan 2018 17:34 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Ketimbang Gucci, Chanel, dan Hermes, nama label Off-White mungkin masih terasa asing di telinga publik Indonesia. Namun, Off-White sudah menjadi favorit sejumlah selebriti ternama Tanah Air, mulai dari Syahrini hingga Agnez Mo. Lantas, apa yang membuat label ini begitu spesial?

Diluncurkan pada 2013, Off-White hadir dengan garis desainnya yang bergaya urban (streetwear) namun dikemas dalam konsep yang luks (high-end). Adalah Virgil Abloh, sang pendiri sekaligus direktur kreatif Off-White.

DJ sekaligus desainer pendiri label Off-White.Virgil Abloh, DJ sekaligus desainer pendiri label Off-White. (Foto: Getty Images)

Sebelum mendirikan Off-White, Virgil pada 2002 bekerja untuk Kanye West sebagai konsultan kreatif saat usianya 22 tahun. Salah satu karyanya adalah desain sampul album Kanye 'Watch the Throne' yang sempat dinominasikan di kategori Best Recording Package Grammy Awards 2012 silam. Ia juga dikenal sebagai DJ.

Virgil mulai berkiprah di dunia mode pada 2009 saat mendapat kesempatan magang bersama Kanye di rumah mode Fendi. Empat tahun kemudian, Virgil memberanikan diri membangun label sendiri bernama Pyrex hingga akhirnya ditutup pada 2013. Sebagai penggantinya, Virgil mendirikan Off-White.

Salah satu rancangan Virgil untuk Off-White.Salah satu rancangan Virgil untuk Off-White. (Foto: Getty Images)

Off-White digagas saat streetwear mulai mendominasi tren fashion secara global. Kala itu, desainer berdarah Ghana ini melihat belum banyak pemain di industri fashion yang mengakomodasi kebutuhan para fashionista kelas atas yang mulai melirik streetwear.

"Banyak yang memandang streetwear itu barang murahan. Misiku adalah menambahkan sentuhan intelektual pada streetwear dan menjadikannya rasional," kata Virgil seperti dikutip Business of Fashion.

Mengenal Off-White, Brand Kekinian Favorit Rihanna, Agnez Mo Hingga SyahriniFoto: Getty Images

Virgil lantas mengaplikasikan konsepnya ke dalam cutting yang minimalis dengan twist yang bernafas urban, baik untuk koleksi busana wanita maupun pria. Latar belakang Virgil sebagai lulusan teknik sipil juga memberi pengaruh pada desainnya yang sesekali dekonstruktif dan asimetris.

Memberi warna baru di ranah fashion, Off-White lantas berhasil merebut hati para pecinta fashion. Di lingkaran selebriti internasional, ada Beyonce, Bella Hadid dan Rihanna yang memuja koleksi Off-White.

Virgil dan Bella Hadid.Virgil dan Bella Hadid. (Foto: Getty Images)

Selebriti Indonesia pun jatuh hati pada label ini. Syahrini pernah terlihat memakai kaus putih polos Off-White seharga US$ 164 atau sekitar Rp 2,5 juta. Sementara itu, sepasang ankle boots Agnes Monica sempat menopang kaki Agnez Mo untuk sebuah pemotretan. Harganya mencapai 912 euro atau sekitar Rp 14,8 juta.

Agnez Mo dengan ankle boots Off-White. Agnez Mo dengan ankle boots Off-White. (Foto: Instagram/Agnez Mo)

Sukses dengan labelnya, Virgil juga melakukan kolaborasi menarik dengan beberapa merek ternama. Dengan Nike, ia mendesain ulang seri Nike Air Force. Kolaborasinya sekaligus mencakup deretan produk interior bersama IKEA.
(dtg/dtg)