10 Desainer Hijab Indonesia Akan Pamer Karya di Turki dan Dubai

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 19 Sep 2017 15:25 WIB
Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Jakarta - Banyak perancang muslim Indonesia yang meningkatkan eksistensi mereka dengan pamer karya di luar negeri. Jelang akhir tahun, desainer busana muslim berencana ikut show di Turki dan Dubai. Seperti sepuluh desainer yang namanya sudah eksis di Indonesia ini.

Dijembatani oleh Think Fashion, Irna Mutiara, Anggia Mawardi, Jawhara Syari, Sazy Zahra, #Markamarie, dan Applecoast Noore, rencananya akan tampil di Indonesia Experience Istanbul, Turki. Sedangkan desainer yang akan pamer karya di Dubai Modest Fashion Week adalah Sumayya & SSS, Devi Janeeta, Sad Indah, Anggia Mawardi, dan Padusi.co. Para desainer memang dibagi menjadi dua sesi untuk acara Indonesia Experience Istanbul Turki dan Dubai Modest Fashion Week.

10 Desainer Hijab Indonesia Akan Pamer Karya di Turki dan DubaiFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Penggagas Think Fashion yang merupakan diaspora Indonesia Franka Soeria dan Ozlem Sahin asal Turki mengatakan ingin industri fashion Tanah Air khususnya modest wear bisa menembus pasar Turki. Franka yang juga pernah bekerja sebagai jurnalis itu ingin desainer Indonesia dan perancang Turki bisa bekerjasama. Ia juga ingin menunjukkan bahwa desainer Indonesia punya karya yang sangat kreatif dan beragam.

"Turki itu cara jualannya bagus banget. Nah aku juga ingin membuka mata Turki bahwa modest fashion itu kreatif dan beragam. Mereka juga lihat kalau desain Indonesia wow banget dan mereka excited sama Indonesia," ujar Franka saat press conference di Portico, Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).
10 Desainer Hijab Indonesia Akan Pamer Karya di Turki dan DubaiFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Masing-masing desainer akan membawakan koleksi berbeda-beda sesuai DNA masing-masing. Mulai dari sport wear hingga evening gown akan dipamerkan desainer Indonesia di panggung mode tersebut. Seperti desainer Irna Mutiara yang membawakan koleksi gaun pengantin dari labelnya Irna La Perle.

Irna Mutiara mengaku kali ini membawakan rancangan gaun pengantin yang multifungsi. Jadi koleksinya tak hanya berfungsi sebagai gaun pengantin tapi juga evening gown. Ballgown yang dibuat Irna Mutiara memiliki detail rok tutu dan obi yang dapat dilepas-pasang tergantung acaranya.

"Saya akan membawakan delapan koleksi seperti desainer lainnya. Melihat perkembangan para muslimah yang serba praktis dan saya lihat Turki juga bajunya multifungsi ya. Jadi baju pengantinnya nggak hanya sekali pakai tapi juga bisa digunakan lagi untuk menjadi baju pesta," ujar Irna Mutiara saat berbincang dengan Wolipop.
10 Desainer Hijab Indonesia Akan Pamer Karya di Turki dan DubaiFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Koleksi gaun pengantin muslim yang ditampilkan akan bernuansa hitam, rose gold, dan gold. Rok tutu dengan detail embroidery serta beads akan menjadi ciri khas yang bisa dilepas pasang. Begitu pula detail di bagian atas yang juga tampak berbeda.

Desainer lainnya Anggia Mawardi menampilkan koleksi dress formal. Detail ruffle dan sematan kain batik memberikan warna berbeda pada rancangannya. Anggia mengaku memakai bahan-bahan seperti katun dan sifon.

Permainan desain Anggia tampak berbeda untuk koleksi yang dipamerkan di Dubai Fashion Week. Ia menampilkan busana yang lebih glamour dengan taburan kristal Swarovski, tambahan embroidery, serta bahan sutera.
10 Desainer Hijab Indonesia Akan Pamer Karya di Turki dan DubaiFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Tak hanya baju pesta, ada juga desainer yang menampilkan koleksi baju olahraga seperti pemilik brand sportwear Applecoast Noore, Adidharma Sudrajat. Ia menghadirkan koleksi busana olahraga dan streetwear. Permainan potongan yang maskulin akan dipamerkan di Turki. Untuk busana streetwear juga terlihat aplikasi patchwork yang dimodifikasi menggunakan material denim.

"Kita akan membawa ciput olahraga yang awal September ini laris banget lebihd dari 5.000 pieces terjual dan streetwear. Untuk delapan look rencananya tiga koleksi baju olahraga dan sisanya streewear," kata Adi.
(ays/ays)