Gaun Marilyn Monroe Ini Jadi Baju Ikonik Termahal Sepanjang Sejarah

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 18 Agu 2017 12:20 WIB
Foto: Ist. Foto: Ist.

Jakarta - Membayangkan Marilyn Monroe, yang teringat tentu gaya centilnya saat memakai gaun putih halterneck saat tertiup angin. Siapa yang sangka gaun yang dipakainya di tahun 1955 tersebut kini menjadi busana paling berharga, bahkan termahal di antara baju-baju selebriti Hollywood lain.

Dilansir oleh Who What Wear, Getty Images baru saja merilis 10 gaun termahal di sejarah Hollywood. Merajai daftar tersebut ternyata adalah gaun halteneck putih milik Marilyn Monroe di film The Seven Year Itch. Gaun putih Marilyn Monroe itu dilelang pada tahun 2011 dan terjual dengan harga US$ 5,6 juta atau setara dengan Rp 75 miliar.

Gaun lain yang ada dalam daftar adalah milik Nicole Kidman yang dipakai saat Oscar tahun 1997. Christian Dior dikabarkan membayar Nicole Kidman senilai US$ 2 juta atau Rp 26,7 miliar untuk memakai gaun kuning mustard berbordir Chinosoire tersebut.

Gaun hitam ikonik milik Audrey Hepburn di Breakfast at Tiffany's juga hadir di daftar ini. Gaun minimalis rancangan Givenchy itu dilelang sampai harga US$ 900 ribu atau sekitar Rp 12 miliar.

Di urutan keempat ada gaun pernikahan yang dihiasi 10.000 mutiara dari tahun 1950. Di masa itu saja, gaun ini sudah bernilai sampai US$ 100 ribu atau Rp 1,3 miliar.
Gaun Marilyn Monroe Ini Jadi Baju Ikonik Termahal Sepanjang SejarahFoto: Getty Images

Gaun berikutnya tak datang lama dari puluhan tahun lalu, melainkan gaun yang dibuat khusus untuk perayaan istimewa tahun 2013, yakni Royal Wedding Pangeran William dan Kate Middleton. Gaun rancangan Sarah Burton untuk rumah mode Alexander McQueen ini bernilai US$ 400 ribu atau Rp 5,3 miliar.

Gaun pengantin lainnya juga hadir dalam daftar, yakni gaun Oscar de la Renta yang dipakai Amal Clooney saat dinikahi George Clooney berada di peringkat enam. Peringkat tujuh diisi dengan gaun hitam Putri Diana.
Gaun Marilyn Monroe Ini Jadi Baju Ikonik Termahal Sepanjang SejarahFoto: Getty Images

Diikuti setelahnya, gaun Armani milik Cate Blanchett, gaun Calvin Klein berhias mutiara yang dipakai Lupita Nyong'o di Academy Awards 2015, dan terakhir adalah gaun putih strapless milik Charlize Theron dari Dior untuk Oscar 2013. (asf/ays)