Mengenal Tren Jaket TAD yang Dipopulerkan Jokowi Saat ke Papua

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 12 Mei 2017 11:47 WIB
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Jokowi lagi-lagi menjadi acuan tren mode Tanah Air. Setelah sebelumnya membuat popularitas jaket bomber memuncak, ia kembali mengenakan model jaket lain yang kini menjadi perbincangan di dunia maya.

Saksikan video 20detik mengenai Jaket Jokowi di sini:


Jokowi memakai jaket berwarna hijau army ketika menjajal ruas jalan trans Papua sambil mengendarai motor trail. Diketahui, jaket yang kental dengan gaya militer itu dinamakan jaket TAD Sharskin. Material Sharksin atau softshell populer dipakai sebagai jaket atau coat karena teksturnya yang lembut, ringan namun sifatnya dapat menahan angin, juga anti air.

Beda dengan bomber yang tampil bulky dengan karet di bagian tangan dan bawahnya, jaket TAD tampil lebih maskulin dengan hoody dan ritsleting sebagai aksen. Milik Jokowi juga dihiasi emblem bendera Indonesia dan tali velcro di lengan.
Mengenal Tren Jaket TAD yang Dipopulerkan Jokowi Saat ke PapuaFoto: Persiapan Presiden Jokowi Sebelum Ngetril/Bagus Prihantoro/detikcom

Dilihat dari perkembangannya, jaket taktikal ini bukan lagi dibuat sebagai seragam pasukan tentara khusus. Kini jaket mulai dijual sebagai keperluan fashion atau untuk mereka yang memiliki hobi petualangan outdoor.
Mengenal Tren Jaket TAD yang Dipopulerkan Jokowi Saat ke PapuaFoto: Biro Pers Setpres

Penjualan jaket TAD kini banyak ditemui secara online, termasuk Instagram, apalagi setelah dipakai Jokowi. Namun tak hanya di Tanah Air, jaket ini juga banyak dijual di situs belanja internasional, misalnya aliexpress, eBay dan Triple Aught Design dengan kisaran harga Rp 500 hingga Rp 2,4 jutaan. Sementara jaket-jaket yang dijual di situs lokal rata-rata mulai dibanderol dari Rp 300 ribuan.
Mengenal Tren Jaket TAD yang Dipopulerkan Jokowi Saat ke PapuaFoto: Biro Pers Setpres


(asf/asf)