ADVERTISEMENT

Foto: Tampannya Zumi Zola Pakai Batik Jambi

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 01 Feb 2017 17:15 WIB
Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta -

Mengenakan batik Jambi sudah menjadi bagian dari keseharian Gubernur Jambi Zumi Zola. Hampir di setiap kesempatan formal, Zumi mengandalkan batik Jambi sebagai busana dinas andalannya.

Seperti yang Zumi pakai saat berkunjung ke markas detikcom di kawasan Buncit, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2017). Pria yang dulunya lebih dikenal sebagai aktor itu muncul dalam balutan kemeja batik Jambi bernuansa merah kegelapan.

"Batik Jambi dikenal dengan warnanya yang gelap. Motifnya yang terkenal di antaranya durian pecah dan angso duo," jelas Zumi tentang batik Jambi.

Ia memadukannya dengan celana panjang hitam dan sepatu kulit high-top berwarna senada. Tidak ketinggalan Tanjak, ikat kepala khas Jambi, yang menghiasi kepalanya.

Foto: Tampannya Zumi Zola Pakai Batik JambiFoto: Dikhy Sasra

"Belakangan ini saya memang sedang giat-giatnya mengenalkan Tanjak, terutama di sekolah-sekolah. Supaya anak-anak muda Jambi tahu apa itu Tanjak," ujar ayah dua anak itu.

Bukan sekadar untuk keperluan penampilan, ia memakai busana daerah sebagai sarana mempromosikan warisan budaya Jambi tersebut.

Foto: Tampannya Zumi Zola Pakai Batik JambiFoto: Dikhy Sasra

"Harapannya, semakin banyak orang yang mengenal dan melirik batik Jambi lagi supaya tidak punah," kata pria 36 tahun itu.

Zumi juga berharap, gaya berbusananya tersebut juga dapat mendongkrak penjualan batik Jambi sehingga ikut mensejahterahkan perajin batik Jambi yang jumlahnya semakin terbatas.



(dng/asf)