Happy Salma Rambah Bisnis Perhiasan Etnik Bercita Rasa Internasional

- wolipop Sabtu, 06 Sep 2014 14:05 WIB
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta - Cukup jarang terlihat mewarnai televisi dan layar lebar, aktris Happy Salma rupanya memiliki kesibukan baru di bidang bisnis. Tak jauh dari minat utama Happy, bisnis tersebut masih berada di lingkup seni, yakni perhiasan. Bahkan Ia baru saja meluncurkan koleksi ke tiga yang diberi judul Tanah Air - The Journey.

Bersama dengan sahabatnya, Dewa Sri Luce Luna, aktris berusia 34 tahun itu bekerjasama mengelola sebuah brand aksesori bertajuk Tulola Jewerly. Merek Tulola sendiri sebenarnya telah didirikan oleh Sri sejak 2007, namun Happy baru bergabung pada 2012.

Saat ditemui pada pameran koleksi terbaru Tulola di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Happy mengatakan mulanya hanya mengagumi karya-karya Sri saja. Aktris 5cm itu akhirnya memutuskan untuk bergabung dan bekerja sebagai konseptor.

"Saya awalnya memang menyukai perhiasan dan budaya. Kita bersahabat dari tahun 2007. Dari awal memang langsung cocok sama Sri," ujar Happy ketika diwawancara Wolipop di Grand Indonesia Shopping Town pada Jumat (5/9/2014).

Sebagai seorang konseptor, Happy mengedepan tema kekayaan khas Indonesia pada setiap koleksi Tulola. Setelah menemukan tema besar, kemudian Ia mempercayakan pengerjaan desain kepada Sri. Dua orang wanita yang telah saling mengenal sejak 2007 itu pun mengemas perhiasan khas dalam negeri, dengan desain yang modern sehingga bisa dikenakan pelanggan mancanegara.

Rangkaian karya Tulola ini terbilang cukup eksklusif. Sebagian model dari koleksi hanya diciptakan satu piece sehingga tidak ada yang menyamai. Desainnya pun tak kalah unik, terinspirasi dari mitos atau kisah-kisah etnik sehingga berkesan filosofis.

Material-material seperti perak serta emasnya juga diambil dari Indonesia. Meski ada beberapa bahan yang diimport dari Thailand, Happy mengaku dibuatnya harus di dalam negeri, karena hanya perajin Indonesia yang bisa.

Penggemar perhiasan Tulola yang terkesan etnik itu ternyata bukan hanya dari dalam negeri. Tulola yang berarti wanita dalam bahasa Spanyol itu juga kerap menerima pesanan dari Amerika Serikat melalui situs online-nya. Bahkan penyanyi internasional, Courtney Love pernah memakainya dalam sebuah pemotretan majalah. Meski banyak penggemar, Happy dan Sri tidak memiliki kenginan untuk melebarkan pasar dengan melakukan retail.

Saat ini, koleksi terbaru Tulola sedang dipamerkan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Shopping Town. Gelaran itu hanya berlangsung dua hari mulai besok Sabtu, (6/9/2014). Selain melihat-lihat, Anda pun dapat membeli beragam jenis perhiasan, seperti kalung, subeng (giwang), gelang, serta bros berkesan etnis dengan kisaran harga Rp 300 ribu - Rp 5 jutaan.

(ami/als)