Dian Pelangi: Hijab Syar'i Kini Jadi Tren

- wolipop Minggu, 20 Jul 2014 08:48 WIB
Dok. Instagram Dian Pelangi
Jakarta - Wanita berhijab kini semakin pandai memadupadankan busana mereka sehingga tidak terkesan monoton. Jika dulu hijab tampak kaku kini sudah semakin modis dan modern terutama sejak para hijabers muda mulai mengkreasikan gaya mereka.

Sekitar lima tahun lalu, tren hijab sangat bervariasi mulai dari tabrak warna, motif, hingga tumpuk busana agar terkesan trendi. Namun seiring berjalannya waktu, tren tersebut kembali simpel dan lebih minimalis.

Menurut desainer muda sekaligus ikon hijabers Indonesia, Dian Pelangi, saat ini trennya kembali sederhana dan harmonis tapi tidak terkesan monoton. Bahkan potongannya sudah mulai lurus dan cenderung syar'i.

"Hijab syar'i lagi tren sekarang dan itu bagus ya. Sudah mulai banyak hijabers yang tampil syar'i. Tapi bagi yang belum siap trennya juga tidak tabrak-tabrak seperti dulu, semakin simpel. Sekarang hijabnya cukup one to step saja yang penitinya nggak banyak. Perempuan lebih suka yang nyaman dan simpel," papar Dian saat talkshow di ajang Indonesia Moslem Fashion Week (IMFW) 2014, di Trans Convention Center, The Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu (19/7/2014).

Selain tren potongan hijab yang menutup dada, warna pastel juga masih menjadi andalan di 2014. Menurut desainer 23 tahun itu, sebagian besar muslimah ingin tampil bersih seolah melambangkan kesucian saat Hari Raya. Oleh karena itu tren Lebaran masih cenderung cerah.

Untuk potongan busananya, gamis, kaftan, dan abaya masih diminati. Ketiga jenis busana tersebut tidak membuat Anda repot lebih minimalis. Siluetnya juga semakin lebar dan tidak fit di tubuh karena pengaruh tren syar'i itu.

Sedikit menambahkan, editor in Chief Wolipop, Ferdy Thaeras, tren hijab di Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Bahkan setahun belakangan ini, para pelaku industri fashion dunia mulai menerapkan konsep busana sopan seperti busana muslim atau biasa disebut modest dressing.

Beberapa brand high-end seperti Hermes, Gucci, dan Dolce & Gabbana tampaknya sudah merilis koleksi busana sopan dan tertutup. "Kini setiap wanita bebas berekspresi, para pelaku industri fashion dunia juga mulai menerapkan modest dressing, jadi kita bisa mengambil inspirasi busana dari Milan Fashion Week, Paris Fashion Week, New York Fashion Week, yang sudah menampilkan koleksi busana tertutup," ujar Ferdy yang juga menjadi pembicara ketika talkshow di IMFW 2014.

Selain talkshow, acara dilanjutkan dengan fashion show oleh para desainer dan kemudian ditutup dengan penampilan dari HiVi. IMFW 2014 masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (20/7/2014). Acara dibuka mulai pukul 10:00. Anda bisa berbelanja serta mendapatkan banyak ilmu hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu.

(aln/eny)