ADVERTISEMENT

15 Bahasa Gaul di TikTok, Ini Arti YGY Hingga NT

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Rabu, 10 Agu 2022 12:00 WIB
Photo of female Caucasian young consumer checking information on mobile phone in pharmacy. Medicine, pharmaceutics, health care and people concept. Woman using black smartphone while shopping in the pharmacy store during the day. Foto: iStock
Jakarta -

TikTok diluncurkan pada 2016. Sejak saat itu, platform media sosial berbasis video ini sudah melahirkan banyak tren, termasuk bahasa gaul di TikTok yang populer di kalangan anak muda.

Bahasa gaul yang digunakan tidak selalu berasal dari TikTok. Ada pula yang dari Facebook, MySpace, Twitter dan Instagram.

Namun begitu muncul di TikTok, bahasa-bahasa gaul tersebut langsung menarik perhatian netizen dan banyak digunakan. Berikut ini beberapa bahasa gaul di TikTok yang perlu kamu tahu, jika ingin jadi TikTokers.

1. Cheugy

Cheugy merupakan istilah yang populer di kalangan Gen-Z. Biasanya dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang sudah kuno, ketinggalan zaman atau norak.

2. DC

DC adalah sungkatan dari 'dance credit'. Pengguna TikTok kerap menuliskannya pada caption video untuk memberikan kredit kepada kreator konten asli.

3. FYP

FYP singkatan dari 'for your page', yang merujuk pada homepage di TikTok di mana kamu bisa menemukan berbagai video dari kreator konten.

4. IB

IB singkatan dari 'inspired by', atau dalam bahasa Indonesia berarti 'terinspirasi oleh'. Biasanya bahasa gaul di TikTok ini digunakan kreator yang mengambil inspirasi konten dari kreator lain.

5. Mid

Bahasa gaul di TikTok satu ini, Mid, digunakan untuk menggambarkan seseorang yang penampilannya 'biasa-biasa saja' atau standar. Terkadang juga dipakai untuk menyebut sesuatu yang sedang-sedang saja.

6. Pick Me Girl

Istilah ini dipakai oleh seseorang yang mengklaim bahwa bahwa dia berbeda atau tidak seperti orang pada umumnya. Orang-orang seperti ini biasanya suka jadi pusat perhatian.

7. POV

POV merupakan singkatan dari 'point of view'. Sebuah gaya pengambilan angle video di mana kreatornya merekam konten yang terkesan seperti dilihat dari sudut pandang orang lain.

8. NT

NT, bahasa gaul di TikTok yang merupakan singkatan dari 'nice try'. Istilah ini diperuntukkan bagi konten yang berisi tentang perjuangan seseorang, misalnya berjualan untuk melanjutkan sekolah, menggapai cita-cita, dan lain sebagainya.

9. YGY

YGY merupakan singkatan dari 'Ya Guys Ya', 'Ya Ges Ya', atau 'Ya Gaes Ya'. Bahasa gaul ini biasanya dipakai untuk meyakinkan orang lain untuk membenarkan sebuah argumen. YGY sering dipakai oleh anak muda untuk dijadikan keterangan dalam kontennya. Contohnya, 'Cinta tak selamanya indah YGY'.

10. Cringe

Cringe biasanya dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang merasa geli atau jijik dalam sebuah obrolan. Cringe sendiri memiliki arti meringis atau bergidik. Biasanya merujuk ke konotasi yang negatif.

11. Salty

Kata salty berasal dari bahasa Inggris, Salt, yang artinya garam. Namun kata salty yang dijadikan sebagai bahasa gaul di TikTok memiliki arti yang berbeda, yang tadinya garam menjadi geram. Kata salty biasanya digunakan untuk menunjukkan perasaan geram atau kesal. Tak hanya itu, salty juga bisa digunakan sebagai sindiran halus untuk seseorang.

12. TBL

TBL adalah singkatan dari 'takut banget loh', yang artinya mengungkapkan rasa ketakutan.

13. SBL

SBL merupakan singkatan dari Sebel Banget Loch. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh pengguna TikTok.

14. NBL

NBL merupakan singkatan dari Ngakak Banget Loch. Biasanya ditulis jika ada seseorang mengirimkan postingan yang lucu dan membuat tertawa.

15. RL

RL merupakan singkatan dari kata 'Real Life' yang berarti kehidupan nyata. Istilah ini kerap digunakan oleh pengguna TikTok saat membandingkan perilaku seseorang di kehidupan nyata dan sosial media.

Itulah 15 bahasa gaul di TikTok yang sering dipakai banyak penggunanya. Jangan sampai salah pemakaiannya ya!



Simak Video "Ribuan Wanita Ikut Pawai Kebaya Bersama Iriana Joko Widodo"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)