ADVERTISEMENT

Ibu dan Perempuan Menikah Dikabarkan Boleh Ikut Miss Universe Mulai 2023

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 10 Agu 2022 06:45 WIB
Newly crowned Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu poses during a press conference following the 70th Miss Universe pageant, Monday, Dec. 13, 2021, in Eilat, Israel. (AP Photo/Ariel Schalit) Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu (Foto: AP/Ariel Schalit)
New York City -

Miss Universe dikabarkan akan menerapkan peraturan baru yang memungkinkan perempuan menikah dan ibu boleh ikut berkompetisi mulai tahun depan. Jika benar terwujud, kebijakan ini bakal menjadi torehan penting dalam sejarah kontes kecantikan dunia tersebut dalam memberikan peluang yang sama bagi semua perempuan.

The National pertama kali mengabarkan perubahan aturan tersebut berdasarkan memo internal yang diedarkan organisasi Miss Universe. "Kami percaya bahwa perempuan harus menjadi agen perubahan di setiap tahap kehidupan mereka dan keputusan dalam hidup mereka seharusnya bukan menjadi penghalang untuk meraih sukses," demikian bunyi memo tersebut seperti dikutip The National, Senin (8/8/2022).

Newly crowned Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu poses during a press conference following the 70th Miss Universe pageant, Monday, Dec. 13, 2021, in Eilat, Israel. (AP Photo/Ariel Schalit) Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu (Foto: AP/Ariel Schalit)

Selama tujuh dekade lebih, hanya kontestan berusia 18-28 tahun dengan status lajang dan tidak memiliki anak menjadi aturan baku Miss Universe. Direktur Nasional Miss Universe Bahrain Josh Yugen menilai, perubahan kualifikasi ini bisa semakin membuktikan Miss Universe sebagai organisasi yang inovatif dan lebih inklusif.

"Bagi saya, ini sesuai dengan apa yang telah lama saya nantikan, mendobrak stereotip dan meruntuhkan stigma yang masyarakat lama paksakan kepada kita sejak berpuluh-puluh tahun lalu," kata Josh.

Puteri Indonesia dan Ratu DuniaMiss Universe 2021 Harnaaz Sandhu dan Puteri Indonesia 2022 Laksmi Suardana. (Foto: Rafida Faradhian)

Kabarnya, organisasi yang bermarkas di New York City, AS, ini memberlakukan kebijakan tersebut mulai tahun depan atau saat ajang ke-72 digelar. Sampai saat in, belum ada pengumuman resmi dari Miss Universe terkait penerapan aturan baru ini.

Pada 2018, Miss Universe membuat gebrakan dengan menyertakan kontestan transgender perdananya. Mewakili Spanyol di Miss Universe ke-67 yang digelar di Bangkok, Thailand, Angela Ponce menjadi transgender pertama yang masuk final kontes kecantikan dunia tersebut.



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)