ADVERTISEMENT

Viral Daftar Kontestan Putri Jawa Suriname 2022, Nama Peserta Jadi Sorotan

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 09 Jul 2022 15:00 WIB
Putri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname
Jakarta -

Ajang Putri Jawa Suriname 2022 tengah diselenggarakan. Kontes kecantikan yang diikuti para wanita dari negara Suriname keturunan Suku Jawa tersebut pun jadi viral di media sosial. Dalam foto yang memperlihatkan Top 15 kontestan yang terpilih mengikuti babak final, nama dan penampilan peserta jadi sorotan.

"Dengan bangga menampilkan 15 kontestan Putri Jawa Suriname 2022'," begitu arti tulisan dalam poster tersebut.

Putri Jawa SurinamePutri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname

Dalam foto ditampilkan nama dan foto para kontestan. Terungkap jika sebagian besar wanita tersebut masih memiliki paras khas orang Jawa. Nama belakang sejumlah finalis juga jadi sorotan netizen karena familiar di telinga kita, misalnya saja Ngadino, Katidjo, dan Wirokarso. Suriname sendiri adalah negara di Amerika Selatan di mana banyak orang-orang dari Pulau Jawa bermigrasi ke sana.

Putri Jawa Suriname tampaknya baru pertama kali diadakan. Dalam salah satu unggahannya di Facebook terungkap beberapa persyaratan untuk menjadi calon ratu kecantikan dari ajang tersebut. Tidak banyak tuntutan, mereka yang ingin mendaftar diharapkan adalah sosok wanita muda berpenampilan menarik dan bertekad kuat berusia 17 sampai 25 tahun.

Putri Jawa SurinamePutri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname

Dalam unggahan lain yang disebutkan jika para peserta boleh datang dengan rambut diwarnai atau tidak saat pendaftaran yang dimulai sejak bulan Mei. Tak ada aturan khusus mengenai busana, mereka pun diminta untuk menunjukkan jati diri yang original dan memakai busana yang nyaman.

"Ayo putri ayu lan manis kabeh, padha melu kontes iki. Salam manis! Groetjes!," tulis ajang tersebut di Facebook.

Putri Jawa SurinamePutri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname

Tak butuh waktu lama, sebulan kemudian Putri Jawa Suriname pun telah memilih para kontestan berprestasi yang berhak maju ke babak berikutnya. Dalam unggahannya, mereka bahkan menggelar 'selametan' yang kental dengan adat Jawa.

Setelah terpilih 15 kontestan terbaik, Putri Jawa Suriname akan menggelar malam final pada 30 Juli. Dalam foto-foto yang diunggah, para finalis telah melakukan berbagai persiapan untuk tampil prima di babak pemilihan.

(ami/ami)