Viral YouTuber Andrew Kalaweit, Dijuluki Tarzan Tinggal di Hutan Kalimantan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 25 Mei 2022 06:00 WIB
Foto Andrew Kalaweit, Youtuber yang kerap membagikan kegiatan di tengah hutan. Andrew Kalaweit. Foto: Dok. Instagram @andrewkalaweit.
Kalimantan -

Sosok pasangan bule Prancis dan wanita Indonesia, Prada dan Chanee Kalaweit menjadi pusat perhatian warganet setelah membagikan kisah pertemuan mereka di akun Youtube Prada Kalaweit. Kini setelah mereka, sang anak Andrew Kalaweit yang menjadi atensi netizen karena sederet unggahannya di YouTube. Andrew sampai dijuluki Tarzan karena tinggal di hutan Kalimantan.

Sebelumnya dalam perbincangan dengan Wolipop diketahui, ayah Andrew, Chanee Kalaweit merupakan bule Prancis yang terpikat dengan pesona Prada, wanita Dayak. Keduanya mengungkapkan kini menetap di hutan Kalimantan dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan apa yang ada di alam. Mereka memasak dari hasil kebun, menggunakan listrik dengan bantuan matahari dan hidup secara alami.

"Aku ketemu suamiku itu di Juli 2002, saat aku harus mengikuti kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa di Hulu Katingan namanya Tumbang Hiran. Kebetulan suamiku itu nginap di losmen pas di depan posko tempat aku KKN," ungkap Prada kepada Wolipop. Kisah viral lengkapnya KLIK DI SINI.

Foto keluarga Prada dan Chanee Kalaweit.Foto keluarga Prada dan Chanee Kalaweit. Foto: Dok. Instagram @pradakalaweit.



Andrew Kalaweit, Anak Pertama Prada dan Chanee Kalaweit Jadi Youtuber

Wanita yang mempunyai nama lengkap Nurpradawati itu menikah dengan Chanee Kalaweit pada 17 Maret 2002 di Palangkaraya. Keduanya dikaruniai anak pertama bernama Andrew Ananda Brule Kalaweit, yang lahir pada 30 Januari 2004. Kemudian selang lima tahun, anak kedua lahir pada 24 Desember 2009 dan diberi nama Enzo Kalaweit.

Andrew Kalaweit yang kini tumbuh besar, menjadi remaja yang aktif menjaga lingkungan. Ia mengikuti jejak sang ayah, Chanee. Jejak Andrew menjaga lingkungan ini terlihat dalam unggahan di akun Youtube miliknya yang kini sudah mempunyai lebih dari 1,41 juta subscribers.

Kisah cinta pasangan beda negara, Prada dan Chanee Kalaweit.Foto Chanee dan Andrew Kalaweit ketika di tengah hutan. Foto: Dok. Instagram @chaneekalaweit.

Remaja yang berusia 18 tahun itu kerap membagikan kegiatan dan cara bertahan hidup saat di hutan. Andrew pernah membuat video vlog 24 jam di hutan. Ia membawa anjing kesayangannya, Pima, saat berada di hutan.

"Aku mendengar suara owa dan lutung, sekarang aku mau duduk makan siang dulu. Aku mau mencari tempat untuk aku buat campku," ucap Andrew dalam videonya.

Dalam video lainnya, Andrew Kalaweit mengajak adiknya, Enzo untuk camping di tengah hutan. "Kita berdua akan menginap di hutan. Kita berangkat jauh dari rumah. Aku sama Enzo jalan selama dua jam dan camping," tuturnya. Video tersebut sudah ditonton lebih dari tiga juta views.

Foto Andrew Kalaweit, Youtuber yang kerap membagikan kegiatan di tengah hutan.Rumah keluarga Prada Kalaweit. Dok. Youtube Prada Kalaweit.

Kepopuleran Andrew Kalaweit membuatnya diundang menjadi bintang tamu dalam Podcast bersama Deddy Corbuzier. Dia pun diberi julukan The Real Tarzan oleh Deddy. Saat diwawancara Deddy, dia menegaskan tidak pernah berburu dan menyakiti hewan liar di hutan.

"Nggak pernah berburu sama sekali. Karena nggak ada gunanya kita bunuh hewan hanya demi konten. Aku kan bawa makanan, kalau ikan aku mancing," ucap Andrew.

Remaja yang ketampanannya banyak dipuji itu sudah mulai ikut menelusuri hutan bersama sang ayah, Chanee Kalaweit sejak masih berusia lima bulan. Chanee diketahui membangun Yayasan Kalaweit yang bertujuan untuk membantu pemerintah Indonesia dalam bidang rehabilitasi satwa primata owa-owa.

Foto Andrew Kalaweit, Youtuber yang kerap membagikan kegiatan di tengah hutan.Foto Andrew Kalaweit, Youtuber yang kerap membagikan kegiatan di tengah hutan. Foto: Dok. Instagram @andrewkalaweit.

Keluarga Andrew pernah memperlihatkan rumah mereka yang berada di tengah hutan belantara di Kalimantan. Rumah tersebut didesain dengan gaya rumah panggung yang terbuat dari kayu. Memiliki halaman yang luas dan asri.

Tinggal di hutan, bagaimana Andrew belajar pendidikan formal? Ibunda Andrew, Prada, pernah menjelaskan melalui video Youtubenya, kedua anaknya menjalani homeschooling di Denpasar, Bali melalui Skype.

"Nah Enzo setiap hari belajar lewat Skype setiap harinya. Ini lagi belajar IPA, gurunya beda-beda, ini gurunya sendiri jadi gak bergabung dengan murid yang lain. Kalau dia tidak mengerti bisa diajari," tuturnya.

(gaf/eny)