Drakor Tomorrow Tuai Kecaman, Pakai Nama Personel BTS di Daftar Kematian

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 17 Mei 2022 12:00 WIB
Jakarta -

Drama Korea Tomorrow menuai kecaman dari netizen Korea dan penggemar. Pasalnya drama fantasi yang dibintangi Rowoon dan Kim Hee Seon itu dinilai telah menyinggung dua personel BTS dengan cara yang tidak sopan. Penggemar pun mendesak HYBE untuk menuntut tim produksi Tomorrow.

Sinopsis Tomorrow mengikuti kisah para malaikat maut yang mencoba menyelamatkan manusia yang akan bunuh diri. Drama ini juga menyorot permasalahan yang relatable dan dialami banyak orang.

Saat menayangkan episode tujuh, tim produksi drama Korea Tomorrow menampilkan sebuah dokumen yang berisi daftar nama orang yang meninggal sebagai "daftar keluar masuk arwah." Namun ada nama yang tak asing bagi penggemar KPop yaitu Kim Taehyung alias V BTS.

Drama Korea Tomorrow tuai kecaman setelah singgung BTSDrama Korea Tomorrow tuai kecaman setelah singgung BTS Foto: dok. Netflix

Tanggal lahirnya pun sesuai dengan V BTS, 30 Desember. Hanya saja personel BTS itu dibuat 24 tahun lebih tua dari usianya. Tahun lahirnya diubah dari 1995 menjadi 1971.

Tak hanya V BTS, drama Korea Tomorrow juga menyinggung nama Jungkook dalam daftar orang yang telah meninggal itu. Namanya dituliskan sebagai Kim Yoo Rim dengan tanggal lahirnya 1 September 1997.

Meskipun bukan dari penayangan episode terbaru, drama Korea Tomorrow khususnya MBC menuai kecaman netizen Korea. Pasalnya drama MBC itu juga menggunakan tanggal lahir seorang atlet terkenal.

V dan Jungkook BTSV dan Jungkook BTS Foto: dok. HYBE

"Aku benar-benar marah saat melihat mereka menuliskan informasi dari seorang member terkenal di industri hiburan, tapi saat melihatnya lagi, aku perhatikan mereka juga punya tanggal lahir seorang atlet kenamaan di industri olahraga. Apakah mereka gila? Aku ingin mencari tahu siapa yang menulisnya dan menato nama mereka, ulang tahun, tanggal, kematian, dan 'serangan jantung' di dahi mereka," tulis seorang netizen Korea di forum online.

"Wah, aku benar-benar bisa mengerti kenapa para penggemar sangat marah," timpal netizen Korea lain.

"Itu jelas disengaja bahkan dengan tanggal lahir, tapi apa ini? Apakah mereka mencoba membuat kehebohan? Aku pikir kita perlu mencari tahu siapa yang menulis ini sampai ke dasarnya. Ini cukup menakutkan?" komentar seorang netizen Korea.

Konflik MBC dan Agensi BTS

Selama ini publik mengetahui bahwa stasiun televisi MBC tidak memiliki hubungan baik dengan agensi BTS, Big Hit Entertainment (berada di bawah naungan HYBE Labels).

Pada 2019, MBC diduga membalas dendamnya pada BTS karena tidak menghadiri acara musik Gayo Daejeon. Selain tak mengundang BTS, mereka mencoret TXT dan GFRIEND yang juga bernaung di bawah HYBE Labels.

BTSBTS Foto: (dok. BigHit Music)

Menyusul kontroversi tersebut, hari ini, Selasa (17/5/2022), MBC mengatakan bahwa tim produksi drama Korea Tomorrow tidak memiliki maksud tertentu untuk menggunakan nama personel BTS. Kesamaan tanggal lahir dua personel BTS, V dan Jungkook pun disebut random.

"Itu ditulis begitu saja tanpa ada niat apa pun, itu hanya gabungan angka," demikian pernyataan MBC kepada Herald Pop.

Sementara itu, Tomorrow tayang setiap Jumat dan Sabtu pukul 21.55 KST di MBC. Drama ini juga tayang secara legal dengan subtitle Bahasa Indonesia di Netflix.

(rcp/rcp)