TikTok Viral Verificator

Viral Pelaut 5 Tahun Merantau Akhirnya Mudik, Beri Kejutan Bawa Calon Istri

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 12 Mei 2022 12:15 WIB
Kisah viral pria sudah lima tahun tidak pulang kampung, bisa diberikan kesematan membawa calon istri ke kampung halaman. Foto Bob ketika mudik dan bertemu sang ibu. Foto: Dok. TikTok @bob.bewok.
Kepulauan Riau -

Pria ini merasa terharu akhirnya setelah lima tahun merantau, bisa kembali mudik ke rumah kedua orangtuanya. Agar momen semakin spesial, ia memberikan orangtuanya kejutan dengan mudik tanpa memberi kabar terlebih dahulu dan membawa calon istri.

Kisah tersebut dibagikan oleh akun TikTok @bob.bewok. Dia sehari-harinya bekerja sebagai pelaut dan kerap berpindah-pindah tempat.

"Pulang Kampung setelah 5 tahun merantau menjadi pelaut @dedeklivia02 @rahmahlubiss #mudik #mudik2022 #ibu #pulangkampung #lebaran #batam #samarinda #anakrantau #pelautindonesia," tulis keterangan video akun TikTok @bob.bewok.

Bob sengaja tidak memberi tahu kedua orangtuanya kalau dia akan mudik tahun ini. Selain itu dia juga membawa calon istrinya mudik untuk bertemu dengan kedua orangtuanya.

"Hari spesial setelah lima tahun gak pulang kampung. Akhirnya bisa pulang tanpa memberi tahu mereka, sekalian ngenalin calon istri ke ibu. Risiko menjadi pelaut dan anak rantau (Pelabuhan Tanjung Uban Kepulauan Riau)," tulis Bob.

Kisah viral pria sudah lima tahun tidak pulang kampung, bisa diberikan kesematan membawa calon istri ke kampung halaman.Kisah viral pria sudah lima tahun tidak pulang kampung, bisa diberikan kesematan membawa calon istri ke kampung halaman. Foto: Dok. TikTok @bob.bewok.

Dalam video TikTok yang berdurasi 02.41 menit itu, ia memperlihatkan momen saat berada di kapal. Bob demikian nama pemilik akun TikTok @bob.bewok kemudian terlihat menuju Tanjung Pinang untuk menjemput calon istri. Ketika sudah sampai di Pelabuhan Tanjung Pinang, Batam, dia langsung berangkat kembali ke bandara untuk menuju Jakarta.

"Tiba di Jakarta untuk transit dan menunggu 10 jam hingga penerbangan selanjutnya menuju Kalimantan. Pukul 06.00 pagi kita terbang menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. Akhirnya kita tiba di Balikpapan dan langsung menuju Samarinda (kampung halaman)," ucapnya gembira.

Ia merekam seluruh perjalanan mulai dari suasana di dalam pesawat, ketika mulai lepas landas dan tiba di Balikpapan. Kemudian dia menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam menuju Samarinda.

Ketika sudah sampai di rumahnya, tangis Bob dan ibunya langsung pecah. "Yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi. Alhamdulillah bisa surprise-in ibu dan keluarga (sampai nangis). Akhirnya bisa dikasih kesempatan untuk pulang sambil ngenalin calon istri," kata Bob sambil memeluk erat ibunda yang sedang duduk di depan rumah.

Video mudik Bob dengan membawa calon istri ini sudah ditonton lebih dari 9,6 juta Views dan mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Ada yang ikut terharu dan sedih menyaksikan perjalanan mudik Bob.

"Keluarga ini aja yang dari dulu selalu buat kakak terharu dan selalu kakak jadikan pelajaran tentang arti sebuah keluarga, sehat-sehat ya kalian semua 😭😭😭," ucap haru pengguna TikTok @Heni.

"Jangan lupa melaksanakan shalat 5 waktu ya guysss dalam keadaan apapun itu. Dan selalu sehat-sehat. Dan hati-hati di jalan," pesan akun @indi_cks14.

"Gak kerasa air mata mengalir🥺," haru akun @Konimex<3.

"Sebagai budak asli Batam, bangga banget, ikut terharu juga, semoga sukses dan sehat sehat selalu yah bang🥺," timpal akun @Vin.

@bob.bewok Pulang Kampung setelah 5 tahun merantau menjadi pelaut @dedeklivia02 @rahmahlubiss #mudik #mudik2022 #ibu #pulangkampung #lebaran #batam #samarinda #anakrantau #pelautindonesia ♬ Bunda - Potret

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Bob, sebagai pemilik akun TikTok @bob.bewok. Pria 29 tahun yang bekerja sebagai pelaut itu mengaku mempersiapkan diri untuk mudik selama satu bulan ketika ia masih berada di Banda Aceh.

"Saya mulai merekam perjalanan saya dari Tanjung Uban (Kepri) Tanjung Pinang (Kepri), Batam (Kepri), Jakarta, Balikpapan (Kaltim) dan Samarinda (Kaltim). Reaksi Calon istri saya bener-bener bahagia walaupun awalnya bertanya-tanya mengenai mahalnya harga tiket pulang pergi Batam-Kalimantan. Tapi setelah saya yakinkan bahwa sanggup dan dia pun mulai mengerti," ungkap Bob kepada Wolipop lewat pesan singkat, Selasa (10/5/2022).

Bob sendiri kini tinggal dan merantau di Batam, Kepulauan Riau. Ia aktif bekerja sebagai kru kapal di salah satu perusahaan di Belawan, Sumatera Utara. Video TikToknya ia rekam pada 1-2 Mei 2022 bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Ia menceritakan reaksi sang ibu ketika melihat Bob tiba di kampung halamannya. "Reaksi orangtua awalnya marah dan ngambek campur bahagia karena saya tidak kabari beliau bahwa saya akan pulang, dan itu salah satu permintaan beliau jauh-jauh hari agar saya bisa pulang dan berkumpul," kata Bob terharu.

Bob menambahkan ia sudah merantau hampir delapan tahun dan pernah beberapa kali pulang kampung. Hingga seiring berjalan waktu tidak terasa sudah lima tahun dia tidak pulang ke kampung halaman.

"Video tersebut saya buat untuk memotivasi teman-teman yang saat ini masih berjuang di tanah rantau untuk keluarga mereka," pungkas Bob.

(gaf/eny)