5 Cara Mencuci Baju Tanpa Mesin Cuci Saat Pergi Mudik

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 04 Mei 2022 13:00 WIB
Mencuci baju tanpa mesin cuci Cara mencuci baju tanpa mesin cuci. Foto: Getty Images/CasarsaGuru

Jakarta -

Apakah kamu berencana pergi mudik tahun ini? Mungkin tips cara mencuci baju tanpa mesin cuci saat pergi mudik bisa memudahkanmu selama tinggal di kampung halaman.

Mungkin saat mudik, kamu tidak terbiasa menggunakan mesin cuci orang lain. Atau tinggal di rumah nenek yang tidak memiliki mesin cuci karena masih terbiasa menggunakan cara konvensional dengan tangan.

Belum lagi situasi pandemi COVID-19 yang walau sudah mereda namun masih ada kekhawatiran bila menyimpan baju kotor di laundry. Cara mencuci baju tanpa mesin cuci juga sebenarnya lebih dianjurkan karena membuat pakaian lebih awet.

"Mencuci baju dengan tangan adalah metode pembersihan terbaik. Cara mencuci baju tanpa mesin cuci membuat seseorang bisa mengendalikan kondisi yang sangat merusak, memecah serat, seperti panas, siklus mekanis, dan lainnya, ini bisa memperpanjang umur garmen," jelas Katie Brown, pemilik Rytina Fine Cleaners di Sacramento, California, kepada Bustle.

Bagi kamu yang masih bingung, ikuti cara mencuci baju tanpa mesin cuci yang tepat saat pergi mudik. Tentu cara mencuci baju tanpa mesin cuci ini bisa membantumu tidak mendapatkan masalah selama mudik.

Berikut cara mencuci baju tanpa mesin cuci:

1. Siapkan Wadah Mencuci Baju Tanpa Mesin Cuci

Cara mencuci baju tanpa mesin cuci harus menyiapkan wadah untuk meletakkan pakaian basah dan kering. Pertimbangkan cara mencuci baju tanpa mesin cuci menggunakan baskom, bak, atau ember. Kamu bahkan bisa mencuci baju tanpa mesin cuci di wastafel jika tinggal di hotel selama mudik.

2. Pilih Deterjen yang Tepat

Cara mencuci baju tanpa mesin cuci dengan memilih deterjen yang tepat, tidak merusak kulit dan sesuai material busananya. Mungkin kamu juga perlu sabun penghilang noda membandel.

"Jenis deterjen yang harus digunakan tergantung pada jenis pakaian yang dicuci. Misalnya cucian sehari-hari, seperti katun, linen, sintetis, dapat dicuci dengan deterjen biasa. Namun kalau wol dan kasmir butuh deterjen khusus," jelas Gwen Whiting, salah satu pendiri The Laundress.

(eny/eny)