Putri Tanjung - Guinandra Jatikusumo Menikah, Jokowi dan SBY Jadi Saksi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 20 Mar 2022 08:53 WIB
Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Presiden Jokowi menjadi saksi dalam pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo. Foto: Samuel Rustandi/Morden.co
Jakarta -

Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo menjalani akad nikah pada Minggu (20/3/2022). Presiden RI Jokowi dan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menjadi saksi akad nikah Putri dan Guinandra.

Jokowi menjadi saksi untuk pihak Putri Tanjung. Sedangkan SBY menjadi saksi untuk pihak Guinandra Jatikusumo pada akad nikah yang akan berlangsung di kediaman keluarga Chairul Tanjung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pernikahannya, Putri dan Guinandra Jatikusumo mengenakan baju pengantin adat Solo. Busana pengantin adat Solo yang dipakai Putri Tanjung merupakan karya desainer Ekhi Anam. Pria tersebut mengaku tidak mendapatkan permintaan khusus saat diminta merancang kebaya pengantin putri sulung Chairul Tanjung dan Anita Tanjung tersebut.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).Presiden Jokowi Menjadi Saksi Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo yang Digelar di Kediaman Keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Foto: Samuel Rustandi/Morden.co

"Untuk pernikahan Putri dan Andra tidak ada request tapi konsepnya simpel dan berkualitas. Sesuai dengan pengantin wanita dan pria. Hanya minta menikah pakai adat Solo," kata desainer yang sudah mengenal Putri Tanjung sejak kecil itu dalam wawancara via zoom dengan grup Transmedia.

Serangkaian acara adat dilakukan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo untuk pernikahan mereka. Pada Sabtu (19/3/2022), digelar acara siraman, pemasangan blaketepe dan midodareni.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).Susilo Bambang Yudhoyono menjadi saksi akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Foto: Samuel Rustandi/Morden.co

Acara siraman Putri Tanjung digelar Sabtu (19/3/2022) sore di kediaman keluarga Chairul Tanjung. Sebelumnya Putri dan Guinandra juga telah melakukan pengajian di kediaman masing-masing.

Pada momen siraman, sederet pihak yang melakukan siraman Putri Tanjung adalah ayah mempelai wanita, Chairul Tanjung, ibu mempelai wanita, Anita Ratnasari Tanjung, eyang mempelai wanita Arsini Soesanto, Mufidah Jusuf Kalla, Herawati Boediono, Endang Nugrahani, Mien R. Uno dan Nina Akbar Tanjung dan bude dari mempelai wanita, Ira Ratnawati.

Setelah siraman, Chairul Tanjung dan Anita Tanjung melakukan prosesi dodol dawet. Sedangkan sebelum acara siraman, kedua orangtua mempelai melakukan pemasangan bleketepe. Bleketepe adalah anyaman dari daun kelapa. Di masa lalu bleketepe difungsikan sebagai atap dari tempat terbuka di depan rumah yang dipersiapkan untuk menerima tamu dalam acara pernikahan.

Pada malam hari setelah siraman, Putri Tanjung melakukan prosesi midodareni. Dalam acara ini, pihak Putri Tanjung menerima seserahan dari Guinandra. Sedangkan pihak Guinandra mendapatkan angsul-angsul atau seserahan untuk mempelai pria.

Pada hari-H pernikahan, Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo melakukan upacara adat panggih setelah akad nikah. Rangkaian upacara adat panggih di antaranya adalah lempar sirih, menginjak telur, mencuci kaki mempelai pria, suap-suapan hingga bubak kawah.

Simak Video 'Putri Tanjung-Guinandra Bakal Ikuti Upacara Panggih Usai Akad Nikah':

[Gambas:Video 20detik]



(eny/eny)