ADVERTISEMENT

10 Kata Viral di 2021 yang Orang Sering Salah Pengucapan, Kamu Juga?

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 11 Des 2021 12:00 WIB
Ikut Tren Bikin Permen Dalgona Squid Game, 3 Bocah Terkena Luka Bakar Foto: Metro
Jakarta -

Perkembangan zaman juga mempengaruhi bahasa. Apalagi berkat media sosial, sejumlah kata baru jadi viral tapi tak semua orang tahu cara membacanya dengan benar. Selain karena tren di Instagram atau TikTok, beberapa kata populer di 2021 juga dipengaruhi drama Korea hingga kriptokurensi yang ramai jadi perbincangan. Dilansir U.S. Captioning Company dan the British Institute of Verbatim Reporters, berikut 10 di antaranya:

Dalgona
Dalgona adalah makanan ringan manis seperti permen khas Korea Selatan. Di awal pandemi, dalgona sudah 'go international' karena tren kopi dalgona dan semakin terkenal setelah menjadi bagian dari permainan di drakor Squid Game.

Cara bacanya adalah 'tal-goh-nah' dengan pelafalan huruf t di antara t dan d dan pelafalan huruf g di antara g dan k.

Eilish
Salah satu orang viral yang pelafalan namanya membuat bingung adalah Billie Eilish. Nama belakang penyanyi 19 tahun tersebut juga sering salah disebut. Pengucapannnya yang benar seperti eye-lish atau ai-lis dalam pelafalan Indonesia.

Billie Eilish attends The Metropolitan Museum of Art's Costume Institute benefit gala celebrating the opening of the Billie Eilish. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP) Foto: Invision/Evan Agostini

Omicron
Banyak orang juga belum tahu pelafalan varian terbaru dari COVID-19 yang baru diidentifikasi pada November lalu. Dalam bahasa Inggris, virus tersebut dibaca 'oh-mi-kraan' atau 'ah-me-kraan'. Pengucapannya memang bisa jadi berbeda di Amerika Serikat dan Inggris.

Cheugy
Cheugy adalah istilah yang viral dan sering digunakan para gen Z di media sosial. Artinya adalah sesuatu yang sudah ketinggalan zaman dan sering diasosiasikan dengan milenial. Cara membacanya adalah 'choo-gee' (chu-gi).

Chipotle
Makanan cepat saji asal AS ini juga semakin populer. Dilansir CBS News, banyak Baby Boomers atau orang-orang berusia matang yang salah membacanya. Pelafalannya hampir sama dengan tulisannya yakni 'chich-poht-lay' (ci-pot-ley).

Shein
Kamu yang suka belanja pasti pernah mendengar Shein. Shein adalah situs belanja asal China yang sering diperbincangkan di medsos karena tren 'Shein Haul'. Cara membacanya adalah 'shee-in' (shi-in).

Ethereum
Ethereum merupakan kriptorensi yang sempat meroket tahun ini. Kamu yang tidak terlalu tahu dunia finansial mungkin bingung membacanya. Platform rantai-blok tersebut bisa dibaca 'ih-thee-ree-um' (i-te-ri-um).

Elon Musk begitu vokal mendukung Dogecoin, cryptocurrency yang berawal dari meme anjing Shiba Inu. Tapi pernahkah terbersit di benakmu, mengapa Elon Musk sangat suka Dogecoin?Pria yang dijuluki Iron Man di dunia nyata ini menjelaskan alasannya begitu tergila-gila dengan Dogecoin lewat balasan sebuah tweet dari netizen dengan username @VitoTheGreat_.Elon Musk. Foto: Daily Express

Dogecoin
Seperti ethereum, kriptokurensi juga mempopulerkan kata ini. Dogecoin sendiri dipopulerkan oleh Elon Musk hingga nilainya meningkat drastis. Dogecoin bisa dibaca 'dohj-coin' (doj-koin).

Yassify
Yassify adalah tren populer di mana seseorang memakai beberapa filter sekaligus. Biasanya hal itu dilakukan untuk membuat efek komik. Tren itu dibaca 'yeah-sih-fai' (ye-si-fai).

Wellerman
Jika sering membuka TikTok mungkin pernah mendengar lagu Wellerman dari Sea Shanty yang jadi tren. Ternyata banyak orang salah membaca atau mengucapkan bahnya menyebutkan 'weatherman'. Pelafalanannya sebenarnya tak sulit karena mirip seperti tulisannya yakni 'well-er-man' (wel-ler-men).


Tonton juga video Viral pameran PopArt Jakarta berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(ami/ami)