5 Fakta Acara TV Mnet Korea Street Woman Fighter yang Viral Remix Suara Azan

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 08 Sep 2021 13:15 WIB
Street Woman Fighter Poster acara Street Woman Fighter. Foto: (dok. Mnet)
Jakarta -

Stasiun televisi Korea Selatan, Mnet menuai kecaman karena diduga menggunakan azan dalam intro acara survival Street Woman Fighter. Netizen mendesak Mnet untuk meminta maaf dengan menyerukan tagar #Mnetapologize di jagat Twitter.

Street Woman Fighter adalah acara survival Mnet yang menampilkan persaingan kru tari wanita yang mewakili Korea Selatan. Acara yang tengah menjadi kontroversi itu tayang perdana Selasa (24/8/2021).

Mnet telah melahirkan sejumlah acara survival seperti Produce 101, Kingdom, I-Land, dan Girls Planet 999. Sebelum kontroversi penggunaan azan, Street Woman Fighter menuai kontroversi karena menargetkan 'evil edit' pada Chaeyeon eks IZ*ONE.

Berikut 5 fakta acara survival Mnet Street Woman Fighter yang dituding menggunakan azan:

1. Peserta Acara Street Woman Fighter

Pada Kamis (20/5/2021), Mnet dilaporkan tengah mempersiapkan acara survival Street Woman Fighter, yang menampilkan persaingan kru tari wanita. Hal itu disampaikan Mnet kepada Newsen.

"Kami berencana untuk mempersiapkan acara survival Street Woman Fighter dengan kru tari wanita perwakilan Korea. Kami tengah menghubungi tim tari terbaik di Korea," ungkap pihak Mnet.

Terdapat delapan kru tari wanita yang bersaing menduduki peringkat pertama Street Woman Fighter yakni WANT, YGX, PROWDMON, WAYB, LACHICA, HolyBang, HOOK, dan CocaNButter.

Street Woman Fighter tayang setiap Selasa pukul 22.20 KST di Mnet. Para kru tari menampilkan berbagai genre street dance mulai dari hip hop, waacking, locking, krumping, dan breakdance.

2. Idol KPop Didapuk Sebagai Juri dan MC

Mnet menggandeng dua idol KPop sebagai juri dalam acara survival Street Woman Fighter, BoA dan Taeyong NCT. BoA yang mendapat julukan 'Queen of KPop' telah memulai debut di umur 13 tahun.

Street Woman FighterTaeyong NCT, BoA, Kang Daniel, dan Hwang Sang Hoon Foto: dok. Mnet

Solois berumur 34 tahun itu dikenal sebagai idol KPop generasi pertama jebolan SM Entertainment. Sementara, Taeyong NCT dikenal sebagai idol KPop multitalenta yang mahir menari, menyanyi, rap, dan menulis lagu.

Ada pula Kang Daniel yang didapuk sebagai MC Street Woman Fighter. Mantan personel Wanna One itu mempelajari breakdance semasa sekolah dan berhasil menempati posisi pertama saat mengikuti acara survival Mnet Produce 101.

3. Dua Peserta Street Woman Fighter Terkenal

Street Woman Fighter telah mencuri perhatian sebelum penayangan perdananya. Terdapat dua peserta yang membuat penonton menanti-nanti penayangannya yaitu Chaeyeon eks IZ*ONE dan no:ze, yang viral sebagai backup dancer Kai EXO.

no:ze, yang tergabung dalam kru Wayb, lahir dengan nama Jihye. Ia meraih popularitas saat menjadi backup dancer Kai EXO selama promosi lagu 'Mmmh'.

Pemilik akun Instagram @noze_wayb itu memiliki 1,1 juta followers. no:ze bahkan memiliki basis penggemar dan video fancam bak idol KPop.

Sementara Chaeyeon merupakan mantan personel IZ*ONE yang memulai debutnya sebagai main dancer. Ia sempat menjalani masa trainee di JYP Entertainment dan telah mengikuti tiga acara survival mulai dari KPop Star 3, SIXTEEN, dan Produce 48.

Ini adalah kali keempat Chaeyeon mengikuti acara survival. Para penggemar menunjukkan dukungan untuk kakak perempuan dari Chaeryeong ITZY itu.

4. Netizen Korea Kecam Street Woman Fighter

Saat menayangkan episode pertama Street Woman Fighter, Mnet langsung mendapat kecaman dari netizen Korea. Mereka menduga Mnet menargetkan 'evil edit' pada Chaeyeon eks IZ*ONE.

Chaeyeon, yang tergabung dalam kru tari WANT pun mendapat komentar pedas dari penari lain. Sejumlah peserta Street Woman Fighter menilai kemampuannya tak dapat disamakan dengan penari profesional.

Editan Mnet yang seakan memojokkan Chaeyeon membuat netizen Korea geram. Mereka khawatir cara Mnet menggambarkan Chaeyeon akan memberikan dampak buruk hingga mendapat hujatan.

5. Suara Azan dalam Intro Street Woman Fighter

Baru-baru ini, penonton menyadari intro acara survival Street Woman Fighter terdengar seperti azan. Menurut seorang netizen, panggilan azan terdengar samar pada menit 00:57 hingga 1:40.

Salah seorang pengguna TikTok @yourbestieotd pun membandingkan azan dan opening yang digunakan Mnet dalam acara survival Street Woman Fighter. Semakin banyak netizen yang menyadari kejanggalan tersebut.



Namun, seorang netizen menemukan lagu serupa yang diduga telah digunakan Mnet sebagai intro acara Street Woman Fighter. Lagu itu berjudul 'Azan' yang ditampilkan band Inggris, LOSERS.

Kolom komentar kanal YouTube LOSERS pun diserbu netizen yang meminta video lagu 'Azan' dihapus. Hingga saat ini, pihak Mnet belum memberikan klarifikasi perihal kontroversi Street Woman Fighter.



Simak Video "Permintaan Maaf Mnet soal Video Remix Suara Azan di TV Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)