13 Film Korea Terbaik 2020, Genre Thriller hingga Komedi yang Seru

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 15 Agu 2021 16:00 WIB
Film Korea terbaik 2020. Foto: Dok. IMDb, AsianWiki Film Korea terbaik 2020. Foto: Dok. IMDb, AsianWiki
Jakarta -

Deretan film Korea terbaik 2020 ini cocok ditonton untuk menemani harimu. Apa saja film Korea terbaik 2020?

Meskipun tayang perdana di tengah pandemi COVID-19, film Korea terbaik 2020 ini layak untuk ditonton. Film Korea terbaik 2020 ini hadir dalam berbagai genre termasuk aksi, romansa, komedi.

Tak hanya itu, para penggemar film Korea juga dimanjakan dengan penampilan bintang Korea seperti Park Shin Hye, Yoo Ah In, Hwang Jung Min, dan Lee Byung Hun. Film Korea terbaik 2020 ini ada yang ceritanya bikin tegang tentang zombie tertuang dalam judul #Alive , hingga drama keluarga yang bikin hati hangat seperti film Pawn.

Berikut daftar 13 film Korea terbaik 2020 yang layak untuk ditonton:

13. Hitman: Agent Jun

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Pemeran: Kwon Sang-woo, Jung Joon-ho, Hwang Woo-seul-hye
Genre: Aksi, Komedi

Sinopsis Hitman : Agent Jun menceritakan tentang seorang agen Badan Intelijen Nasional Korea terkenal bernama Jun. Ia memalsukan kematiannya untuk menjadi artis webtoon. Namun, serial webtoon hitnya yang dibuat dengan mabuk secara tidak sengaja mengungkapkan informasi rahasia, dan masa lalunya kembali menghantuinya.

Film Korea terbaik 2020 ini menyuguhkan premis cerita absurd dan menyenangkan dari Hitman: Agent Jun. Film ini juga berinovasi dengan memadukan animasi dan aksi langsung sehingga membuatnya menarik untuk disimak.

12. Honest Candidate

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Pemeran: Ra Mi-ran, Kim Mu-yeol, Na Moon-hee
Genre: Politik, Komedi

Bagaimana jika seorang politisi tidak bisa berbohong? Ini adalah premis dari Honest Candidate, sebuah komedi politik yang berfokus pada seorang anggota Majelis Nasional yang menderita, karena ketidakmampuan untuk berbohong saat dia harus mencalonkan diri untuk pemilihan kembali.

Film Korea terbaik 2020 ini menawarkan pandangan yang ke dalam politik elektoral Korea Selatan. Honest Candidate lebih condong ke daya tarik emosional daripada diskusi kebijakan, dan aktris utama Ra Mi-ran memberikan kinerja yang sangat baik.

11. The Woman Who Ran

Pemeran: Kim Min-hee, Seo Young-hwa, Song Seon-mi, Kim Sae-byuk
Genre: Drama.

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Hong Sang-soo, salah satu direktur rumah seni paling terkenal di Korea kembali dengan karyanya lewat film The Woman Who Ran. Salah satu film Korea terbaik 2020 ini diputar di berbagai festival internasional seperti Festival Film New York 2020.

Sementara film-film Hong biasanya menggambarkan hubungan (seringkali dalam bentuk perselingkuhan) antara pria dan wanita, The Woman Who Ran menawarkan fokus wanita yang unik. Film ini berisi tiga adegan di mana protagonis wanita mengunjungi tiga teman wanita lainnya, dan merefleksikan hidupnya dalam prosesnya.

10. Deliver Us From Evil

Pemeran: Hwang Jung-min, Lee Jung-jae, Park Jung-min
Genre: Aksi, Thriller.

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Dibintangi oleh tiga aktor, film Deliver Us From Evil menyediakan banyak sekali perkelahian dan baku tembak. Film Korea terbaik 2020 ini memainkan karakter salah satu pemain sebagai transgender yang memberikan penggambaran non negatif tentang kelompok minoritas.

9. Time to Hunt

Pemeran: Lee Je-hoon, Ahn Jae-hong, Choi Woo-shik, Park Jeong-min, Park Hae-soo
Genre: Thriller, Aksi.

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Time To Hunt adalah film Korea terbaik 2020 lainnya yang berhasil masuk ke sirkuit festival internasional, termasuk slot di Berlinale. Time to Hunt merupakan film thriller aksi yang terjadi di Korea distopia pasca-kapitalis yang suram. Film ini juga dibintangi oleh aktor terkenal, termasuk Choi Woo-shik dari Parasite.

Dalam Time to Hunt, sekelompok pemuda mencuri uang dari kasino bawah tanah. Pencurian berjalan dengan baik, tetapi menempatkan seorang pembunuh misterius di belakang mereka yang harus mereka hindari atau mati saat mencoba.

Selain aksi dan ketegangan, Time to Hunt memberikan pandangan lain tentang kecemasan ekonomi yang mendasari film Korea Selatan seperti Parasite. Film ini diambil dari trauma yang berkepanjangan dari Krisis Keuangan Asia 1997 (dikenal di Korea sebagai "Krisis IMF").

8. #Alive

Pemeran: Yoo Ah-in, Park Shin-hye
Genre: Zombie, Aksi.

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Dengan kesuksesan Train to Busan 2016, film zombie Korea menjadi topik hangat di seluruh dunia. Film zombie Korea lainnya yang menarik perhatian #Alive.

Dibintangi oleh aktor top Yoo Ah-in dan Park Shin-hye, #Alive menggambarkan kiamat zombie di Seoul dari sudut pandang dua milenium yang tinggal sendirian di apartemen bertingkat tinggi. Saat kota menjadi kacau di sekitar mereka, keduanya terikat melalui teknologi dan mulai berkolaborasi untuk bertahan hidup.

Film Korea terbaik 2020 ini menyajikan narasi yang tidak hanya penuh aksi tetapi juga bergema secara sosial politik. Di dunia yang terkunci akibat virus corona pada 2020, kisah tentang orang-orang yang menemukan cara baru untuk menjalani kehidupan yang tangguh menggunakan teknologi terasa sangat relevan.

7. Samjin Company English Class

Pemeran: Go Ah-sung, Esom, Park Hye-su

Genre: Komedi, Drama.

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Terlepas dari namanya, Samjin Company English Class sebenarnya bukan tentang belajar bahasa Inggris. Sebaliknya, ini adalah komedi sadar sosial tentang tiga karyawan wanita Perusahaan Samjin yang menemukan praktik bisnis yang tidak etis dan berusaha menemukan pelakunya. Sepanjang jalan, mereka bersaing dengan hierarki perusahaan dan diskriminasi gender yang terus-menerus.

Salah satu rekomendasi film Korea terbaik 2020 ini memperluas repertoar film feminis Korea dengan pengambilannya yang lebih ringan dan mudah didekati, tetapi tidak kalah menarik. Karakter film yang dapat diterima akan menarik penonton, dan narasi investigasinya akan membuat kamu betah duduk manis sampai akhir pertunjukan.

6. Collectors

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Pemeran: Lee Je-hoon, Jo Woo-jin, Shin Hye-sun
Genre: Komedi, Drama, Petualangan

Dalam film Korea terbaik 2020 ini, Collectors mengisahkan tentang pencuri barang antik bercita-cita untuk mengambil harta kerajaan kuno yang terkubur di sebuah makam di bawah Seoul. Film Collectors sangat penuh aksi dan alur serba cepat. Tak hanya itu, film ini juga menaburkan lelucon di banyak adegan untuk menjaga suasana tetap ringan.

5. Steel Rain 2 : Summit

Pemeran: Jung Woo-sung, Kwak Do-won, Yoo Yeon-seok
Genre: Perang, Politik, Aksi.

Film Korea 2020Film Korea terbaik 2020 Foto: Dok. IMDb, AsianWiki

Steel Rain 2 : Summit mendramatisasi politik antar Korea dengan cara blockbuster. Film ini mengambil inspirasi utama dari upaya perdamaian Presiden AS Donald Trump dengan Korea Utara. atas kapal selam nuklir Korea Utara.

Pecandu politik dan penggemar film perang akan menyukai Steel Rain 2. Film Korea terbaik 2020 ini menggambarkan perangkat keras militer yang tidak pernah ditampilkan film lain, dan menawarkan lensa yang menarik tentang bagaimana Korea Selatan terutama mereka yang berada di kiri politiknya memahami diplomasi antar Korea selama era Trump.

Apalagi film Korea terbaik 2020? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2