Curhat Andrea Meza yang Tak Punya Pekerjaan Sebelum Menang Miss Universe 2020

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 14 Jun 2021 13:36 WIB
Andrea Meza Miss Universe 2020 Foto: Dok. Instagram @ andreamezamx
Jakarta -

Baru-baru ini Andrea Meza buku suara mengenai keikutsertaan dan perjalanannya memenangkan Miss Universe 2020. Wanita asal Meksiko tersebut mengungkap keputusannya untuk ikut ajang kecantikan. Dikatakan jika wanita 26 tahun itu awalnya hanya ingin menunjukkan dirinya yang sebenarnya di media sosial. Andrea pun mengaku tidak punya pekerjaan dan keluarganya mengalami kesulitan ekonomi sebelum dimahkotai gelar 'Ratu Sejagad'.

Kepada Fox News, Miss Universe 2020 Andrea Meza mengaku senang bisa mendapatkan banyak dukungan dari negaranya ketika menjuarai kontes kecantikan itu. Momen kemenangannya dikatakan sebagai hal terbaik dalam hidupnya sejauh ini. Keikutsertaannya pun ternyata terinspirasi dari Miss Universe 2010 Ximena Navarrete ketika ia sadar bahwa wanita Meksiko bisa mencapai posisi yang tinggi. Meski begitu, ia tidak pernah menyangka menyangka akan benar-benar jadi ratu kecantikan dan tampil di depan kamera.

Ia pun menceritakan apa yang telah dan akan dilakukannya selama menjadi Miss Universe. "Aku ingin mengambil kesempatan dari setiap momen. Aku ingin melakukannya secara maksimal. Aku sudah bekerja dengan konsulat di New York dan kami mengobrol tentang pemberdayaan wanita dan kekerasan berbasis gender. Itu adalah salah satu fokus utamaku,"

"Aku ingin memberikan (kesempatan) wanita untuk bersuara. Aku ingin membuat dunia tahu kondisi komunitas Latin di AS, begitu juga secara umum. Aku ingin meningkatkan kewaspadaan akan kekerasan berbasis gender karena itu terjadi di seluruh dunia, bukan hanya di Meksiko atau komunitas Latin. Kita perlu menciptakan kewaspadaan untuk itu. Bagiku, ini baru permulaan," ungkap wanita yang pernah bekerja sebagai model dan pengembang software itu.

Kini punya banyak agenda penting, ternyata sebelumnya Andrea tidak bekerja. Ketika bicara mengenai pandemi, ia mengakui adanya kesulitan secara finansial tapi untungnya bisa mengikuti kompetisi dengan baik karena memanfaatkan banyak waktu kosongnya.

"Aku tidak ada pekerjaan. Keluargaku kesulitan dengan bisnis mereka. Semuanya berawal dari pikiranmu. Tapi entah bagaimana berpartisipasi (dalam Miss Universe) membuatku fokus dan membuatku mengerjakan sesuatu. Dengan semua waktu bebas? Aku memanfaatkannya," kata Andrea.

Kini selain punya pekerjaan yang berarti, Andrea juga harus jadi panutan yang baik untuk para wanita muda. Ia membagi pesannya kepada mereka. "Kadang kita takut karena takut gagal atau hanya merasa rapuh. Tapi aku ingin mengatakan pada mereka bahwa merasa rapuh itu tidak apa-apa karena kita manusia. Tidak apa-apa jika takut. Kita hanya pernah mencoba, sekali melangkah dari zona nyaman, kamu akan sadar kamu bisa melakukan hal-hal hebat," sarannya.

(ami/ami)