3 Fakta Comeback EXO dengan Lay, Tuai Kritikan Karena Editan Tak Natural

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 08 Jun 2021 14:30 WIB
LAY EXO di comeback DONT FIGHT THE FEELING Foto: Dok. SM Entertainment / Twitter @weareoneEXO
Jakarta -

EXO akhirnya comeback dengan album spesial Don't Fight The Feeling. Comeback grup jebolan SM Entertainment ini telah dinanti-nanti penggemar, sebab EXO terakhir kali merilis album dua tahun lalu.

Don't Fight The Feeling disebut sebagai album spesial karena rilisnya menandai anniversary EXO ke-9 tahun. EXO-L (sebutan penggemar EXO) semakin antusias karena Lay ikut comeback kali ini.

Kembalinya Lay EXO tengah menjadi sorotan. Namun, sejumlah netizen Korea memberi komentar miring dengan penampilannya di video klip 'Don't Fight The Feeling' yang dinilai 'maksa' dan tak natural.

Berikut fakta comeback EXO bersama Lay, yang tuai pro kontra:

1. Penampilan Lay EXO Bikin Penggemar Emosional

Terhitung sudah tiga tahun sejak Lay terakhir kali comeback bersama EXO. Sebab, pemilik nama asli Zhang Yixing itu aktif sebagai solois dan aktor di negara asalnya Cina sejak 2016.

Hingga akhirnya, Minggu (6/6/2021), SM Entertainment merilis foto teaser Lay EXO bersama Chanyeol dan Sehun. Kembalinya Lay dinilai bak kado dalam perayaan anniversary EXO.

Lay EXOFoto teaser Lay EXO Foto: dok. SM Entertainment

Penggemar semakin emosional saat melihat Lay EXO menari bersama Kai, Chanyeol, D.O., Xiumin, Sehun, dan Baekhyun dalam video klip Don't Fight The Feeling berkat bantuan CGI.

"Aku merinding setiap kali mendengar suara Yixing di album, seolah-olah aku tak mendengarkannya setiap hari," tulis akun ai_yixing.

"Aku suka ini, walaupun lewat green screen, sungguh senang melihat mereka bersama dalam satu frame," tambah akun brightpeach522.

2. Video Klip EXO Tuai Kritikan Netizen Korea

Ini adalah kali pertama Lay EXO ikut comeback setelah perilisan album Don't Mess Up My Tempo pada 2018. Ia bahkan tak dapat menyumbang suara selama era Love Shot.

Penggemar akhirnya melihat kehadiran Lay EXO berkat editan CGI. Namun, sejumlah netizen Korea menilai editan video klip Don't Fight The Feeling tak mulus dan natural.

Lay EXOLay bersama personel EXO lainnya, dalam video klip Don't Fight The Feeling Foto: dok. YouTube SMTOWN

Mereka berharap SM Entertainment selaku agensi dapat memberikan editan yang lebih baik untuk EXO. Hal itu diungkap oleh sejumlah netizen dalam forum komunitas Korea.

"Kenapa mereka mengedit videonya dengan sangat jelek?" "Apakah mereka sengaja membuat CG-nya terlihat jelas? Aku mengharapkan lebih dari ini," tanya sejumlah netizen.

"Grup top seperti EXO harusnya memiliki CG yang lebih baik dari ini," "Kalau mereka akan mengeditnya seperti itu, mereka tak seharusnya memakai CG," sambung netizen lain.


3. Alasan Lay EXO Tak Aktif di Korea Selatan

Alasan Lay EXO tak aktif di Korea Selatan menjadi pertanyaan bagi sejumlah pihak. Namun, pertanyaan itu pernah dijawab oleh produser EXO Paul Thompson alias Marz.

Dalam siaran langsung di akun Instagram (@mzmc), Marz menyebut alasan Lay EXO tak ikut comeback di era Love Shot. Hal itu disebabkan oleh masalah politik antara Cina dan Korea Selatan.

Lay EXOLay EXO dalam video klip Don't Fight The Feeling Foto: dok. YouTube SMTOWN

"Kamu tak ingin seorang artis berada di tengah politik. Mereka ada untuk penggemar... Lay harus merasa nyaman," ungkap produser EXO pada 2018 silam.

Sementara itu, comeback EXO memecah rekor dengan jumlah pre-order album melebihi 1,2 juta eksemplar. Video klip 'Don't Fight The Feeling' juga menempati urutan pertama di YouTube mancanegara.



Simak Video "Viral! Potret Fan K-Pop Gelar Pernikahan Serba EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)