Bikin Haru, Viral Aksi Pria Tua Diminta Ambil 1 Lembar Uang Sesuai Kebutuhan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 14 Mei 2021 19:14 WIB
Video TikTok viral, ambil satu lembar uang sesuai kebutuhan. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @diionn08.
Makassar -

Beredar viral konten TikTok tentang eksperimen sosial kejujuran. Dalam eksperimen itu pembuat video meminta orang yang ditemuinya untuk mengambil satu lembar uang sesuai kebutuhan. Penerima uang tersebut dipilih secara acak.

Ialah Andi Muhammad Alfandy yang membuat eksprimen sosial tersebut dan mengunggahnya ke akun TikTok pribadinya @diionn08. Dalam videonya yang kini viral itu, dia memberikan beberapa pilihan uang lembaran mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 100 ribu.

"Apa hikmahnya? Berbagi di sinjai kota ib: @pst0re. Ambil satu lembar, sesuai kebutuhan," tulis akun TikTok (11/5/2021).

@diionn08

Apa hikmahnya? Berbagi di sinjai kota ib: @pst0re ##fyp ##fypシ ##sinjai ##sulsel ##berbagi ##beranda ##viral

♬ It Will Rain Cover - Francis Greg

Dalam video TikTok tersebut Dion menawarkan uang tersebut kepada pejalan kaki, tukang becak, ojek pangkalan dan juga pemulung. Mereka pun mengambil satu lembar uang dengan berbagai alasan yang jujur.

"Rp 100 ribu buat beli beras," ucap tukang becak yang usianya tak lagi muda.

"Rp 50 ribu buat beli makanan," kata ojek pangkalan.

"Dikasihkah ini? Rp 100 ribu. Terimakasih ya nak," ucap salah satu ibu pejalan kaki.

"Rp 20 ribu untuk beli gas nak," tutur seorang ibu yang sedang membawa gas.

"Rp 10 ribu beli pulsa untuk telepon mama," saut polos bocah memakai hijab hitam.

"Rp 5 ribu untuk beli minum," tatap pria paruh baya.

Video TikTok viral, ambil satu lembar uang sesuai kebutuhan.Video TikTok viral, ambil satu lembar uang sesuai kebutuhan. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @diionn08.

Hingga Rabu (12/5/2021) video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 33 juta Views, mendapat 3,3 juta Likes dan 64 ribu komentar. Warganet ada yang ikut terharu, sedih dan juga salut kepada kejujuran penerima uang tersebut.

"Buat beli minum".. nyes banget ke hati yaa Allah," ucap akun @A Fahmi.

"Nangis gua pas yg trakhir pilih uangnya dikit buat beli minum... Kenapa gak di kasih banyak aja bang gak tega gua," nyesek akun @Bang_abick.

"Semoga semua dalam lindungan Tuhan,"doa akun @dr. Yessica Tania.

"Yang terakhir hanya ngambil Rp 5 ribu cuma buat beli minuman padahal sebenarnya bisa aja dia mengambil yang seratus ribu tapi secara keseluruhan," haru akun @EL.

"Sumpah gua nangis ngeliat kake yang terakhir," tutur akun @Produk tangsel🥔.

"Mengambil Rp 10 ribu buat telepon mamah, menyentuh banget 🥺 ," timpal akun @EkoNiGenk.

Video TikTok viral, ambil satu lembar uang sesuai kebutuhan.Video TikTok viral, ambil satu lembar uang sesuai kebutuhan. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @diionn08.

Wolipop sudah mewawancarai Andi Muhammad Alfandy yang mengunggah konten tersebut di akun pribadinya. Ia merasa senang ketika video eksperimen sosialnya viral di TikTok.

"Senang banget lah pastinya, karena Alhamdulillah lewat video saya bisa membuat orang lain termotivasi untuk melakukan kebaikan," kata pria yang akrab disapa Dion, Rabu (12/5/2021).

Pria yang tinggal di Makassar itu mengatakan jika ia membuat video tersebut pada Senin (10/5/2021). Ia pun menuturkan alasannya membuat konten tersebut.

"Agar orang semua orang tersadar betapa pentingnya rasa syukur, tidak memaksakan sesuatu hal dan pentingnya silaturahmi kepada keluarga terutama orang tua," terangnya.

Ia juga merasa senang karena menerima komentar positif dan dukungan dari warganet yang melihat kontennya. Namun ada juga yang menuduh jika video tersebut settingan.

"Alhamdulillah seneng banget, banyak yang respect, walaupun tetap ada yang nyinyir bahkan nuduh settingan, kadang sedih juga orang fitnah seperti itu. Jadi murni anti settingan. Kalau pun ada yang judge settingan biar dia saja yang tanggung," imbuhnya.

Pria yang membuat konten sosial eksperimen di TikTok.Pria yang membuat konten sosial eksperimen di TikTok. Foto: Dok.pribadi Dion.

Ide untuk membuat konten tersebut, Dion mengaku jika terinspirasi dari konten Pstore. "Tapi saya buat versi lebih baik dan jelasnya. Dan alhamdulillah banyak banget yang respect."

Pria yang berusia 22 tahun ini juga secara spontan memberikan uang tersebut di jalan. "Lebih tepatnya aku nggak milih sih, cuman jalan aja di jalan terus lihat-lihat orang, dimana hatinya Dion mau singgah dan kasih ya di situ aku berhenti," jelasnya dengan ramah.

Bagi yang mengambil uang di bawah Rp 50 ribu, Dion mengungkapkan jika ia memberikan uang Rp 200 ribu tanpa direkam kamera.

Dion yang saat ini kuliah di Universitas Sawerigading, Makassar, Sulawesi Selatan. Fakultas Hukum angkatan 2018 itu juga bekerja sampingan sebagai pengemudi taksi online.

"Hari-hari sebagai driver taxi online by Gojek. Tapi versi mobil. Jadi kalau nggak ada mata kuliah jalan mencari penumpang," ungkapnya.

Dion mengaku eksperimen sosial yang dilakukannya itu juga membuatnya intropeksi diri. "Mau nangis, merasa tertampar, malu sama diri sendiri yang kadang kurang bersyukur dan lainnya," pungkasnya.

(gaf/eny)