Viral Anak-anak Tak Tahu Singkatan SD Bikin Miris, Ini Cerita di Baliknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 11:00 WIB
Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @iben_ma.
Jakarta -

Belum lama ini viral di TikTok video empat orang bocah yang tak tahu kepanjangan dari Sekolah Dasar (SD). Video itu membuat warganet ngakak sekaligus kesal.

Video viral itu berawal dari eksperimen sosial yang dilakukan oleh Benjamin Jusuf E. M. A. lewat akun TikToknya @iben_ma. Ia membuat eksperimen sosial dengan bertanya pada beberapa gen Z yang ditemuinya soal singkatan dari Sekolah Dasar (SD).

Dari video yang diunggahnya itu terlihat Ben melemparkan pertanyaan tentang singkatan dari SD dan meminta anak-anak berusia sekolah dasar yang ditemuinya untuk menjawab. Secara mengejutkan, anak-anak tersebut malah tidak tahu yang ditanyakan.

"Lu sekarang kelas berapa?"
"Kelas 1," jawab bocah tersebut.
"SD?"
"Iyah."
"SD kepanjangannya apa?"
"SD Jami, Jami bang."

Ben pun penasaran mengulang pertanyaan yang sama ke anak lainnya. Kembali bocah tersebut malah menyebutkan nama sekolahnya.

"Lu sekarang kelas berapa?" Tanya Ben. "Kelas tiga 3A eh 3B," jawab bocah kaus oranye. "SD singkatan dari apa?" tanyanya. "SD Situ 08," jawab bocah tersebut.

Video selanjutnya memperlihatkan Ben kembali meminta bocah berbeda untuk menyebutkan singkatan dari SD. "Lu sekarang kelas berapa?" tanyanya. "Satu," jawab bocah kus biru."SD itu kepanjangannya apa sih?" tanya Ben."Sekolah Dihapus," jawab bocah itu.

Bocah terakhir, Ben juga memberikan pertanyaan yang sama. "Lu kelas berapa?" tanya Ben. "Kelas 1A Madrasah," jawab bocah kaus biru gradasi hitam. "SD kepanjangannya apa sih?" tanya Ben. "Sekolah," jawabnya. "D-nya apa?" tanya Ben. "Duduk," jawab bocah itu dengan polosnya.

Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD.Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @iben_ma.

Ketika dihubungi oleh Wolipop, Benjamin Jusuf E. M. A. atau biasa disapa Ben mengungkapkan cerita di balik video eksperimen sosial viral tersebut. Kata Ben, selama ini video-video yang diunggahnya ke TikTok memang sebagian besar adalah jenis eksperimen tersebut.

"Kalau dari aku ya senang aja banyak orang yang nge-appreciate kontennya. Walau pun ada yang responnya ada yang negatif dan positif. Cuma aku ya oke-okein aja dan senang aja," kata Ben kepada Wolipop, Senin (26/4/2021).

Ia lalu mengatakan alasannya melempar pertanyaan sederhana kepada anak gen Z tersebut. "Sebenarnya konten aku itu kan emang interview orang gitu. Dan aku sudah pernah nanya juga anak-anak SMP, tentang kepanjangan SMP. Kali ini bertanya kepada anak SD," jelasnya.

Di akhir wawancara, Ben mengaku jika lokasi video tersebut diambil sekitar rumahnya yang berada di Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dan Ben suka bermain basket bersama anak-anak yang ada di videonya tersebut.

Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD.Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @iben_ma.
(gaf/eny)