Finalis Kontes Kecantikan Meninggal Mendadak di Usia 20, Lawan Penyakit Langka

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 18 Apr 2021 08:00 WIB
Saarah Ahmed Saarah Ahmed. Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Finalis kontes kecantikan Miss Universe Great Britain 2021 Saarah Ahmed meninggal mendadak di usia yang masih sangat muda, yakni 20 tahun. Sarah meninggal setelah melawan penyakit langka.

Saarah menderita sindrom Danlos Ehler (EDS). Penyakit tersebut menyerang jaringan ikat yang mempengaruhi kulit, tendon, ligamen, pembuluh darah, organ dalam dan tulang.

Wanita asal Cumbria, Inggris itu meninggal tiba-tiba pada Selasa (13/4/2021), setelah dia live di media sosialnya berbicara tentang penyakitnya.

Saarah AhmedSaarah Ahmed Foto: dok. Instagram

Menurut ibu Saarah, Shefaly Begum, putrinya ingin mengedukasi masyarakat tentang penyakit EDS. Wanita muda yang saat ini tengah berkuliah di bidang sosiologi dan psikologi itu itu pun menjadikan dirinya finalis kontes kecantikan untuk menyebarluaskan tentang bahaya tersembunyi dari sindrom EDS.

"Dia adalah wanita yang cantik, perhatian dan bijaksana. Dia orang yang bijaksana. Dia ingin belajar belajar neurologi. Dia ingin membantu orang lain. "Dia adalah satu-satunya putri kami," ujar Shefaly, seperti dikutip dari The Sun.

Tahun lalu, Saarah melakukan penjurian Miss Universe Great Britain. Dalam video pendaftarannya, Saarah berbicara tentang penyakit langka yang dideritanya.

"Jika saya menjadi Miss Universe Great Britain, saya akan membawa kesadaran pada disabilitas tersembunyi, menggunakan diri saya sebagai contoh. Saya akan menunjukkan perjuangan sehari-hari yang dihadapi. Saya ingin meningkatkan kesadaran khususnya tentang sindrom Danlos Ehler," ucap Saarah.

"Hanya ada 15 orang yang hidup dengan kondisi saya di Inggris. Kondisi saya mempengaruhi setiap bagian tubuh saya," tambah Saarah.



Simak Video "Ini Dia Model Busana Muslim Paling Diburu di Thamrin City"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)