Mengenal Mrs World, Kontes Kecantikan Khusus Wanita Bersuami

Eny Kartikawati - wolipop Sabtu, 17 Apr 2021 15:00 WIB
Pemenang Mrs World 2020 Caroline Jurie Mrs World 2020 Caroline Jurie. Foto: Dok. Facebook Mrs World
Jakarta -

Gelar Mrs World jadi sorotan gara-gara pemenangnya Caroline Jurie merebut mahkota kemenangan Pushpika De Silva di ajang Mrs Sri Lanka. Apa itu kontes kecantikan Mrs World?

Pada halaman Facebook Mrs World, kontes kecantikan yang akan memilih pemenang untuk 2021 itu disebutkan bahwa Mrs World sudah berdiri sejak 1984. Mrs World adalah kontes kecantikan khusus untuk wanita menikah atau bersuami. Peserta yang mengikuti kontes kecantikan ini harus berstatus menikah saat mendaftarkan dirinya.

Sementara itu dalam situs resminya mrsworld.com, Mrs World disebutkan terinspirasi dari kontes kecantikan khusus wanita menikah pertama di dunia yaitu Mrs America. Pada 2021 ini, Mrs America sudah memasuki tahun penyelenggaran ke-45. "Mrs America adalah kontes kecantikan pertama yang merayakan keunikan wanita menikah bersama keluarganya dan komunitasnya," demikian pernyataan dari penyelenggara Mrs America.

Mrs World sendiri digelar pertamakali pada 1984 di Queensland, Australia. Pemenang Mrs World 1984 atau Mrs World pertama adalah Mrs Sri Lanka Rosy Senanayake.

Mrs WorldPara pemenang Mrs World Foto: Dok. Mrsworld.com

Pada awalnya Mrs World tidak digelar setiap tahun. Baru setelah 1999, ajang Mrs World diadakan rutin setiap tahun dengan malam finalnya digelar di berbagai negara di dunia, seperti Korea Selatan, China, Vietnam, Rusia, dan India.

Malam final Mrs World terakhir yaitu Mrs World 2020 diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Saat itu yang menjadi pemenangnya adalah Mrs World Sri Lanka 2019 Caroline Jurie. Sosok Caroline Jurie inilah yang kemudian membuat ajang Mrs World menjadi sorotan.

Kontroversi Mrs World Caroline Jurie

Konflik antara Mrs. World 2020 Caroline Jurie dengan Mrs. Sri LankaPushpika De Silva bermula dari malam final Mrs. Sri Lanka. Pada Minggu (4/4/2021), juri menetapkan Pushpika De Silva sebagai juara Mrs Sri Lanka, dalam acara yang disiarkan di stasiun TV nasional. Namun sesaat setelah penobatan, pemenang tahun lalu yang kini menyandang gelar Mrs. World Caroline Jurie, tiba-tiba menginterupsi jalannya selebrasi kemenangan Pushpika De Silva. Dia menyatakan kalau Pushpika tak pantas menang karena telah menyalahi aturan kontes. Caroline lalu melepaskan secara paksa mahkota di kepala Pushpika.

"Ada aturan yang mengharuskan kontestan sudah menikah dan tidak bercerai, jadi saya maju untuk menyematkan mahkota ke pemenang kedua," kata Caroline.

Setelah insiden di atas panggung itu, pihak Mrs. World dan Mrs. Sri Lanka meminta maaf. Direktur Nasional Mrs Sri Lanka World Chandimal Jayasinghe menyatakan bahwa mahkota kemenangan dikembalikan kepada Pushpika De Silva pada Selasa (6/4/2021).

Chandimal juga menyatakan bahwa Caroline Jurie bertindak atas inisiatif sendiri. Bukan atas permintaan panitia maupun organisasi. Mahkota pun dikembalikan lagi kepada Pushpika.

Pemenang Mrs World 2020 Caroline JuriePemenang Mrs World 2020 Caroline Jurie Foto: Dok. Facebook Mrs World

"Kami kecewa. Sangat memalukan bagaimana Caroline Jurie bertingkah di atas panggung dan organisasi Mrs. World sudah mulai menginvestigasi masalah ini," kata Chandimal seperti dikutip dari BBC.

Insiden perebutan mahkota yang membuat Pushpika De Silva cedera kepala itu berujung laporan kepolisian. Caroline Jurie ditahan kepolisian Sri Lanka setelah mencopot mahkota Pushpika. Model Chula Padmendra turut ditahan.

"Polisi menahan Caroline Jurie dan model Chula Padmendra terkait insiden Minggu malam atas kasus kriminal dan kekerasan ringan," kata jubir polisi Ajith Rohana kepada BBC.

Penahanan pada Caroline Jurie dan Chula Padmendra ini tidak berlangsung lama. Caroline dan Chula dibebaskan kepolisian Colombo, Sri Lanka, dengan jaminan pada Kamis (8/4/2021). Deputi Jendral Inspektur Ajith Rohana mengatakan bahwa wanita 28 tahun tersebut akan menjalani sidang pada 19 April 2021.

Setelah bebas dari penjara, Caroline Jurie memutuskan melepas mahkotanya sendiri sebagai Mrs. World 2020. Pada Jumat (9/4/2021), dia mengumumkan keputusannya itu lewat unggahan video di akun Instagram-nya. Meskipun tak lagi memegang mahkota, wanita 28 tahun ini bersikukuh kalau apa yang dilakukannya pada malam final, Minggu (3/4/2021), adalah hal yang benar.

"Setiap kontes kecantikan punya aturan dan regulasi sendiri. Hal yang saya tekankan dari awal adalah kompetisi yang adil. Aturan dan regulasi berlaku sama untuk semua peserta. Aturan tidak dibuat untuk dilanggar sehingga kita bisa melakukan segala cara demi menang," ujar Caroline Jurie yang mengenakan gaun berwarna pink dengan selempang dan mahkota Mrs. World.

Tidak lama setelah insiden perebutan mahkota itu terjadi, sebuah fakta baru terungkap mengenai kehidupan pernikahan Mrs. Sri Lanka 2020 Pushpika De Silva. Pria yang mengaku sebagai suaminya W Thilanka Dilshan Dabarera mengungkapkan bahwa pernikahannya dengan Pushpika sudah berakhir alias mereka telah bercerai.

Thilanka memberikan pernyataannya melalui selembar surat yang ditandatanginya. Dia mengaku menulis surat tersebut untuk menjawab pertanyaan orang-orang yang menghubunginya dan menanyakan status pernikahannya dengan Pushpika. Dia mengklaim bukan ingin membela Mrs World Caroline Jurie.

"Aku ingin memberikan fakta bahwa kami sudah tidak lagi tinggal serumah selama empat tahun dan saat ini sedang dalam proses perceraian yang akan segera difinalisasikan di pengadilan D Mount-Lavinia. Perceraian ini membutuhkan waktu berbulan-bulan karena dia (Pushpika) tidak muncul empat bulan sebelum sidang," tulis Thilanka seperti dikutip dari media lokal Sri Lanka, Lankamag.



Simak Video " Mrs Sri Lanka 2020 Maafkan Sikap Caroline Jurie, tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)