Sinopsis Silence, Film yang Bikin Andrew Garfield Alami Pergulatan Iman

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 03 Apr 2021 17:20 WIB
Film Silence Sinopsis film 'Silence' (Foto: Dok. SharpSword Film via IMDb)
Jakarta -

Film 'Silence' akan menemani pemirsa Bioskop Trans TV hari ini, Sabtu (3/4/2021). Film bergenre drama ini menjadi sajian spesial karena perdana tayang di layar kaca Indonesia.

'Silence' hadir pada pukul 21.30 WIB. Adalah Martin Scorsese, sutradara legendaris yang menggarap film keluaran 2016 ini.

Adapun Andrew Garfield tampil sebagai bintang utama. Film ini juga didukung dengan penampilan Adam Driver dan Liam Neeson.

Film yang menyoroti perjalanan para misionaris di daerah primitif ini rupanya meninggalkan kesan mendalam bagi Andrew Garfield. "Aku selalu mengalami pergulatan iman. Bertemu orang-orang yang telah yakin membuatku gentar," katanya kepada The Guardian.


Sinopsis 'Silence'

Dilansir dari detikHOT, 'Silence' menceritakan perjalanan dua pendeta muda, yakni Bapa Rodrigues (Andrew Garfield) dan Bapa Garupe (Adam Driver). Keduanya berlayar ke Jepang demi menemukan sosok guru mereka, yakni Bapa Ferreira (Liam Neeson) yang dikabarkan telah meninggalkan keimanan Katholik-nya saat menyebarkan agama di sana.

Perjalanan itu sudah dibayangkan bakal tak mudah untuk dilakukan oleh Rodrigues dan Garupe. Sepucuk surat terakhir dari Ferreira menceritakan bagaimana pemerintah Jepang begitu keji melakukan penghabisan bagi mereka yang menganut agama Katholik. Ferreira tak sanggup melihat kaum jelata penganut agamanya yang taat satu demi satu disiksa dengan berbagai cara.

SilenceAndrew Garfield di film 'Silence' (Foto: Dok. SharpSword Film via IMDb)

Misi mencari sang mentor pun dimulai. Ibarat setangkai rumput pun dapat berbicara, Rodrigues dan Garupe diam-diam menjejakkan kaki mereka ke Jepang. Sebuah desa di perkampungan Tomogi menjadi titik pertama kedatangan mereka di negeri Matahari Terbit tersebut.

Mereka tak menyangka, diam-diam penduduk setempat mengimani Yesus dan Bunda Suci Maria. Sebuah hal tabu mengingat saat itu, di era abad ke-17 saat dinasti Edo berkuasa, Jepang menetapkan aturan ajaran agama Buddha yang ketat. Tak ada ampunan bagi mereka yang melanggar.

Rodrigues dan Garupe menyaksikan dengan mata kepala sendiri dari kejauhan, bagaimana para Samurai melakukan penyiksaan pada mereka yang abai pada aturan. Laki-laki, perempuan, tua maupun muda diarak, digantung, diikat dan ditenggelamkan di tengah lautan hingga dipenggal dengan sebilah pedang.

Sisi gelap sejarah memang selalu menguras darah dan air mata. Hal yang sama juga akhirnya menimpa Garupe. Rodrigues yang tinggal seorang diri untuk menemukan sang mentor menerima hantaman keimanan yang bertubi-tubi. Kala ia tertangkap dan dipenjarakan, ia berulang kali meratap, "Mengapa mereka tak habis-habisnya Engkau uji?"

Setelah 'The Wolf of Wall Street', 'Silence' menjadi karya terbaru dari sutradara Martin ScorseseFilm 'Silence' (Foto: Dok. SharpSword Film via IMDb)

'Silence' merupakan proyek film yang telah dinantikan sejak lama oleh Martin Scorsese. Butuh waktu hingga 24 tahun untuk merampungkan konsep film yang ceritanya diadaptasi dari novel berjudul sama (terbit pada 1966) karya penulis Jepang Shusaku Endo.

Film tersebut membuahkan sebuah nominasi Oscar untuk kategori Best Achievement in Cinematography di ajang Academy Awards 2017. Dari segi rating, film produksi SharpSword Film ini mendapat skor 7.2 bintang dari IMDb.

Saksikan 'Silence' di Bioskop Trans TV hari ini pada pukul 21.30 WIB.

Setelah 'The Wolf of Wall Street', 'Silence' menjadi karya terbaru dari sutradara Martin ScorseseSutradara Martin Scorsese mengarahkan Andrew Garfield di film 'Silence' (Foto: Dok. SharpSword Film via IMDb)
(dtg/dtg)