Cerita Lengkap Tracy Trinita Ungkap Modus Penipuan Bule, Beraksi Bak Detektif

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 11 Mar 2021 13:04 WIB
Tracy Trinita Tracy Trinita (Foto: Instagram/@tracytrinita)
Jakarta -

Penipuan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan dari orang yang tak pernah kita duga sekalipun. Modusnya pun tak disangka. Pengalaman dari Tracy Trinita yang sempat viral ini semoga bisa menjadi pelajaran agar kita tetap waspada.

Tracy Trinita, mantan model yang kini melakoni panggilannya sebagai penginjil, hampir termakan tipu muslihat penipu yang berkedok warga asing yang tersasar dan kehilangan uang. Ia menceritakan kejadian 'unik' tersebut kepada 106 ribu pengikutnya di Instagram baru-baru ini.


Diketahui, Tracy Trinita tak sengaja bertemu keluarga 'bule' ketika sedang memperbaiki komputernya di kawasan Central Park, Jakarta Barat, Senin (8/3/2021).

"Dari tatapan wajah mereka terlihat murung dan anak mereka yang sepertinya berusia 10 tahun dan tujuh tahun sepertinya sedih," tulis perempuan berdarah Tionghoa-Brasil ini.

Wolipop sudah mengonfirmasi pada Tracy Trinita mengenai unggahannya di Instagram Stories ini dan dia mengizinkan untuk dipublikasikan.

Si bapak yang usianya berkisar 40 - 50 tahunan lalu menegur Tracy dan bertanya dalam bahasa Inggris seberapa jauh jarak jalan kaki dari tempat mereka berada sekarang ke kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Setelah ditanya lebih lanjut alasan berjalan kaki, si istri mengaku hotel mereka berada di Pondok Indah tapi tak punya ongkos ke sana karena tasnya baru saja dicuri saat ke Pantai Indah Kapuk.

"Saya kaget mendengar, pantesan si istri ga bawa tas, dijambret katanya," ungkap Tracy. Ia pun menawarkan bantuan dengan memesankan taksi online. Awalnya pria tersebut menolak karena mengaku tak mampu membayar, tapi Tracy bersikeras karena biaya taksi tersebut ditanggungnya.

Beberapa saat kemudian, si bapak tiba-tiba menanyakan sesuatu yang terdengar ganjil di telinga Tracy. Ia bertanya soal jarak jalan kaki dari hotel mereka menuju bandara.

Tracy Trinita Hampir Kena Tipu (Foto: Instagram/@tracytrinita)

"Saya mulai bingung. Saya tanya mau terbang ke mana dan Anda dari mana asalnya? Istri cerita kalau mereka orang Slovenia dan akan pulang ke Slovenia via KL (Kuala Lumpur, Malaysia - red)," terang Tracy Trinita.

Ia merasa iba melihat wajah sedih kedua anak tersebut. Mungkin karena kelaparan, pikirnya, sehingga Tracy Trinita bergegas menuju sebuah gerai pizza untuk membelikan mereka makanan sembari menunggu taksi online datang.


Sebelum mereka diangkut ke hotel, Tracy Trinita sempat bertanya-tanya soal asal-usul hingga bagaimana mereka bisa tiba di sini.

Singkat cerita, si istri mengaku tiba di Jakarta tiga hari lalu dalam rangka transit setelah menghadiri pemakaman teman di Australia.

"Saya tanya lagi kok ga karantina enam hari sesuai prosedur? Dia jawab, 'Kami sudah vaksin di Australia'," tulis Tracy. Perempuan tersebut mengaku tak ada kenalan di Australia yang bisa membantu karena temannya sudah meninggal dan keluarganya pun tak kenal mereka.

Sebelum itu, sang suami mengaku uang yang tersisa hanya Rp 6.000 untuk makan dan ongkos di Airport.

"Dan saya menyadari ini cerita janggal bangetttt. Akhirnya amplop yang hampir saya kasih, saya kembalikan ke tas karena saya merasa cerita ini ada bumbu tipu-tipu," ungkap Tracy.

Istri bule sempat kebingungan dan bertanya-tanya, bagaimana mereka bisa ke bandara dan makan nanti dengan uang yang sangat minim. Belum Tracy menjawab, taksi online mereka sudah tiba dan langsung menuju hotel.

"Sampai di rumah, jiwa detektif saya bergejolak. Saya lihat jalur jalan mereka... trus saya ada ide..." katanya.

Ia pun menelepon pihak hotel tempat mereka menginap. Akan tetapi, pihak hotel mengatakan tidak ada satupun orang asing yang menginap di sana. Pihak hotel juga mengaku sering menerima telepon dari orang yang mencari keluarga dengan ciri-ciri mirip orang yang sedang bersama Tracy ini.

Cerita Tracy lantas viral di media sosial dan mendapat respons dari netizen. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata bukan hanya dia yang menjadi korban. Ia juga mengunggah berita detiknews tentang pengakuan mahasiswa Brebes yang pernah ditipu keluarga tersebut.

Ada beberapa keanehan yang Tracy rasakan dari cerita keluarga Slovenia tersebut. Hal yang paling sangat disayangkan Tracy adalah betapa tega pria dan wanita tersebut memanfaatkan anak-anak di bawah umur untuk melancarkan aksi jahat mereka. Berikut pemaparan Tracy:

Tracy TrinitaTracy Trinita Foto: Instagram/@tracytrinita

Usut punya usut, pria tersebut merupakan pelaku kriminal internasional berdasarkan informasi dari temannya.

Meski kebaikannya dimanfaatkan secara tak baik oleh orang lain, Tracy mengaku tak kapok untuk membantu sesama. Ia pun berharap, orang lain tetap semangat memberi.

"Selalu sisihkan uang untuk menolong sesama yang dituntun oleh Tuhan. Memberi ke mana, kepada siapa dan berapa. Ini semua perlu hikmat dan kebijaksanaan dalam memberi," katanya.

Tracty Trinita juga mengajak warganet untuk mendoakan keluarga tersebut agar mereka berubah menjadi pribadi yang jujur dan mengakui kesalahan, serta bertobat dan mau hidup baru.



Simak Video "Mat Peci Si Penawar Es Tebu Harga Rp 500 Ribu yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)