Daftar Persiapan Pernikahan

Hati-Hati Pilih Wedding Organizer Agar Tak Tertipu, Ini Tipsnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 01 Des 2019 16:40 WIB
Ilustrasi pengantin menangis. Foto: Thinkstock Ilustrasi pengantin menangis. Foto: Thinkstock

Jakarta - Memakai jasa wedding organizer (WO) untuk menggelar pernikahan kini semakin banyak dilakukan calon pengantin. Jasa wedding organizer menjadi pilihan karena memudahkan calon pengantin mempersiapkan pernikahan yang pada beberapa orang bisa membuat stres.

Setiap tahunnya permintaan akan jasa wedding organizer ini pun semakin tinggi. ""Setiap tahun malah semakin meningkat animo untuk menikah. Dan karena ini pasarnya besar otomatis vendornya juga meningkat," jelas Artha Mohammad Soeharto, Chief Marketing Officer dari wedding organizer Aku Wedding saat ditemui Wolipop.

Sayangnya tingginya permintaan jasa wedding organizer ini dimanfaatkan tidak baik oleh segelintir orang. Mereka dengan sengaja membuat wedding organizer untuk menipu dan mengeruk keuntungan semata. Sudah banyak kasus calon pengantin ditipu oleh wedding orgainzer. Seperti kasus yang viral beberapa waktu lalu di mana sepasang pengantin terpaksa menggelar pernikahan seadanya karena ditipu wedding organizer yang pada hari H tak menunjukkan batang hidungnya.

Hati-Hati Pilih Wedding Organizer Agar Tak Tertipu, Ini TipsnyaArtha Mohammad Soeharto, Chief Marketing Officer Aku Wedding. Foto: Gresnia Arela/wolipop


Bagaimana agar kasus penipuan wedding organizer ini tak dialami kamu atau calon pengantin lainnya? Berikut ini tips memilih wedding organizer profesional untuk mengadakan resepsi pernikahan:

1. Cek Rekomendasi Personal Terlebih Dahulu

Cara mudah yang bisa kamu lakukan dalam mencari wedding organizer yang profesional adalah dengan meminta rekomendasi teman atau saudara yang sudah menikah dan menggunakan jasa wedding organizer. Setelah itu cari tahu lagi rekam jejak wedding organizer tersebut.

"Biasanya buka dari website dan Instagram seberapa aktif kegiatan WO itu. Dan langsung hubungi kontak person untuk bertanya, menggali sebanyak-banyaknya informasi," kata Fitri Permana selaku pemilik wedding organizer Dua Organizer saat ditemui Wolipop di Kawasan Depok, Jawa Barat (28/11/2019).

2. Cek Reputasi Vendor

Wedding organizer profesional pastinya memiliki reputasi yang baik. Cara mengetahui reputasi sebuah WO bisa dengan browsing mengenai WO tersebut. Telusuri media sosialnya. Cari informasi mengenai WO itu di forum-forum online dan cek testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasanya.

Pastikan juga kamu mengetahui lokasi kantor WO tersebut. Dan agat lebih meyakinkan mintalah meeting di kantor WO agar kamu meyakini benar bahwa WO pilihanmu memang berkantor di alamat yang sudah kamu ketahui.


3. Lakukan Diskusi Terkait Pernikahan Sebelum Memilih WO

Sebelum memantapkan pilihan WO berkomunikasilah dengan bagian marketing dari WO tersebut. Cobalakukan sesi tanya jawab atau diskusi sehingga bisa memilih WO yang sesuai dengan keinginan. WO yang komunikatif tentu saja sangat menentukan keprofesionalitasannya.

4. Kemampuan Mengolah Konsep

Sangat penting bagi WO untuk mengolah sebuah konsep pernikahan agar kamu bisa membayangkan bagaimana indahnya hari besar kamu tersebut. Berikanlah konsep dasar yang kamu inginkan dan biarkan mereka mengembangkannya. Kamu bisa menilai kemampuan WO tersebut saat dia memberikan gambaran seperti apa konsep kamu nanti ketika direalisasikan.

5. Fleksibel dengan Budget

Hal ini berkaitan erat dengan kreativitas sebuah WO dalam meramu sebuah konsep. WO yang baik akan mampu memaksimalkan bujet kliennya untuk menghasilkan event pernikahan yang berkesan. Maka selama budget kamu masuk akal, jangan ragu untuk mengajukannya pada pihak WO, dan minta mereka mengajukan proposal berdasarkan budget tersebut.
Hati-Hati Pilih Wedding Organizer Agar Tak Tertipu, Ini TipsnyaWedding organizer dari Dua Organizer. Foto: Gresnia Arela/wolipop


6. Kru Yang Komunikatif

Jangan lupa untuk memperhatikan yang satu ini karena pada dasaranya jalinan kerjasama dengan siapapun melibatkan komunikasi antar manusia. Cobalah untuk mengenal kru WO pernikahan kamu dengan meminta waktu bertemu. Dari situ kamu bisa tahu apakah layanan dan gaya komunikasi mereka cukup profesional.

7. Double Check

Artha yang pernah wedding organizernya pernah menangani pernikahan Ayudia Bing Slamet menyarankan pada calon pengantin untuk selaku double chroscheck WO dan vendor pilihan mereka. Hal itu karena ada vendor abal-abal yang mengambil foto dari pekerjaan orang lain (mencuri foto). Ada juga vendor yang nakal yang dengan mudahnya berganti nama.

"Waktu itu kita pernah denger di grup Hastana, vendor dekor di hari H menghilang. Dan juga malam hari sebelum hari H kalau mereka gulung tikar, dan tidak bisa lanjut lagi. Mau nggak mau kan hukum kita kalau sudah gulung tikar itu kita udah nggak bisa ngapa-ngapain cuma nanti vendor itu muncul lagi dengan nama yang lain," jelasnya.

8. Jangan Tergiur Harga Murah

Artha menambahkan pihak wedding organizer berusaha mengedukasi para calon pengantin untuk tidak hanya melihat dari harganya saja, Kamu pun harus melihat track record vendor atau WO pilihan.

"Karena banyak calon pengantin melihat harga murah langsung pada DP. Karena memang itu kan cara marketingnya mereka. Kita arahin dulu jangan asal pilih dan jangan buru-buru. Karena memang kita selalu menyampaikan kalau misalkan vendor itu sudah sama-sama yakin dan tidak dikejar-kejar. Kalau memang dia butuh, karena vendor butuh klien," tutup Artha.

Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/hst)