Most Pop Sepekan: Gaji Suami Habis untuk Cicilan Mobil, Istri Dijatah Sejuta

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 28 Feb 2021 16:41 WIB
Depressed man image. Foto: Getty Images/iStockphoto/chachamal
Jakarta -

Sepekan ini pembaca menyoroti sebuah postingan viral di TikTok mengenai curhat suami yang gajinya habis untuk cicilan mobil. Seperti apa kisahnya?

Kebutuhan rumah tangga memang tak hanya makan dan minum saja. Untuk bisa hidup nyaman, rumah dan kendaraan juga dibutuhkan meski harus didapatkan dengan jalan cicilan. Banyak pasangan suami istri yang harus menyisihkan sebagian besar penghasilan mereka untuk membayarnya. Seperti seorang pria yang viral karena curhatannya mengenai cicilan mobil hingga hanya menyisakan Rp 1 juta untuk istri.

Seorang pria dengan akun TikTok @aby_jay beberapa waktu lalu mengunggah curhatannya mengenai keuangan. Dalam video yang diberi judul 'Intinya bersyukur aja. Alhamdulillah' tersebut ia mendaftarkan gaji hingga biaya-biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan. Terungkap jika pria tersebut tidak punya banyak sisa gaji karena besarnya biaya cicilan mobil.

Dalam video yang sudah dikonfirmasi Wolipop, @aby_jay pun mengeluhkan bahwa selama ini ia 'kerja banting tulang tapi gini-gini aja'. Kemudian ia menceritakan jika sebulan gaji yang didapatkan adalah Rp 6,5 juta. Lalu penghasilan itu dipotong untuk cicilan mobil sebanyak Rp 3,1 juta. Sedangkan istrinya diberi jatah Rp 1 juta.

Disebutkan pula jika pria tersebut memberikan orangtuanya Rp 800 ribu. Adapun untuk cicilan rumah harus dibayarkan Rp 900 ribu. Sementara untuk diri sendiri Rp 300 ribu. Di akhir video, ia menyebutkan jika hal itu terpaksa dilakukan karena 'kalau nggak nyicil gue nggak punya apa-apa'.

Video ini cukup mendapat perhatian dari netizen hingga sudah dilihat lebih dari 555 ribu kali dan disukai lebih dari 21 ribu kali dengan 5 ribuan komentar saat berita pertama kali dibuat. Banyak yang ikut prihatin tapi tak sedikit pula yang menyayangkan jika gajinya harus habis untuk cicilan mobil. Apalagi sang istri hanya diberi Rp 1 juta.

"Jual mobilnya ganti motor, lebihin duit buat istri, berkah dan rezekimu pasti lebih lancar. Yakin deh, Insya Allah nggak lama bisa beli cash,"

"Sejuta buat istri, mana cukup zaman sekarang. Ujung-ujungnya istri cari sendiri buat nutupin kebutuhan lainnya,"

"Harusnya mindset-nya diganti, 'kalau nggak nabung nggak punya apa-apa' jangan 'kalau nggak nyicil nggak bakal punya," tulis para netizen.

@aby_jay

Intinya bersyukur aja. Alhamdulillah. 😇

♬ original sound - scalavacoustic

(ami/ami)