Miss Universe Singapura Dipenjara, Belanja Online Pakai Debit Temannya

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 18 Feb 2021 12:00 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping. Ilustrasi belanja online / Foto: iStock
Jakarta -

Kontestan Miss Universe Singapura terpaksa harus mendekam di penjara selama enam minggu setelah mengaku bersalah. Dirinya terbukti secara diam-diam menggunakan kartu debit milik temannya untuk berbelanja online dan telah menghabiskan total sekitar Rp 28 juta.

Seperti dikutip dari The Straits Times, kontestan Miss Universe Singapura tahun 2017 yang bernama Ashley Rita Wong Kai Lin itu telah mengaku bersalah atas 4 dakwaan mengakses materi di komputer tanpa otoritas pada Desember tahun lalu. Pada tahun 2016, Ashley juga pernah melakukan pelanggaran setelah putus dari pacarnya.

Salah satu korban Ashley adalah temannya sendiri yang bernama Andrew Lim. Ketika tengah pergi bersama dan melihat dompet pria 28 tahun itu tertinggal di meja, Ashley segera mengeluarkan kartu debit sang pria dan mengingat detailnya, lalu mengembalikannya ke dalam dompet.

Pada bulan September 2016 Ashley lalu menggunakan detail informasi kartu debit yang diingatnya itu untuk berbelanja online dengan total lebih dari Rp 9,8 juta. Menyadari ada sejumlah transaksi yang tak dikenal, sang pemilik kartu, Lim, kemudian segera menanyakan hal tersebut kepada Ashley. Ashley pun akhirnya mengakui perbuatannya tersebut.

Ternyata tak hanya Lim, pihak pengadilan juga mendengar bahwa Ashley sebelumnya telah menghafal detail kartu debit dari teman lainnya, Kimberly Qwee. Pada 18 Juli 2016 Ashley menggunakan keterangan di kartu debit wanita 26 tahun itu untuk membayar akomodasi di Hotel Clover sebanyak Rp 3,7 juta.

Qwee baru menyadari bahwa ada yang salah dengan kartu debitnya itu setelah dirinya tak bisa melakukan pembayaran online lantaran uang di rekening banknya tidak mencukupi. Padahal seharusnya Qwee masih bisa menggunakan kartu debitnya karena sang ayah baru saja mentransfer uang. Qwee lalu akhirnya memeriksa rekening banknya dan menemukan tagihan Hotel Clover.

Awalnya Qwee mencurigai mantan pacarnya dan menceritakan hal itu kepada Ashley. Namun kemudian dia mengetahui bahwa ternyata temannya sendirilah yang melakukan hal tersebut. Setelahnya Ashley lalu bertanggung jawab dengan mengembalikan uang yang telah dipakainya. Pihak bank juga berhasil memperoleh pengembalian uang dari Hotel Clover melalui penagihan kembali. Sejak saat itu Ashley harus membayar restitusi penuh ke pihak hotel.

(vio/vio)