Ultah di Hari Valentine, Ini Kisah Jaehyun NCT Gonta Ganti Nama Sejak Lahir

R Chairini Putong - wolipop Minggu, 14 Feb 2021 19:44 WIB
Jaehyun NCT Jaehyun NCT ulang tahun yang ke-25 di Hari Valentine. Foto: Instagram @nct127
Jakarta -

Setiap tahun di Hari Valentine, menandai hari spesial Jaehyun NCT dan penggemar. Bertepatan hari ini tanggal 14 Februari, visual dan vokalis utama NCT berulang tahun dan genap berusia 25 tahun. Sebelum debut dan terkenal, ternyata Jaehyun NCT beberapa kali ganti nama sejak lahir.

Hari ini, para NCTzen (sebutan penggemar NCT) berbondong-bondong mengucapkan selamat ulang tahun dan hari kasih sayang pada Jaehyun NCT. Tagar #HAPPYJAEHYUNDAY dan #25ValentinesWithJaehyun diserukan untuknya hingga menjadi trending topic Twitter di mancanegara.

Hingga pukul 09.30 WIB, tagar #재현아_생일축하해_근데사랑해 (Jaehyun_Happy Birthday_Btw_I Love You) menjadi trending topic di Indonesia dan digunakan dalam 1.22 juta tweets. Hal ini dilakukan para NCTzen di hari bahagia Jaehyun NCT yang lahir di Gangnam, Seoul pada 14 Februari 1997.

Kisah Pergantian Nama Jaehyun NCT

Saat Jaehyun NCT lahir, orang tuanya sempat berselisih untuk memberikan nama pada bayinya. Ibu Jaehyun NCT menyukai nama Sunwoo, sementara ayah Jaehyun NCT ingin memberikan nama Lin. Pada akhirnya, orang tua Jaehyun NCT berkompromi dan memberikan nama yang berbeda dari usulannya.

Jaehyun NCT diberi nama Jung Jaehyun oleh kedua orang tuanya saat lahir. Namun, kemudian Jaehyun NCT mengubah namanya secara resmi saat SMA karena neneknya.

Jaehyun NCTJaehyun NCT Foto: Fansite Prismatic

Selain nama Hangul, orang Korea juga memiliki nama Hanja, yakni karakter Cina-Korea yang sesuai dengan suku kata nama Korea. Namun, Jaehyun NCT tak memiliki nama Hanja, karena tidak ada karakter Hanja untuk nama "Hyun".

Alhasil, keluarga Jaehyun NCT memutuskan untuk mengubah namanya secara resmi menjadi Jung Yoon Oh. Seperti yang diketahui para NCTzen, Jaehyun NCT memiliki nama asli Jung Yoon Oh. Namun, tak banyak yang tahu ia debut dengan nama lahirnya.

Karakter Hanja yang dipilih orangtua Jaehyun NCT untuk nama "Yoon" berarti "kabisat" atau "ekstra". Sementara, nama "Oh" dapat berarti "lima" atau "militer". Lantas, mengapa Jung Yoon Oh akhirnya menggunakan nama Jaehyun saat debut bersama NCT?

Dilansir dari Koreaboo, alasan yang memungkinkan Jaehyun NCT tak menggunakan nama Yoon Oh, karena kemiripan namanya dengan seorang member grup TVXQ. Dalam grup TVXQ, sang leader dan penari utama bernama asli Yunho dan debut dengan nama U-KNOW.

Jaehyun NCTJaehyun NCT Foto: Twitter NCT

Meskipun Yunho dan Yoon Oh adalah nama yang berbeda, kedua nama ini terdengar mirip di telinga orang Korea. Agensi SM Entertainment kemungkinan meminta Jaehyun NCT memilih nama panggungnya saat ini, untuk menghindari kebingungan.

Selain itu, Jaehyun NCT juga memiliki "english name" yang digunakannya saat tinggal di Connecticut, Amerika Serikat selama lima tahun. Ia akrab dengan nama Jay, sebab gurunya tak dapat melafalkan nama Jaehyun.

Debut Akting Jaehyun NCT

Pada Jumat (26/2/2021) mendatang, para NCTzen akan melihat debut akting Jaehyun NCT lewat drama Korea Dear M. Drakor Dear M mengisahkan pencarian sosok "M" yang menulis postingan anonim di situs komunitas Universitas Seoyeon dan menggegerkan seisi kampus.

Drama Korea romantis bertema kuliahan ini juga akan menceritakan kisah cinta antar pemainnya. Jaehyun NCT akan berperan sebagai Cha Min Ho, mahasiswa Departemen Ilmu Komputer yang berbakat dan diam-diam menaruh perasaan pada sahabatnya Ma Joo A (pemain Park Hye Soo).



Simak Video "Tiga Kisah Sejarah Perayaan Hari Valentine"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/eny)