Viral Grup Arisan Ibu-ibu Sosialita Bandung, Ini Kisah Lengkapnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 29 Jan 2021 06:00 WIB
Hj. Nengkurnia atau akrab disapa Hj. Cucuy viral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister Hood Viral grup arisan sosialita di Bandung. Foto: Dok. pribadi Hj. Cucuy.
Bandung -

Grup arisan ibu-ibu sosialita memakai baju motif macan ini viral di TikTok. Emak-emak tersebut berkumpul sambil asyik berjoget ala TikTokers.

Dalam video viral yang diunggah oleh akun TikTok Hj. Cucuy itu tampak ada 14 orang yang memakai busana bermotif serba macan. Mereka terlihat tidak menjaga jarak ataupun memakai masker saat asyik berjoget di sebuah taman.

"Si macan keluar lagi dari kandangnya cuuuy..... beraksi lagi di arisan Sosialita Sister Hood #GoyangAslichitan," tulis akun TikTok @hj.cucuy.

Video grup arisan emak-emak sosialita yang asyik berjoget ini ditonton hingga jutaan kali oleh pengguna TikTok. Ribuan komentar yang menyerbu sebagian nyinyir ada juga yang memuji aksi kompak mereka.

Geng arisan Sister Hood viral di TikTokGeng arisan Sister Hood viral di TikTok. Foto: Instagram @ikafitrianasari.

Wolipop menghubungi pengunggah video yaitu, Hj. Nengkurnia atau akrab disapa Hj. Cucuy. Dengan ramah dia menceritakan tentang grul arisan emak-emak yang sedang viral ini. Dia mengatakan grup arisan yang diikutinya ada berbagai kelompok, tergantung jumlah uang saat kocok arisan.

"Arisan sejak 2017 diadainnya, jumlah kubu arisannya juga banyak. Dari satu kubu itu ada jumlahnya 25 orang, ada 30 orang dan 15 orang. Tergantung nominal arisannya per bulan. Kebetulan yang viral di TikTok itu kan Sister Hood baru tiga bulan. Setiap bandar arisannya beda-beda, ini grupnya Beloved mom, Diva, BFF, Fashion mom, Sister Hood dan Beauty. Beloved mom sudah dari emlat tahun," kata Hj. Cucuy lewat telepon, Kamis (28/1/2021).

Hj. Cucuy dan keluarganya tinggal di Purwakarta, Jawa Barat. Ia datang ke Bandung, jika ada kegiatan atau ingin liburan bersama keluarga. Wanita yang berusia 48 tahun itu menceritakan alasan terbentuknya arisan.

"Jadi untuk perkumpulan ibu-ibu, bukan yang gak ada kerjaan gitu sih. Ini perkumpulan buat sharing-sharing perusahaan atau pekerjaan masing-masing," ucapnya.

Hj. Nengkurnia atau akrab disapa Hj. Cucuy viral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister HoodViral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister Hood. Foto: Dok. pribadi Hj. Cucuy.

Hj. Cucuy juga menanggapi komentar kurang menyenangkan yang dia peroleh dari TikTok. Dia tak menampik ada yang julid mengatakan nominal arisannya hanya Rp 100.000. Nyatanya setoran arisan emak-emak sosialita ini bukan kaleng-kaleng seperti anggapan warganet.

"Aku sendiri total per bulannya ada Rp 80 jutaan dari satu kubu. Ada satu kubu Rp 5 juta dan Rp 10 juta. Jadi nominalnya satu kubu nominalnya nggak kecil. Nggam seperti yang dibilangin nyinyir netizen. Apalagi kan ke mana-mana berangkat arisan juga ditemenin suami," tegasnya dengan logat Sunda.

Pengusaha pabrik pengolahan teh hijau ini menyebutkan jika ia bukan ketua dari Sister Hood. Ketua geng arisan Sister Hood adalah Ika Fitriana Sari dan Eci Loves.

Dresscode Arisan Sosialita

Hj. Nengkurnia atau akrab disapa Hj. Cucuy viral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister HoodViral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister Hood. Foto: Dok. pribadi Hj. Cucuy.

Saat mengikuti arisan emak-emak sosialita ini, kata Hj. Cucuy selalu ads dress code yang harus diikuti. Di akun Instagramnya @hj_nengkurnia, terlihat beragam dresscode yang sudah disepakati. Ada yang beragam warna dan tema tertentu.

"Ya banyak macam-macam, yang penting kita bermain diwarna aja. Kita semua suka fashion, jadi berembuk bulan ini merah atau bulan depannya apalagi diomongin sepakat," tambahnya.

Arisan emak-emak sosialita yang diikutinya ini juga pernah digelar dengan dresscode termahal. Mereka semua mengenakan busana rancangan desainer.

"Dresscode termahal ada tema Bollywood India, rancangan Indra Indri By Albis, dari perancang Hj. Nursanti. Bianya per orang kisaran Rp 2-3 juta. Ada juga Sun House dresscodenya Rp 5-6 juta per orang," lanjutnya lagi.

Kerap memakai busana mahal dan branded, diakui Hj. Cucuy anggota arisan sosialita ini bukan hanya sekadar emak-emak biasa. Para nggota arisan berasal dari berbagai kalangan profesi.

"Kalau aku sendiri bidang usahanua punya pabrik pengolahan teh hijau dan jualan baju. Ada yang punya butik, konveksi dan juga properti," imbuhnya.

Hj. Nengkurnia atau akrab disapa Hj. Cucuy viral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister HoodHj. Nengkurnia atau akrab disapa Hj. Cucuy viral di TikTok dengan geng arisan sosialita Sister Hood Foto: Dok. pribadi Hj. Cucuy.

Menanggapi kritikan arisan di tengah pandemi, Hj. Cucuy mengungkapkan jika para anggota arisan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Masuk ke cafe atau hotel, kita disiplin lagi pandemi gini. Cuma pas kita lagi bikin video TikTok, masa pake masker namanya juga kepengen kelihatan wajahnya. Protokol kesehatan alhamdulillah pada tertib ketika lagi ngumpul, itu kan wajib. Pas foto-foto aja kita baru lepas," ujarnya.

(gaf/gaf)