10 Idol KPop yang Jalani Trainee Terlama, G-Dragon Hingga Jennie Blackpink

Chairini Putong - wolipop Rabu, 13 Jan 2021 18:05 WIB
Jennie Blackpink, salah satu idol Kpop dengan masa trainee terlama. Foto: Instagram jennierubyjane Jennie Blackpink, salah satu idol Kpop dengan masa trainee terlama. Foto: Instagram jennierubyjane
Jakarta -

Menjadi Idol KPop adalah impian bagi banyak orang. Namun sebelum debut, para Idol KPop menempuh masa yang tak mudah. Siapa saja idol Kpop dengan masa trainee terlama?

Idol KPop harus menjalani masa trainee atau pelatihan di bawah agensi. Dalam masa trainee, Idol KPop akan dilatih berbagai hal hingga siap didebutkan. Mulai dari menyanyi, menari, sampai belajar bahasa asing.

Bahkan sebagai trainee, mereka masih harus bersaing dengan trainee lainnya. Di balik gemerlap panggung KPop, para trainee harus konsisten dan bekerja keras untuk mengejar mimpi. Setelah menjalani masa intens, deretan Idol KPop ini akhirnya debut setelah bertahun-tahun jadi trainee.

Berikut 10 Idol KPop dengan masa trainee terlama yang pantang menyerah hingga debut:

1. RM BTS (Menjalani Masa Trainee 3 tahun)

Kim Nam Joon, yang punya nama panggung RM, menempuh masa trainee terlama hingga jadi member BTS. Ia bergabung dengan Big Hit Entertainment di usia 16 tahun.

RM BTSRM BTS, idol Kpop dengan masa trainee terlama. Foto: dok. BTS official facebook

Selama trainee, RM telah menunjukkan keseriusannya dalam industri musik. Ia tampil dalam lima lagu pre-debut BTS pada tahun 2010 dan 2011.

Kerja kerasnya terbayarkan dalam 3 tahun. RM debut pada tahun 2013 sebagai rapper utama dan leader BTS.

2. Yoona Girls' Generation (Menjalani Masa Trainee 5 tahun)

Im Yoon Ah, yang lebih akrab dengan nama Yoona SNSD, jadi salah satu Idol KPop dengan masa trainee terlama. Ia mulai bergabung dengan SM Entertainment setelah lulus audisi pada tahun 2002.

YoonaYoona Girls Generation, idol Kpop dengan masa trainee terlama. Foto: dok. SM Entertainment

Yoona ingin menjadi seorang penyanyi karena terinspirasi oleh grup S.E.S. Selama masa trainee 5 tahun, ia sempat jadi model MV grup TVXQ yang berjudul "Magic Castle".

Pada tahun 2007, Yoona debut sebagai vokalis, dancer, dan center Girls' Generation. Saat ini, ia juga dikenal sebagai aktris dan membintangi sejumlah drama Korea. Seperti Love Rain, Prime Minister and I, dan The K2.

3. Suho EXO (Menjalani Masa Trainee 6 tahun)

Suho masih 16 tahun saat ditemukan manajer casting SM Entertainment. Pria bernama lengkap Kim Jun Myeon ini ikut casting sebelum jadi trainee agensinya.

SuhoSuho Foto: dok. SM Entertainment

Idol KPop ini punya masa trainee terlama diantara member EXO lainnya. Selama trainee, Suho sempat menjadi cameo dalam film Super Junior berjudul Attack on the Pin-up Boys.

Suho akhirnya debut setelah masa trainee 6 tahun. Ia diumumkan sebagai member ke-10 EXO pada tahun 2012. Leader dan vokalis grup EXO ini tengah jalani wajib militer sebagai petugas layanan publik.

4. Seulgi Red Velvet (Menjalani Masa Trainee 7 tahun)

Tak salah bila Kang Seulgi dikenal sebagai salah satu dancer terbaik dalam industri KPop. Seulgi telah menempuh masa trainee selama 7 tahun sejak SMP. Ia bergabung dengan SM Entertainment di tahun 2007 seperti Kai EXO dan Krystal f(x).

SeulgiSeulgi Foto: dok. SM Entertainment

Pada tahun 2013, Seulgi mulai dikenal publik setelah dikenalkan SM Entertainment sebagai SM Rookies. Saat itu, ada pula Jeno dan Taeyong yang sudah debut dalam grup NCT.

Dalam grup Red Velvet, idol KPop ini punya masa trainee terlama. Seulgi akhirnya debut bersama Irene, Joy, dan Wendy pada tahun 2014 lewat lagu "Happiness".

5. Nancy MOMOLAND (Menjalani Masa Trainee 6 tahun)

Nancy juga harus menempuh masa trainee yang lama hingga 6 tahun. Blasteran Korea-Amerika ini mengawali kariernya sebagai trainee agensi Nega Network.

NancyNancy Foto: dok. Dispatch

Nancy sempat muncul dalam program TV Mak Irae Show: Just Do It Expedition bersama aktris Kim Yoo Jung. Pada tahun 2016, Idol KPop ini jadi kontestan Finding Momoland yang tayang di Mnet.

Nancy mendapat peringkat dua dan debut dibawah naungan MLD Entertainment. Ia menjadi vokalis, center, visual grup MOMOLAND.

6. S.Coups SEVENTEEN (Menjalani Masa Trainee 6 tahun)

Idol KPop bernama asli Choi Seungcheol ini punya masa trainee terlama dibandingkan member SEVENTEEN lainnya. Ia ditemukan oleh Pledis Entertainment saat kelas 3 SMP. Saat itu, S.Coups tengah dalam perjalanan pulang setelah bermain sepak bola.

S.CoupsS.Coups Foto: dok. Dispatch

S.Coups ikut audisi dan jadi trainee Pledis Entertainment pada tahun 2010. Sebelum debut, ia sempat muncul dalam MV grup NU'EST dan Orange Caramel.

Dalam masa trainee 6 tahun, S.Coups juga pernah merilis mixtape. Ia akhirnya debut pada tahun 2015 sebagai leader SEVENTEEN sekaligus leader dari unit Hip-hop.

Siapa lagi idol Kpop yang menjalani masa trainee terlama? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2