8 Skandal KPop Paling Heboh di 2020, Kasus Pelecehan Seks Hingga Bullying

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 28 Des 2020 13:04 WIB
Mina eks AOA menyebut dirinya di-bully Jimin Foto: Dok. Instagram/jiminbaby_18
Jakarta -

Banyak artis KPop tersandung masalah selama 2020. Karena skandal yang menimpa mereka, ada yang sampai mundur dari dunia hiburan. Mulai dari Chen yang menikah dan punya anak hingga tuduhan pelecehan seks kepada Woojin Stray Kids, berikut beberapa skandal artis KPop yang bikin heboh fans sepanjang tahun.

Chen Menikah dan Punya Anak

Chen EXOChen EXO Foto: (dok. SM Entertainment)

Menikah dan punya anak memang bukan sebuah skandal tapi beda cerita jika orang tersebut adalah idol KPop terkenal. Chen EXO awal tahun ini mendapat kecaman dari sebagian fans setelah terungkap segera memiliki anak. Dalam suratnya, vokalis grup di bawah SM Entertainment mengaku akan segera menikah yang menyulut kemarahan fans bahkan memintanya keluar dari EXO. Kini Chen yang telah memiliki seorang anak perempuan sedang menjalani wajib militer.

Skandal Bullying AOA

skandal artis kpop 2020skandal artis kpop 2020 Foto: Internet

Skandal lain yang jadi perbincangan fans KPop di 2020 adalah kasus bullying dalam grup AOA. Adanya perlakuan tidak menyenangkan dalam girl group itu terungkap setelah seorang mantan member, Kwon Mina, mengaku pernah di-bully Jimin selama 10 tahun belakangan hingga Mina melakukan percobaan bunuh diri. Tak lama setelahnya Jimin juga memutuskan untuk keluar AOA dan berhenti dari dunia hiburan.

Kasus Bullying Irene Red Velvet

Irene 'Red Velvet'Irene 'Red Velvet' Foto: Instagram @renebaebae

Irene Red Velvet dituduh bersikap kasar oleh seorang stylist yang mengaku tersakiti hingga menangis karena perlakuannya. Tak lama kemudian Irene pun mengakui dirinya bersalah dan meminta maaf. Hal itu berawal dari postingan si stylist yang mengritik perilaku seorang idol yang pernah membuatnya tidak nyaman ketika bekerja bersama. Karena masalah itu Irene membatalkan penampilannya dan hingga kini belum aktif lagi.

Chanyeol EXO Dituduh Selingkuh

Chanyeol EXOChanyeol EXO Foto: Internet

Setelah kasus Irene Red Velvet, fans juga dihebohkan dengan tuduhan Chanyeol EXO berselingkuh. Sebuah postingan di forum online yang dibuat oleh seseorang yang mengaku mantan Chanyeol EXO menuduhnya mendua dengan lebih dari 10 wanita. Chanyeol sendiri belum memberikan pernyataan mengenai tuduhan itu dan pihak agensi mengaku ia akan menyelesaikan masalahnya secara pribadi. Berbagai pihak pun membela pria 28 tahun itu dan membuktikan bahwa postingan itu palsu.

97 Liners Clubbing Saat COVID-19

skandal artis kpop 2020skandal artis kpop 2020 Foto: Internet

97 Liners adalah sebutan untuk grup pertemanan di dunia KPop yang terdiri dari para idol kelahiran 1997. Beberapa waktu lalu sebagian dari mereka yakni Jungkook BTS, Cha Eun Woo Astro, Jaehyun NCT, dan Mingyu SEVENTEEN. kedapatan pergi ke beberapa tempat di daerah Itaewon saat aturan social distancing masih ketat diberlakukan. Skandal artis KPop ini semakin dikritik terlebih seharusnya mereka menjalankan karantina mandiri karena daerah itu adalah klaster penyebaran Corona.

Tuduhan Pelecehan Seks Woojin Eks Stray Kids

Woojin Stray KidsWoojin Stray Kids Foto: Istimewa/ AllKpop

Sebelumnya Woojin menghebohkan fans ketika tiba-tiba keluar dari grup Stray Kids. Tak lama kemudian, muncul pengakuan dari orang yang mengaku korban pelecehan seksual olehnya. Di Twitter, orang itu menyebutkan jika Woojin pernah melecehkan dia dan temannya di bar. Ada juga pengakuan dari mantan pacar hingga tuduhan ia menghamili seorang fansite. Setelahnya, Woojin mengelak tudingan tersebut.

Yoon Hak SUPERNOVA Positif COVID-19

Yoon HakYoon Hak Foto: Yoon Hak

Beberapa artis Korea diketahui terpapar virus Corona, salah satunya Yoon Hak SUPERNOVA. Kini Yoon Hak dikatakan sudah sembuh dari virus tersebut setelah dinyatakan tertular bulan April. Ketika itu, Yoon Hak menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit selama satu bulan. Kasus Yoon Hak jadi perbincangan karena dikabarkan ia tertular oleh wanita yang ditemui di tempat hiburan dewasa.

Bubarnya X1

X1X1 Foto: X1 (dok. Twitter)

Selain skandal artis KPop yang menyerang secara personal, masalah lain yang juga heboh di kalangan fans KPop tahun ini adalah mengenai Produce 101. Program survival pencari bakat itu telah lama dituduh memalsukan hasil voting. Awal tahun, program itu pun dilaporkan ke polisi dan terbukti curang sejak musim pertama. Karena imej bahwa mereka adalah grup hasil kecurangan, X1 yang seharusnya bertahan lima tahun diputuskan untuk bubar.

(ami/ami)