Terungkap Alasan Beberapa Idol KPop Tampil dengan Makeup Keputihan

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 29 Nov 2020 07:00 WIB
Salon Bit & Boot Idol KPop Berkulit Gelap. Foto: Internet
Jakarta -

Bukan hanya soal performance atau busana, para fans KPop juga memperhatikan makeup para idola. Sering kali mereka mengeluhkan penampilan para artis saat makeup-nya dianggap kurang 'flawless'. Salah satunya ketika warna foundation tampak terlalu terang dibanding warna kulit asli.

Hal ini memang sering terjadi terutama pada artis Korea yang berkulit lebih gelap. Makeup artist dari salon terkenal Jenny House pun mengungkap alasannya. Para perias mengakui jika ada beberapa idol yang makeup-nya terlalu putih. Bukan karena tidak ada warna foundation atau sebuah kesalahan, hal itu ternyata memang disengaja.

Haechan NCTHaechan NCT, Idol KPop Berkulit Gelap Foto: Internet

Makeup artist In Ha mengatakan para idol perlu tampil lebih terang ketika perform. Terlebih ketika rekan-rekan setim mereka kebanyakan berkulit putih. "Ketika idol dengan kulit terang dan gelap tampil di layar bersama, member berkulit gelap tidak menonjol," ujar In Ha dalam video YouTube.

Karena itu, pihak agensi atau mereka sendiri meminta agar member-member berkulit lebih gelap makeup-nya sedikit diterangkan. "Jadi kadang mereka meminta kulit (makeup) terang atau kadang-kadang agensi yang meminta kami," lanjut wanita yang mendadani Seventeen, T-ARA, sampai I.O.I.

Makeup artist Doy pun mengungkap salah satu teknik yang biasanya dilakukan mereka untuk mengakali masalah itu. Yakni dengan memfokuskan makeup berwarna lebih terang hanya di bagian tengah saja, seperti hidung, pipi dalam, dan dahi bawah. Tapi In Ha mengelak jika teknik itu tidak digunakan di Jenny House yang terkenal sering menangani artis-artis top.

KAI EXOKAI EXO, Idol KPop Berkulit Gelap Foto: Instagram

"Para idol yang benar-benar ingin tampak lebih terang (makeup artist) menerapkannya di tengah saja," kata Doy yang pernah bekerja untuk AB6IX hingga Wanna One.

Kulit gelap idol-idol, seperti Kai EXO, Mingyu Seventeen, atau Haechan NCT disukai fans terlebih membuat mereka terlihat lebih unik. Karenanya banyak yang kecewa jika keunikan tersebut ditutupi dengan makeup atau editan foto.

(ami/ami)