Heboh Patung Raksasa Berbentuk Vagina di Tengah Taman, Dihujat Publik

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 06 Jan 2021 13:00 WIB
Patung vagina Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Heboh, ada patung vagina raksasa yang jadi kontroversi. Patung dengan dengan desain vulva tersebut ada di taman di daerah Mata Sul Pernambucana, Brazil.

Patung tersebut adalah karya seniman Juliana Notari. Ia membangun patung berukuran 33 meter itu selama 11 bulan dan dirilis pada malam tahun baru dengan membagikan foto hasil karyanya di media sosial.

Patung berbentuk kelamin wanita itu diberi nama Diva. "Di tengah begitu banyak rintangan di tengah tahun distopia ini, aku akhirnya bisa menyelesaikan Diva," ucap Juliana, seperti dikutip dari Daily Star.

Diva sendiri dibuat oleh 20 orang pria yang mengukirnya dengan tangan. Juliana menyebut bahwa pekerjanya adalah bertindak heroik karena mengerjakannya dengan sepenuh hati meski berada di bawah matahari.

"Itu adalah proses yang panjang, hampir 11 bulan dengan ketekunan, hidup bersama dan saling belajar. Dan jadilah Diva, bangunan yang besar," ungkap Juliana.

Diva adalah land art yang memiliki tinggi 33 meter dan lebar 16 meter, serta memiliki kedalaman enam meter. Patung warna merah tersebut tampak begitu mencolok karena berada di tengah-tengah taman.

"Aku memanfaatkan seni untuk berdialog tentang isu gender dari perspektif perempuan yang dikombinasikan dengan masyarakat barang yang kosmosentris dan antroposentris," kata Juliana.

Meski begitu, patung tersebut tidak ditanggapi masyarakat dengan baik. Patung ikonik tersebut berakhir dihujat oleh publik.

"Aku seorang wanita. Aku akan malu berjalan bersama keluarga di tempat yang memiliki hal seperti itu," komentar netizen di unggahan sang seniman.

"Kamu sangat bodoh atau sangat naif, berbicara tentang vulva dan vagina itu penting untuk menghilangkan tabu, tapi ini perlu dilakukan dengan benar, dan menggali lubang merah raksasa di dasar jauh dari pembelajaran dan makna inklusif. Kamu tidak melakukan apapun untuk wanita," ungkap warganet lainnya.



Simak Video "Ini Dia Model Busana Muslim Paling Diburu di Thamrin City"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)