Bukti Tanaman Hias Lagi Tren, Viral Pria Rela Tukar Mobil Demi Punya Caladium

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 17 Nov 2020 17:00 WIB
viral mobil dibarter tanaman hias Iqbal, pria yang rela tukar mobilnya dengan tanaman hias. Foto: Andhika Dwi Saputra
Jakarta -

Selama pandemi, demam tanaman hias semakin merajalela. Bahkan demi mendapatkan tanaman hias incarannya sebagian orang rela mengeluarkan uang mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Seperti yang baru-baru ini menghebohkan media sosial, kisah seorang pria yang rela menukarkan mobil pribadi miliknya demi tanaman hias. Kisah viral itu berawal dari postingan akun Instagram @medsoskediri, yang mengunggah seorang pria tampak bersalaman sambil memegang tanaman hias.

Dilihat dari video yang berdurasi 15 detik itu, tampak sang pria membeli Philodendron dan Caladium dan membayarnya dengan menukarkan mobilnya yang datang dari merek Toyota Avanza. Lokasi video tersebut berada di Kediri, Jawa Timur. Sontak video itu pun langsung viral.

"Heboh di Kediri, sebuah Transaksi barter antara sebuah mobil dengan kembang.. Lokasi di desa Doko, Kecamatan Ngasem, Jawa Timur. Sebuah unit avanza barter dengan tanaman hias berupa Philodendron dan Caladium oleh seorang kolektor dengan bakul kembang,,, lumayan lur kenek gawe mahar,,Skuy dodolan kembang,," tulis akun @medsoskediri (13/11/2020).

viral mobil dibarter tanaman hiasViral mobil dibarter tanaman hias Foto: Tangkapan layar

Hingga Selasa (17/11/2020) video tersebut sudah dilihat oleh lebih dari 119 ribu kali dan mendapat 365 komentar di Instagram. Ada yang mengatakan jika aksi pria menukar mobilnya dengan tanaman hias itu hanya sebuah rekayasa demi konten viral dan ada juga yang mempertanyakan bagaimana pria itu membawa tanamannya, sementara mobilnya sudah dia 'gadaikan'.

"Pansoss doangg, biar viral," ucap akun @meirita_sst30.

"Berangkat pake mobil, pulang jalan kaki bawa kembang," ledek akun ripkiajee_.

"Ya..lahhh kembang seharga mobil mau dong," ujar akun @dewisanur8.

"Kalian kok pada sewot, namanya orang itu hobi," timpal akun @masyoo__.

Philodendron sendiri tanaman hias yang disebut dalam postingan tersebut merupakan salah satu tanaman hias yang laris di 2020 ini. Ada berbagai jenis philodendron. Salah satu yang populer adalah siri gading. Harga tanaman Philodendron ini bisa mencapai jutaan. Bahkan di salah satu ecommerce ada yang menjual Philodendron Melanocrysum seharga Rp 23 juta.

Sedangkan tanaman hias Caladium yang juga disebut ditukar dengan Avanza dalam video viral di atas adalah jenis tumbuhan keluarga talas-talasan atau famili Araceae. Ciri utama Caladium adalah daun yang melebar berbentuk seperti anak panah atau kuping gajah.

Wolipop pun menghubungi admin akun Instagram @medsoskediri yang mengunggah video viral pria menukar mobilnya dengan tanaman hias ini. Admin mengatakan dia mendapatkan video tersebut di akun Facebook Milano Arshavin Reborn.

Konfirmasi Pemilik Mobil yang Menukarnya dengan Tanaman Hias

Adalah pria bernama Iqbal Akbar Muhammad yang viral karena menukar mobil miliknya yaitu sebuah Avanza dengan tanaman hias. Saat dikonfirmasi detikcom, Iqbal membenarkan bahwa peristiwa yang videonya viral itu bukan rekayasa atau settingan.

"Itu bukan settingan, bukan hoaks juga dan benar adanya. Tanaman hias ditukar atau barter dengan mobil," ujar Iqbal Akbar Muhammad kepada detikcom, di rumahnya di Desa Doko, Ngasem, Kediri, Senin (16/11/2020).
Iqbal mengatakan ia dan kakaknya, Ilham Akbar Soleh, mempunyai usaha tanaman hias yang diberinya nama 'Akbar Garden'. Sesuai namanya, mereka berbisnis jual beli tanaman hias.

Soal mobil dibarter tanaman hias, Iqbal mengatakan itu terjadi pada Rabu 11 November 2020. Ia dan kakaknya sepakat mobil mereka dibarter dengan tiga tanaman hias milik teman mereka sendiri, sesama pengusaha tanaman hias.

"Kalau untuk tukar mobil itu saya membenarkan, bukan settingan. Dan itu mobil Avanza dari kita yang kita barterkan dengan 3 jenis tanaman hias yakni philodendron florida beauty, strawberry shake variegata, dan caramel marble variegata," kata Iqbal.

Iqbal tidak tahu siapa yang memviralkan video itu. Tapi yang pasti, barter itu hal yang biasa buat Iqbal karena dia pernah melakukannya sebelumnya. Bedanya saat itu ia yang membarter tanaman hiasnya dengan mobil milik konsumennya.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)