7 Tanaman Hias Daun yang Banyak Diburu dan Menyegarkan Mata

Tim detikcom - wolipop Minggu, 13 Sep 2020 18:00 WIB
Tanaman Monstera Foto: Getty Images/iStockphoto/iNueng/7 Tanaman Hias Daun yang Banyak Diburu dan Menyegarkan Mata
Jakarta -

Aktivitas berburu tanaman hias daun lagi hits saat pandemi COVID-19. Tanaman hias jenis ini tidak kalah indah dengan yang lain dan bisa menyegarkan mata saat dipandang. Satu lagi alasan varietas ini banyak dicari yakni perawatannya yang relatif lebih mudah.

Harga tanaman hias daun juga tidak menguras kantong jika dibeli saat tanaman masih tumbuh kecil. Tanaman ini juga menjadikan sekitarnya tampak segar.

Berikut tanaman hias daun yang banyak diburu:

1. Monstera

Tanaman hias monsteraTanaman hias monstera Foto: Getty Images/iStockphoto/didecs

Ini dia tanaman yang banyak diburu saat ini, yakni Monstera. Tanaman populer ini berasal dari hutan tropis Amerika Tengah bagian selatan sampai Amerika Utara.

Monstera memiliki daun yang lebar dengan pola lubang pada helaian, mengkilap, dan berwarna hijau pekat. Tanaman ini berwarna hijau putih kekuningan dari jenis variegata.

Manfaat menanam dan budidaya tanaman hias monstera yakni dapat memperbaiki kualitas udara terutama jika tanaman diletakkan di dalam ruangan. Lain lagi bagi kepercayaan masyarakat China. Mereka meyakini tanaman itu adalah simbol kemakmuran dan kesehatan.

Manfaat menanam dan budidaya tanaman hias monstera lainnya yakni daun potong tanaman Monstera sering dipergunakan dalam rangkaian bunga. Daunnya yang lebar dan dengan pola lobang dan belahan pada helaiannya dan mengkilap dapat digunakan sebagai visualisasi dasar pada rangkaian bunga.

Dari segi harga, tanaman monstera sangat bermanfaat karena memiliki nilai jual. Tanaman ini disebut berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tanaman yang dapat diperdagangkan sebagai tanaman hias yakni Monstera Deliciosa. Kalau kita menanamnya dari monstera kecil, harganya akan murah.

Cara memperbanyak tanaman hias monstera sangat mudah yakni dengan stek batang. Batang monstera mengeluarkan akar-akar gantung yang mampu memproduksi akar sejati.

2. Kaktus

Thailand, Danger, Gardening, Agriculture, BeautyThailand, Danger, Gardening, Agriculture, Beauty Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Kaktus adalah anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air dan biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun).

Kaktus bisa dijadikan tanaman hias daun. Apalagi merawat tanaman ini mudah. Kaktus mudah beradaptasi dan kuat. Kaktus juga tahan hidup jika detikers jarang menyiramnya. Namun yang perlu diperhatikan, sinari kaktus beberapa kali seminggu agar batang tidak busuk.

3. Chinese Money

pileapilea Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Chinese Money adalah jenis tanaman pilea. Tanaman hias daun yang paling diburu orang ini memiliki daun bundar berwarna hijau gelap dan batang.

Tamana ini adalah spesies tumbuhan berbunga dari keluarga jelatang Urticaceae. Asalnya dari provinsi Yunnan dan Sichuan di China Selatan.

4. Peace Lily

Spathe flower in flowerpot on wooden backgroundSpathe flower in flowerpot on wooden background Foto: iStock

Peace Lily adalah spesies tumbuhan hias berbunga yang berasal dari keluarga Araceae. Tanaman ini berwarna putih, merah muda, atau ungu.

Merawat tanaman hias daun ini sangat mudah. Tanaman ini membutuhkan cahaya rendah, suhu sedang, dan tanah lembab.

5. Sri Rezeki

Rare PlantRare Plant Foto: iStock

Aglaonema atau Sri Rezeki adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Tanaman hias daun ini berdaun merah muda.

Merawat tanaman ini tidak sulit. Tanaman dapat tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.


6. Sirih Gading

Sirih gadingSirih gading Foto: Getty Images/iStockphoto/FeelPic

Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias. Tumbuhan anggota suku talas-talasan (Araceae) ini mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat.

Sirih gading bisa hidup dengan baik dengan media tanam air putih. Banyak digunakan sebagai hiasan atau dekorasi ruangan, dengan cara memotong batang sirih gading, dan nantinya akan tumbuh akar.

7. Hosta

Hosta leaves pattern background. Bushes of the Hosta plant in pots for transport in a gardening store. Hosta - an ornamental plant for landscaping park and garden design. Summer plants wallpaper.Hosta leaves pattern background. Bushes of the Hosta plant in pots for transport in a gardening store. Hosta - an ornamental plant for landscaping park and garden design. Summer plants wallpaper. Foto: iStock

Hosta adalah tanaman hias daun berwarna hijau, emas, dan biru, serta warna lainnya. Warna putih dan emas yang lebih cerah memantulkan cahaya halus dan meramaikan tanaman di sekitarnya.

Meskipun dikenal sebagai tanaman peneduh, ada beberapa varietas inang yang dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh dan meningkatkan nilainya di taman. Seringkali, tangkai bunga dipotong sebelum mekar, memungkinkan tanaman untuk fokus menumbuhkan daunnya yang cantik.



Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)