Sulli Setahun Meninggal, Fans Kenang Sosoknya yang Mendobrak Stereotip

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Okt 2020 16:01 WIB
Sulli fx Setahun meninggalnya Sulli. Foto: Instagram
Jakarta -

Hari ini tepat setahun kepergian idol KPop Sulli. Artis Korea yang meninggal setelah berusaha mengakhiri nyawa itu memang masih lekat dikenang oleh para penggemar. Sebelum Sulli meninggal, mantan personel F(x) tersebut bukan hanya dikenal sebagai penyanyi dan aktris tapi juga orang yang memperjuangkan hak sesama wanita hingga berani mendobrak stereotip. Mengenang setahun meninggalnya Sulli, ini lima hal yang dikenang para penggemar.

Sulli Idol Bertalenta

Sulli fxSulli Setahun Meninggal, Fans Kenang Sosoknya yang Mendobrak Stereotip Foto: Instagram

Tepat setahun meninggalkan Suli, para fans mengenang kembali sosok idol KPop dengan meramaikan tanda pagar #Remember_Sulli. Tentu banyak hal yang diingat mereka dari sosok wanita yang pergi di usia 25 tahun tersebut, salah satunya adalah talenta. Selain tergabung dalam grup F(x) di bawah SM Entertainment, ia juga pernah menjadi MC dan aktris. Beberapa acara tv dan film yang pernah dibintangi seperti To The Beautiful You, The Night of Hate Comments, hingga Real.

Untuk mengobati kerinduan, para fans pun ramai-ramai mendengar lagu solonya berjudul Goblin yang jadi trending di situs pencarian Korea. Wanita tersebut juga pernah berduet dengan Dean dalam lagu berjudul 'dayfly'. Dean ketika itu mengaku memilih Sulli karena suara dan imejnya cocok dengan suasana hati yang sedih dalam lirik dan melodi lagu tersebut.

Berani Berpendapat

Sulli fxSulli Setahun Meninggal, Fans Kenang Sosoknya yang Mendobrak Stereotip Foto: Instagram

Sulli juga dikenal sebagai sosok yang berani berpendapat. Dalam industri hiburan Korea, terkadang sebagian idol terutama wanita memilih untuk tidak terlibat dalam kontroversi. Namun Sulli dianggap berani ketika menyuarakan opini yang tidak umum. Misalnya saat berbicara mengenai ketidaknyamanannya mengenakan bra. Ketika itu, Sulli memang kerap jadi perbincangan karena kedapatan tidak mengenakan pakaian dalam itu.

"Aku pikir itu mengenai kebebasan individu. Bra tidak baik untuk kesehatan. Bra punya kawat. Itu tidak baik untuk organ-organ pencernaan dan aku punya masalah dengan pencernaanku. Karena lebih nyaman tidak pakai (bra), aku tidak memakainya. Aku pikir itu bebas dan cantik," ungkap Sulli dalam acara 'Night of Hate Comments' di stasiun televisi JTBC

"Ketika aku pertama kali mengunggah foto tanpa bra, ada banyak orang yang membicarakannya. Aku bisa saja takut dan bersembunyi tapi alasan tidak begitu karena aku ingin mengubah pandangan orang mengenai hal tersebut. Sebagian dariku juga ingin mengatakan 'Ini bukan masalah besar'. Aku dengar belakangan ada lebih banyak orang yang pergi ke luar tanpa bra," kata Sulli.

Sulli Dikenal Memperjuangkan Hak Wanita

sulliSulli Setahun Meninggal, Fans Kenang Sosoknya yang Mendobrak Stereotip Foto: Instagram @jelly_jilli

Selain mengungkapkan ketidaknyamannya dan wanita lain dengan bra, Sulli juga dikenal sering memperjuangkan hak sesama wanita. Ia pernah menyuarakan dukungan terhadap legalisasi aborsi yang tidak umum di kalangan idol. Sulli dianggap feminis ketika mendukung wanita untuk tidak bercukur, mau dipaksa terlihat cute, hingga bicara akses untuk pembalut. Band U2 bahkan pernah memberi penghormatan kepada Sulli di antara para wanita hebat lain yang dianggap berpengaruh dan berjasa.



Sikap Sulli kepada Haters

Sulli 'Lolita' ConceptSulli Setahun Meninggal, Fans Kenang Sosoknya yang Mendobrak Stereotip Foto: Rotta.

Walau punya banyak haters, wanita yang pernah jadi cameo di drama Hotel del Luna ini dipuji atas sikapnya pada mereka. Ketika mendapat banyak komentar negatif karena tidak pakai bra, Sulli pernah mencoba untuk melaporkan mereka ke polisi dan melakukan proses hukum. Namun ia berubah pikiran ketika mengetahui pelakunya adalah mahasiswa yang kuliah di universitas terkenal dan seumuran dengannya.

"Jika aku tidak lunak hati kepada mahasiswa yang kuliah di universitas bagus, mereka akan menjadi seorang mantan narapidana. Mereka akan punya masalah ketika mencari pekerjaan nantinya. Aku menerima surat panjang dari orang yang berkomentar tidak pantas. Mereka mengatakan minta maaf dan tidak tahu jika masalahnya akan jadi besar. Mereka bilang mereka melampiaskan stresnya padaku," katanya.

Senyum Sulli yang Cantik

SulliSulli Setahun Meninggal, Fans Kenang Sosoknya yang Mendobrak Stereotip Foto: Instagram @jelly_jilli

Dalam berbagai postingan di Twitter, para fans juga mengenang senyuman cantik Sulli. Wanita itu dianggap punya aura positif yang membuat penggemar, teman, dan keluarga bisa merasa lebih baik setelah melihatnya. Mereka pun mendoakan kebahagiaan dan ketenangan sahabat IU tersebut selagi tetap mengingat karya-karya dan sosoknya.

(ami/ami)