Kontroversi, Penampilan Jennie Jadi Perawat di MV Lovesick Girls Dihapus

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 08 Okt 2020 12:45 WIB
Jennie Blackpink Jadi Perawat di MV Lovesick Girls Foto: YouTube
Jakarta -

Jennie Blackpink kembali jadi perbincangan karena busananya dalam MV terbarunya, Lovesick Girls. Sayangnya selain mengundang kekaguman, salah satu baju yang dikenakan rapper Blackpink tersebut jadi kontroversi karena dianggap menseksualisasi. Dalam video klip tersebut, Jennie Blackpink mengenakan seragam perawat yang diprotes oleh persatuan pekerja kesehatan dan medis Korea.

MV Blackpink Lovesick Girls telah mencetak rekor jumlah penonton namun sayangnya video tersebut harus diedit setelah salah satu adegannya dikritik. Sesaat setelah dirilis, Korean Health and Medical Workers Union (KHMU) memberikan protes pada YG Entertainment karena menampilkan Jennie Blackpink yang memakai baju suster.

Jennie Blackpink Jadi Perawat di MV Lovesick GirlsJennie Blackpink Jadi Perawat di MV Lovesick Girls Foto: YouTube

Dianggap tidak pantas dan tidak menggambarkan profesi perawat dalam kehidupan nyata. Organisasi itu juga menilai jika perawat sering menjadi pekerjaan yang dijadikan obyek seksual. Menurut persatuan itu, perawat yang diadegankan Jennie jauh dari kenyataan karena memakai topi, rok yang ketat dan pendek, dan high heels.

"Walaupun perawat sudah memperjuangkan ini dalam waktu yang lama, YG Entertainment secara seksual menjadikan perawat obyek di video musik Blackpink," tulis persatuan itu. "Situasi ini bertambah parah semakin kultur pop mengulangi imej rusak dari para perawat. Sekarang lagu Blackpink memuncaki berbagai tangga lagu dunia, kami meminta YG Entertainment melakukan aksi yang bertanggung jawab pada pengaruh dan popularitasnya," tambah mereka.

Hal ini pun menjadi kontroversi dan mendapatkan beragam reaksi. Kebanyakan fans sendiri menganggap jika tidak ada yang salah dengan adegan atau busana Jennie Blackpink. Namun hal ini langsung menjadi perhatian YG Entertainment yang menjelaskan mengapa profesi perawat ditampilkan dalam MV Lovesick Girls. Sesuai lirik, dikatakan jika adanya perawat menunjukkan jika tidak ada yang bisa menyembuhkan para 'lovesick girls'.

Jennie Blackpink Jadi Perawat di MV Lovesick GirlsJennie Blackpink Jadi Perawat di MV Lovesick Girls Foto: YouTube

Pihak YG pun telah menjelaskan bahwa mereka tidak punya niat ke arah sana dan meminta orang-orang untuk melihat sebagai genre seni. Meski begitu, YG Entertainment telah memutuskan untuk menghapus bagian Jennie Blackpink tersebut dari video klip. Hal ini pun telah mendapat dari persatuan pekerja kesehatan dan medis Korea.

"Kami menyambut keputusan Blackpink untuk mengganti video secepatnya, sebuah respons yang cepat mengingat reputasi seorang bintang global. Kami harap insiden ini akan menjadi peringatan kepada semua mengenai iklim problematis dalam lingkungan kita yang sangat mudah menseksualisasi profesi dan grup tertentu, bukan hanya para perawat," ungkap perwakilannya.



Simak Video "Wajah Irene ‘Red Velvet’ yang Paling Banyak Diminati Pasien Operasi Plastik"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)