Akibat Ikuti Tantangan TikTok Viral, Remaja Ini Overdosis Sampai Meninggal

Vina Oktiani - wolipop Senin, 07 Sep 2020 12:01 WIB
Chloe Philips Chloe Philips / Foto: metro
Jakarta -

Media sosial TikTok memang selalu memunculkan tantangan-tantangan baru bagi para penggunanya. Mulai dari tantangan yang terbilang mudah, sampai yang terlihat aneh, sulit, hingga berbahaya. Namun demi tetap bisa mengikuti tren yang tengah berlangsung, tak jarang para penggunanya rela melakukan hal-hal ekstrim yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

Seperti dikutip dari Metro, salah seorang pengguna TikTok yang bernama Chloe Philips dikabarkan sampai kehilangan nyawanya karena mengikuti salah satu tantangan TikTok yang tengah populer pada saat itu. Remaja wanita berusia 15 tahun itu meninggal setelah overdosis karena meminum terlalu banyak obat demi mengikuti 'Benadryl Challenge'.

Benadryl Challenge sendiri adalah sebuah tantangan dimana para pengikutnya diminta untuk meminum obat alergi yang bernama Benadryl sebanyak-banyaknya sampai mengalami halusinasi. Sang bibi yang bernama Janette Sissy Leasure sendiri sempat terlihat mengunggah sebuah postingan di Facebook yang meminta setiap orang untuk bersama-sama menghentikan tren berbahaya tersebut. Namun saat ini unggahan tersebut telah dihapusnya.

"Ini harus dihentikan karena merenggut anak-anak kita atau menyebabkan mereka dibawa ke rumah sakit. Saya tidak ingin melihat lagi ada keluarga mengalami apa yang telah kami alami sekarang. Jangan pernah bilang ini tidak mungkin terjadi," jelas Janette.

Anak-anak itu seperti, 'orang lain baik-baik saja, jadi saya akan baik-baik saja'. Cobalah untuk selalu tahu apa yang dilakukan atau dipilih anak-anakmu," tambahnya.

Chloe PhilipsChloe Philips Foto: metro

Bibi dari Chloe Philips itu juga mengatakan bahwa sebenarnya Chloe merupakan anak yang pintar dan periang. Chloe sangat senang mendengarkan musik, menari, main video game, serta memiliki banyak rencana untuk masa depannya. Namun sayang nasib berkata lain, sehingga rencana-rencana Chloe untuk masa depanya itu tidak akan pernah terwujud.

Chloe dikabarkan meninggal pada 21 Agustus di Oklahoma akibat overdosis. Kisahnya tersebut kemudian viral dan banyak dibagikan di internet.

Scott Schaeffer, Direktur Pusat Informasi Obat-obatan dan Racun Oklahoma, memperingatkan kepada remaja lainnya akan bahaya dari tantangan TikTok yang membuat Chloe sampai kehilangan nyawanya. Menurut Scott, tantangan tersebut bisa 'mengancam hidup' seseorang.

"Mengonsumsi Benadryl dalam jumlah yang banyak, menyebabkan kejang, khususnya, masalah jantung. Jantung bisa berdebar tidak teratur dan tidak memompa darang secara efektif," jelas Scott.

(vio/vio)