Viral Tren Video Maria Challenge, Dihujat Karena Dianggap Lecehkan Idol KPop

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 21 Jul 2020 12:50 WIB
Hwasa MAMAMOO Rilis MV Maria Foto: dok. RBW
Jakarta -

Bukan sesuatu yang baru jika para penggemar sering 'berkhayal' di media sosial. Apalagi dengan canggihnya aplikasi edit, sejumlah fans sering mengedit foto atau video untuk terlihat seperti sedang bersama idola mereka. Belakangan muncul tren video edit Maria Challenge yang menampilkan fans KPop dan idola. Sayangnya tren tersebut banyak dicibir bahkan di kalangan penggemar KPop sendiri karena dianggap keterlaluan bahkan melecehkan.

Maria Challenge adalah tren video TikTok yang belakangan viral di kalangan fans KPop terutama di Indonesia. Entah bagaimana tren tersebut muncul, beberapa fans kedapatan menggunakan lagu Hwasa berjudul 'Maria' sebagai latar musik video editan yang menampilkan 'kebersamaan' mereka dan idol KPop. Video-video tersebut kemudian diprotes karena beberapa editan dianggap terlalu seksual dan kontra dengan arti dari lagu itu sendiri.

Beberapa penggemar KPop yang tidak setuju dengan tren video Maria Challenge pun beralih ke Twitter untuk membahas permasalahan itu. Salah satunya adalah akun @blucbxrrys yang membuat thread untuk menyatakan jika sejumlah video sudah termasuk kategori pelecehan seksual dan bukan sesuatu yang normal apalagi diikuti.

"Bayangin idol udah capek-capek jadi trainee buat kejar impian mereka jadi idol. Eh pas udah debut malah dilecehin. Sakit hati mereka anjir kalau tahu tentang ini. Ngehalu tuh yang waras aja napa sih. Jangan terlalu seksual. Selain berefek buruk bagi idolnya, ini sama aja kalian nggak menghargai karya dan kerja keras dari Hwasa Mamamoo," tulis @blucbxrrys.

Beberapa fans juga menyayangkan pemakaian lagu Maria yang merupakan curhatan Hwasa Mamamoo. Hwasa sering dicibir karena penampilannya yang dianggap tidak sesuai dengan standar kecantikan Korea Selatan. Meski punya beat yang mungkin terdengar seksi, lagu Maria bukan mengenai seksualitas atau pujian kepada seorang pria. Dalam lagu, Hwasa justru bercerita tentang bagaimana ia mencoba tetap mencintai diri sendiri.

Sedangkan judul Maria sendiri diambil dari nama baptis Hwasa. Dan seperti diketahui Maria adalah ibu dari Yesus yang jauh dari kesan seksi atau vulgar.



Banyak fans KPop yang meminta video-video vulgar Maria Challenge untuk dihapus dari TikTok dan media sosial lain. Tapi sebenarnya tak semua video Maria Challenge dibuat secara seksual atau melecehkan. Beberapa video malah menampilkan editan yang kesannya lucu dan kreatif sehingga memang menghibur sesama fans KPop.

@nanennugunanenjemin

semoga temen sekelas gw ga liat ##nct ##nctzen ##nctdream ##nct127 ##nctu ##fypage ##kpop ##foryou ##kpopmeme ##nctmeme ##wayvmeme ##wayv

♬ 마리아 (Maria) - 화사 (Hwa Sa)
@lonjwin080295

sengaja depan pintu biar bekas rambutnya langsung bisa dibuang keluar wkwk ##yuta ##maria ##nctzen ##fyp

♬ original sound - Pokpak🦊


Simak Video "Kontroversi Maria Challenge yang Bikin Fans Hwasa Marah"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)