Cerita Komika David Nurbianto yang Viral Bikin Suara Hati Suami Izin Gowes

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 24 Jun 2020 11:06 WIB
david nurbianto Foto David yang hobi bersepeda. Foto: instagram @david_nurbianto.
Jakarta -

Saat ini olahraga bersepeda sedang menjadi tren dan diminati oleh masyarakat di ibukota. Hampir setiap sudut jalanan kamu bisa melihat orang yang bersepeda di pagi hari atau pun sore hari.

Terinspirasi dari banyaknya para suami yang kini hobi bersepeda ini komika David Nurbianto membuat konten Suara Hati Suami: Episode Izin Gowes. Video buatan komika yang dikenal sebagai juara Stand Up Comedy Indonesia season 4 (SUCI 4) pada 2014 itu sukses membuat netizen tersenyum. Videonya pun viral di grup Whats App emak-emak yang merasa tersindir.

"Buat istri-istri kalau suaminya izin gowes, tolong jangan ditanya sampai rumah jam berapa, kita nggak punya jawaban pasti. Masa kita harus hitung pakai rumus, waktu tempuh sama dengan jarak tempuh dibagi kecepatan rata-rata, belum gowes dah keringatan kita. Lagian kecepatan kita kalo gowes nggak rata, kadang kenceng, kadang pelan, kadang nongkrong. Kita gowes itu bukan sekadar olahraga, tapi pengin me time. Jangan dikasih beban," ujarnya dengan logat Betawi khasnya.

[Gambas:Instagram]


"Pernah sih sekali elo nggak nanya pulang jam berapa, tapi elo titip makanan. Gue jadi kepikiran. Kalau gue belum sampe rumah berarti lo belum makan. Kesannya gue zolim. Sepanjang jalan gue diteror udah di mana, sampai mana, ya Allah gue berasa ojek online," sambungnya lagi.

Ketika dihubungi Wolipop, David menceritakan alasannya membuat video curhatan suami atau #suhasu. Dia mengaku video tersebut dibuatnya untuk mengisi luang di saat pandemi ini.

"Komika semenjak pandemi ini kan lagi banyak berlomba-lomba bikin konten. Kita sama-sama tahu kalau job televisi berkurang, panggung stand up juga tidak ada. Keramaian belum boleh. Awalnya masih bingung nih mau bikin konsep apa ya yang banyak disukain? Kan triggernya dari DPO Bintang Emon, membuka jalan ke temen-temen yang lain bahwa digital ini masih bisa dipakai untuk berkarya. Kita sebagai para stand up comedian kan kalau bikin apa-apa berangkat dari keresahan masing-masing," kata David saat dihubungi oleh Wolipop, Senin (22/6/2020).

davidKeluarga David Nurbianto. Foto: Dok. Instagram @david_nurbianto.


Komika 30 tahun itu membuat video seri Suara Hati Suami (Suhasu) untuk mewakili perasaannya yang kini berstatus sebagai suami dan bapak satu anak. Menurutnya masih belum banyak konten yang mewakili suara hati para suami.

"Kalau gue mikirnya kalau bikin ini mungkin bisa mewakili perasaan terutama bapak-bapak atau keluarga muda yang punya hobi macem-macem termasuk sepeda. Kalau suara hati kan sudah banyak yang mewakili dari sinetron dan lagu. Tapi suara hati suami jarang, tidak banyak diwakili lewat lagu dan sinetron. Makanya gue kepikiran bikin konsep #suhasu. Yang episode pertama itu ke trigger dari viralnya Bintang yang kritik soal putusan kemarin. Waktu itu lagi viral PS 5 mahal baru keluar, bagaimana sih bapak-bapak siap nggak izin istri? Terus gue bikin coba-coba lumayan sambutannya dan gue bikin lagi tentang sepeda yang lagi nge-tren terus juga banyak orang ngomongin beli sepeda harganya mahal kalau ketahuan istri bagaimana,"ujarnya.

David yang menikah dengan Mieke Shahir pada 2018 ini tak menyangka videonya Suara Hati Suami viral di grup WhatsApp emak-emak. "Istri gue laporan kalau video gue lagi diomongin di grup emak-emak. Katanya ibu-ibu, jadi laki-laki lemes amat sih? Istri gue biasa aja tanggapannya dia malah ketawa-ketawa juga. Gue sama dia mah blak-blakan aja. Namanya rumah tangga banyak kerikil dan hal-hal kayak gini dibawa becanda aja, daripada ribut-ribut cuek-cuekan. Syukur-syukur bisa mewakili perasaan para laki-laki yang sudah beristri," jelas penyiar radio HOT 93.2 FM itu.

David menambahkan setelah video Suara Hati Suami buatannya viral, dia banyak mendapat DM di Instagram dari para suami. Dia mengaku jadi tempat curhat bapak-bapak soal istri mereka.

"Dan ternyata emang banyak yang sama dirasakan oleh keluarga lainnya. Masalahnya soal izin hobi dan nongkrong. DIbawa enjoy aja, jangan sampai ada unek-unek sama istri jangan dipendam, dingin, jadinya nggak komunikasi dan pokoknya jangan sampai ngerusak rumah tangga. Kalau loe gak berani unggapin keresahan secara pribadi, biar gue yang wakilin, tinggal share aja video-video gue," katanya seraya tertawa.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)