Viral Rektor Idaman Para Mahasiwa, Nonton Drakor Hingga Suka Posting Guyonan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 26 Jun 2020 07:00 WIB
sutrisna wibawa Foto: instagram @sutrisna.wibawa/ Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa
Jakarta -

Sosok Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. viral karena dianggap rektor idaman bagi mahasiswanya. Sang rektor jadi atensi warganet karena kerap membagikan foto serta caption yang memancing gelak tawa di akun Instagramnya @sutrisna.wibawa.

Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. adalah guru besar filsafat Jawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Selain dikenal sebagai guru besar, Sutrisna Wibawa juga seorang teknokrat yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Saat ini dia menduduki jabatan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.

Prof. Sutrisna menarik atensi warganet karena dikenal dapat berkomunikasi dengan cair dengan generasi milenial. Rektor berusia 60 tahun ini aktif menggunakan Facebook, Instagram, dan Twitter. Di ketiga media sosialnya tersebut Rektor UNY ini menggunakan bahasa yang komunikatif, santai, serta interaktif.

Seperti yang belum lama ini dilakukannya, sang rektor mengunggah postingan yang sedang tren yaitu #oplaschallenge. Dia membuat unggahan kocak di mana hasil oplas challenge dirinya adalah aktor drama Korea, Lee Min Ho.

"Ikutan #oplaschallenge2020 aplikasinya pinter banget," demikian unggahnya pada 28 Mei 2020 yang disambut tawa para followers-nya di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Dari berbagai unggahannya terlihat juga Prof. Sutrisna menonton drama Korea Lee Min Ho, The King of Eternal Monarch. Salah satunya unggahannya di depan pohon Randu Alas ini.

"Sesungguhnya inilah salah satu alasan kenapa beberapa tahun ini saya konsen membuat Taman Randu Alas. Bukan hanya karena ingin menjaga dan melestarikan pohon Randu Alas yang tinggal beberapa pohon lagi di Yogyakarta, tapi karena di Randu Alas inilah gerbang dunia pararel itu berada, tanpa banyak yang tahu. Hanya para Rektor UNY yang bisa mengetahui dan membuka gerbang tersebut dengan menggunakan Manpasikjeok yang disembunyikan di dalam palu untuk prosesi wisuda. Itu pula yang menjadi alasan kenapa palu itu sangat sakral dan ajaib, sekali ketuk ribuan mahasiswa bisa lulus. Untuk ke depan, jika kalian selfie di Randu Alas, mohon berhati-hati, jangan sampai nyasar dan tidak bisa pulang. Korban Drama #thekingeternalmonarch #HaluTingkatRektor," begitu yang dia tulis di keterangan foto.

sutrisna wibawaRektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa Foto: instagram @sutrisna.wibawa

Caption yang ditulisnya itu sontak disambut meriah para pecinta drama Korea The King of Eternal Monarch. "ie min hoo cabang UNY....," tulis salah satu netizen.

Dikonfirmasi Wolipop mengenai postingannya di media sosial yang kerap mengundang senyum. Prof. Sutrisna mengatakan baginya media sosial menjadi sarananya untuk menyampaikan kebijakan sekaligus menyerap aspirasi terkait UNY sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan.

"Supaya komunikasi itu mencair, lalu medsos ini kan merupakan bagian yang terpenting. Saya ingin supaya punya teman banyak, lalu bentuk komunikasi supaya orang tertarik. Kalau postingan kita standar, orang membaca itu jenuh itu-itu saja, sehingga saya ingin sesuatu yang segar. SUpaya ada komunikasi dengan pembaca itu lebih dekat. Kalau kita sudah membiasakan diri seperti itu, kalau ingin menyampaikan hal yang lain lebih dengan mudah diterima," ungkap Sutrisna saat dihubungi oleh Wolipop, Senin (22/6/2020).

Dengan gaya komunikasi tersebut, Sutrisna Wibawa sempat menghebohkan dunia maya pada 2019. Tepatnta saat dia mengumumkan akan menggelar konser dies natalis (perayaan setiap tahun) di Gedung Olahraga (GOR) UNY dengan syarat nilai IPK. Melalui media sosialnya, Sutrisna mengatakan bahwa mahasiswa yang memiliki IPK tinggi akan memperoleh tiket, sedangkan yang IPK rendah dipersilakan menonton melalui layar tancap di luar GOR maupun melalui streaming.

Prof. Sutrisna yang memiliki followers lebih dari 74 ribu itu pun kerap dianggap sebagai rektor idaman oleh warganet khususnya yang berstatus mahasiswa. Tak sedikit dari mereka yang ingin memiliki rektor seperti Prof. Sutrisna.

"Paaaak jadikan aku salah satu mahasiswamuu asli ngefans bgt ," tulis akun Instagram @satifa.q.

"Lihat postingan ini membuat saya makin yakin mau kuliah di UNY, Prof ," kata pengguna Instagram @zelanzholillah.


Bagaimana, apakah kamu juga termasuk yang sering tersenyum melihat unggahan Rektor UNY ini?



Simak Video "164 Desainer Bakal Unjuk Gigi di Fashion Show Virtual 'ISEF 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)