Model dan Selebgram Jadi Kontroversi Karena Promosikan Festival Musik Arab

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 27 Des 2019 10:29 WIB
Lorena Rae Hadiri MDL Beast Arab Saudi. Foto: Instagram @lorena
Jakarta - Sejumlah model danselebgram menghadiriMDL Beast, sebuah festival musik yang baru-baru ini diadakan di Arab Saudi. Festival itu pun menuai kontroversi karena dianggap mendukung dan mempromosikan negara yang dianggap mengalami krisis kemanusiaan.
Beberapa model dan selebgram ternama, seperti Alessandra Ambrosio, Romee Strijd, Lorena Rae, Elsa Hosk, dan lain-lain kedapatan mengunggah foto-foto promosi dan kehadiran mereka dalam festival tersebut. Para pesohor ini pun juga ikut dikritik karena menerima sponsor dari Arab Saudi.

Arab Saudi telah lama dikritik karena sejumlah hal terkait kemanusiaan, salah satu karena mengekang kebebasan wanita. Hal ini disoroti oleh akun Instagram Diet Prada yang menyebut bahwa aktivis Loujain al-Hathloul pernah ditahan di 2015 karena berkendara. Dikatakan jika ia dan disiksa dan diancam akan dibunuh dan diperkosa.

[Gambas:Instagram]

Larangan menyetir pada wanita sendiri sudah dianggap mulai tahun ini. Namun Diet Prada masih merasa Arab Saudi bermasalah. Postingan tersebut menyebut jika seorang jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi dibunuh dan CIA menuding jika itu atas permintaan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman.
Setelah kasus kematian tersebut, investor luar negeri dikatakan menarik dana dari pasar modal dan lima orang yang terkait pembunuhan itu dieksekusi. Tapi Arab Saudi masih dikritik karena menutupi koneksi Pangeran Mahkota dari pembunuhan tersebut. Adapun tuduhan jika negara itu mengungkap identitas seksual seorang jurnalis gay yang membuatnya dihukum mati.

[Gambas:Instagram]

Dikatakan bahwa Arab Saudi kini berusaha untuk memasarkan negaranya dengan mendatangkan turis. Salah satunya adalah dengan menggunakan promosi para influencer. Festival Musik MDL Beast pun menjadi salah satu eksekusinya beberapa waktu lalu.

Sayangnya para model dan influencer mendapat kritikan karena ikut serta dalam mempromosikan Arab Saudi. Beberapa bahkan membuat akun Instagram mereka jadi privat dan menghapus foto karena kritik. Namun terungkap pula bahwa model dan aktris Emily Ratajkowski telah menolak undangan festival MDL Beast karena tidak sesuai dengan apa yang diyakininya. Ia mengaku tak mendukung Arab Saudi yang tidak menyokong hak-hak wanita, komunitas LGBTQ, kebebabasan berekspresi dan pers.

"It is very important to me to make clear my support for the rights of women, the LGBTQ community, freedom of expression and the right to a free press. I hope coming forward on this brings more attention to the injustices happening there", kata Ratajkowski kepada Diet Prada.

Simak Video "Tasya Farasya Trending Usai Sindir Selebgram Endorse Barang Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)