Viral Gelandangan Bersuara Emas, Tak Punya Rumah karena Habis Biaya Berobat

Hestianingsih - wolipop Kamis, 03 Okt 2019 17:07 WIB
Foto: istimewa/ Bored Panda Foto: istimewa/ Bored Panda

Los Angeles - Tidak terhitung musisi jalanan yang sebenarnya memiliki bakat bernyanyi maupun bermain musik tak kalah hebat dari musisi terkenal. Termasuk wanita satu ini, Emily Zamourka.

Emily dikenal sebagai musisi kereta bawah tanah dengan suara angelic layaknya penyanyi opera. Keberadaannya di sejumlah subway Los Angeles menarik perhatian siapa pun yang melintas di depannya.

Sosok Emily pun baru-baru ini menjadi viral setelah aksinya menyanyikan lagu 'O Mio Babbino Caro' karya Giacomo Puccini terekam kamera dan di-posting akun Twitter resmi Kepolisian LA @LAPDHQ. Kala itu wanita 52 tahun tersebut tampil di stasiun kereta bawah tanah Wilshire-Normandie.

"4 million people call LA home. 4 million stories. 4 million voices... sometimes you just have to stop and listen to one, to hear something beautiful," tulis LAPD memuji penampilan Emily.
Foto: istimewa/ Bored Panda

Sejak diunggah di Twitter pada 27 September 2019, video sudah dilihat lebih dari 1 juta kali. Banyak netizen membicarakannya dan ingin mendengarnya bernyanyi lagi.

Belakangan terungkap kalau Emily memang bukan musisi jalanan biasa. Dia adalah penyanyi dan musisi profesional asal Rusia yang belajar musik secara otodidak. Sejak kecil, Emily senang menyaksikan para penyanyi opera tampil di TV. Kecintaannya pada musik membuat Emily serius melatih kemampuannya memainkan piano dan biola.

Wanita berambut pirang ini kemudian pindah dari kampung halamannya ke Amerika Utara untuk menjadi mandiri dan mendapatkan pengalaman baru. Untuk memenuhi kebutuhannya di perantauan, ia bekerja di panti jompo dan restoran, sebelum akhirnya memutuskan mengejar karier di dunia musik.
Foto: istimewa/ Bored Panda

Sayangnya langkah Emily terhambat karena kondisi kesehatannya. Belum terungkap masalah kesehatan apa yang dialaminya, namun seperti dilansir Bored Panda, semua uangnya habis untuk membayar biaya pengobatan hingga akhirnya Emily berakhir di jalanan.

Nasibnya semakin runyam ketika biola miliknya dicuri orang dan dihancurkan. Padahal biola senilai Rp 141 juta itu adalah sumber penghidupannya. Namun Emily tidak menyerah. Alat musiknya boleh hilang, tapi suara indahnya tak bisa tergantikan.


Viralnya Emily di media sosial membuat ia diliput oleh berbagai stasiun TV. Beberapa di antaranya LA Times dan CBS News. Kemunculannya di media massa membuat banyak orang iba dan merasa sayang jika bakat Emily yang luar biasa terbuang sia-sia karena kondisi ekonomi.

Sebuah laman penggalangan dana di GoFundMe pun dibuat. Dengan harapan menggerakkan hati para dermawan untuk berdonasi agar bisa membantunya membayar tempat tinggal dan mengejar apa yang paling dicintainya, menyanyi dan bermain musik.

Simak Video "Diana Putri 'Boyong' Srikandi di LA Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)