Terlalu Terobsesi Bertemu Artis, Para Penggemar Rusak Fasilitas Bandara

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 25 Apr 2019 18:07 WIB
Foto: dok. Weibo Foto: dok. Weibo

Shanghai - Kemunculan bintang atau artis memang kerap dinanti oleh penggemarnya terutama di bandara, sehingga banyak dari mereka yang rela menunggu. Tapi, segerombolan penggemar obsesif ini menyebabkan kekacauan di Bandara Shanghai ketika mencoba untuk melihat sekilas idola mereka pada Sabtu (20/4/2019).

Ada total 16 bintang pop yang berangkat atau tiba pada hari itu, termasuk Deng Chaoyuan, yang muncul di musim kedua reality show Idol Producer. Kerumunan yang telah tinggal di Bandara Internasional Shanghai Hongqiao sejak Jumat, menghancurkan penghalang kaca dari eskalator, tidak ada cedera yang dilaporkan.



Seperti dilansir Nextshark, gerombolan penggemar berkumpul saat melihat idola mereka, berusa untuk sedekat mungkin dan mengambil foto mereka. Kementerian Keamanan Publik China pun mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan penggemar tersebut untuk berperilaku secara sopan atau akan menghadapi konsekuensi.

Menurut kementerian, apa yang dilakukan penggemar ini menyebabkan kekacauan publik, melanggar hak-hak pribadi dan melakukan tindakan ilegal terkait dapat dihukum dengan denda, penahanan administratif atau bahkan penuntutan pidana. Banyak netizen dan orang awam yang heran bagaimana para penggemar ini bisa tahu dengan tepat kapan idolanya akan tiba di bandara.

Terlalu Terobesesi Bertemu Artis, Para Penggemar Rusak Fasilitas BandaraFoto: dok. Weibo


"Mengapa orang tahu informasi penerbangan yang tepat dari bintang-bintang pop itu? Tentu saja agen mereka memberi tahu ke seseorang semacam pemimpin penggemar, yang kemudian mengatur pertemuan di bandara," komentar netizen di Weibo .



Namun, melacak keberadaan selebriti melalui media sosial sendiri menjadi tren di China, bahkan ada yang menjual detail penerbangan idola. Fenomena serupa juga terjadi di Korea Selatan.

Beberapa solusi termasuk meningkatkan manajemen staf untuk mencegah bocornya rincian penerbangan selebriti, memasang sistem peringatan dini untuk mencegah pertemuan penggemar juga telah dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kericuhan.
(agm/eny)