Laporan dari Bangkok

Sonia Fergina Bela Miss USA dan Australia yang Dikritik karena Nyinyir

Frieda Isyana Putri - wolipop Selasa, 18 Des 2018 17:00 WIB
Miss USA dan Miss Australia. Foto: Instagram
Bangkok - Miss USA dan Australia banjir kritikan karena nyinyir pada finalis Miss Universe dari Asia yang tak bisa bahasa Inggris. Wakil Indonesia, Sonia Fergina, yang akrab dengan keduanya, mencoba meluruskan soal sikap kedua finalis tersebut.

Miss USA dan Australia banjir kritikan karena nyinyir pada finalis Miss Universe dari Asia yang tak bisa bahasa Inggris. Miss Australia Francesca Hung dan Miss USA Sarah Rose Summers dianggap netizen 'nyinyir' pada Miss Cambodia Rern Sinat dan Miss Vietnam H'hen Nie yang tidak cakap berbahasa Inggris, setelah cuplikan video mereka saat melakukan Live Instagram viral.

Ditemui Wolipop usai bertanding di grand final Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand, Senin (17/12/2018), wakil Indonesia di Miss Universe 2018, Sonia Fergina Citra mengaku belum menonton video yang yang menjadi sensasi tersebut. Sonia yang pada saat itu sibuk mempersiapkan diri untuk penjurian dan grand final, hanya sempat bertanya sekilas pada Miss USA dan Miss Australia.



"Sebenarnya aku tuh udah sempet nanya juga, videonya tuh panjang. Tapi entah gimana, aku juga belum nonton sih jujur juga. Tapi aku coba bantu karena salah satu misi aku kan toleransi. Sebenernya itu sih salam paham ya. Setahu aku nggak ada maksud menjatuhkan, cuma sosial media kan cepet banget (menyebar), kepotong lah apa lah segala macem," tutur Sonia.

[Gambas:Instagram]


Ia menyebut kemungkinan besar Miss Colombia Valeria Morales yang juga ada di dalam video tersebut menanyakan soal sulitnya bergaul di lingkungan yang berbeda bahasa. Pembicaraan Miss Colombia, Miss USA dan Miss Australia kemudian membahas soal Miss Vietnam dan Miss Cambodia yang kesulitan berkomunikasi karena tidak bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Namun menurut Sonia, tidak ada maksud dari ketiga finalis Miss Universe 2018 tersebut untuk menghina finalis dari Asia.

Fakta yang Sonia lihat dalam kesehariaan selama karantina adalah keempat wanita tersebut yaitu Miss USA, Miss Australia, Miss Cambodia, dan Miss Vietnam, justru terlihat baik-baik saja dan akrab. "Secara realita sih yang aku lihat Australia, USA, Vietnam, sama Cambodia baik-baik aja. Tapi karena belum lihat videonya jujur aja aku nggak bisa berkomentar siapa yang bener siapa yang salah," ujarnya lagi.

Selama karantina, selain bersahabat dengan Miss USA dan Miss Australia, Sonia juga dekat dengan Miss Ireland Grainne Gallanagh serta kawan satu supervisor bersama Miss Singapore Zahra Khanum, Miss Malaysia Jane Teoh dan Miss Philippines Catriona Gray. Catriona yang juga teman sekamar Sonia semasa karantina baru saja dinobatkan sebagai Miss Universe 2018. (eny/eny)