Doyan Minum Kopi Ternyata Bikin Mood Positif Seharian, Kok Bisa?

Advertorial - wolipop Kamis, 11 Agu 2022 00:00 WIB
adv Foto: Shutterstock
Jakarta - Mengonsumsi kopi seolah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Tak hanya berguna memastikan badan lebih segar saat beraktivitas, ternyata kopi juga bermanfaat meningkatkan mood atau suasana hati. Kok bisa?

Para pencinta kopi biasanya mengawali hari dengan menikmati secangkir kopi dalam suasana yang tenang. Memulai hari dengan menyeruput kopi dirasa membuat tubuh lebih segar dan bersemangat menjalani hari, serta menghindari kelelahan. Selain itu, tren kopi susu kekinian juga membuat kopi jadi asupan rutin yang kerap dicari, terutama di kalangan anak muda masa kini.

Lalu, apakah kopi benar-benar bisa membuat kita lebih mood dan bersemangat menjalani hari? Simak beberapa ulasan berikut yang dilansir dari bustle.

1. Bikin Perasaan Lebih Positif

Depresi merupakan suatu kondisi yang serius, tetapi secara keseluruhan emosi 'senang' dan 'sedih' dirasakan oleh semua orang termasuk mereka yang merasa depresi sekalipun. Harvard School of Public Health menguji pria dan wanita untuk melihat apakah kebahagiaan dan kepositifan dapat dicapai melalui minum kopi.

Penelitian tersebut menemukan kopi dapat 'meniru' perasaan bahagia dan berfungsi sebagai antidepresan yang sangat ringan. Sebab kopi memberi dorongan pada tingkat serotonin yang berfungsi menyeimbangkan suasana hati. Kendati demikian, kamu tetap harus berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan antidepresan yang tepat jika merasakan gejala depresi yang berat.

2. Melawan Depresi

Secangkir kopi seolah bisa jadi ramuan ajaib untuk dapat menaklukan banyak hal. Ternyata, penelitian dari JAMA Internal Medicine menemukan bahwa wanita yang minum kafein menunjukkan risiko depresi yang lebih rendah. Sebab kafein dipercaya membantu memblokir reseptor yang bereaksi terhadap stres yang berkaitan erat dengan depresi.

Manfaat dari kopi dalam melawan depresi dan mengurangi stres ini bisa kamu dapatkan jika meminumnya secara tepat. Sebab, jika berlebih kamu justru berisiko mengalami sulit tidur hingga tremor otot.

3. Bantu Meningkatkan Kewaspadaan

Berdasarkan laporan LiveStrong, The Coffee Science Information Centre menemukan bahwa 100 hingga 200mg kafein bisa berdampak pada kewaspadaan mental. Sebagai gambaran, satu cangkir besar kopi dari coffee shop kesayanganmu mengandung 330mg kopi, sedangkan kopi instan berisi kurang lebih 148g kopi.

Konsumsi kopi dalam jumlah yang cukup dan tepat bisa bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan kamu dalam menjalani hari, namun sebaliknya konsumsi yang berlebihan bisa meningkatkan tingkat kecemasan sehingga harus dibatasi.

4. Dorong Kamu Jadi Orang yang Lebih Beretika

Manfaat yang satu ini mungkin terdengar aneh di telinga. Bersikap etis memang tak termasuk dalam suasana hati. Namun, dengan bersikap etis dan melakukan hal yang benar, emosi kamu pun dapat menjadi lebih baik sehingga mood meningkat.

Journal of Applied Psychology percaya bahwa kelelahan sering kali mengarah pada pengambilan keputusan yang buruk. Para peneliti berpikir dengan menyediakan kopi di tempat kerja bisa menjadi dorongan yang baik untuk para pekerja dalam membela diri sendiri dan pilihan yang mereka buat.

Misalnya, saat seseorang berada dalam kondisi kelelahan ia cenderung akan menuruti perintah apa saja yang diminta. Namun, saat seseorang lebih waspada ia bisa menimbang kembali setiap pilihan yang ada dan mengambil keputusan yang etis.

Itu dia sejumlah manfaat dari konsumsi kopi yang bisa bantu tingkatkan mood dan jaga suasana hati demi kesehatan mental yang lebih baik. Selain mengonsumsi kopi dengan porsi yang tepat, kamu juga bisa bikin hati lebih bahagia dengan mengonsumsi kopi yang dilengkapi merchandise spesial.

Good Day Special Edition BT21

adv

Foto: dok. Good Day

Brand kopi instan dengan banyak rasa, Good Day, baru saja meluncurkan Good Day Special Edition yang menghadirkan merchandise BT21, karakter favorit para pencinta boyband ternama asal Korea Selatan, BTS.

Melalui Good Day Special Edition ini, Good Day berupaya lebih mendekatkan diri kepada masyarakat agar produknya lebih dicintai dan dinikmati oleh gen z, khususnya para penggemar BT21. Adapun merchandise yang diproduksi antara lain kalender meja, notes, dan sticker. Khusus untuk pembelian melalui e-commerce, kamu juga bisa mendapatkan bonus double-walled glass dan coaster BT21 selama persediaan masih ada.

Good Day Special Edition dijual dalam kemasan bag isi 10 pcs & 30 pcs dengan berbagai varian nikmat yang bisa bantu kamu jaga suasana hati setiap saat. Mulai dari varian Original, Coolin', Mocacinno, Carrebian Nut, Chococinno, dan Vanilla Latte.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan Good Day Special Edition serta merchandise BT21 yang bakal bikin suasana hatimu lebih bahagia. Kemasan spesial Good Day ini bisa kamu dapatkan di supermarket seluruh Indonesia atau melalui Kapal Api Store di e-commerce Tokopedia dan Shopee.

(adv/adv)