Kisah Khaby Lame Jadi TikToker Paling Banyak Follower, Dulu Buruh Pabrik

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 24 Jun 2022 13:00 WIB
khaby lame Foto: Instagram @khabylameadv
Jakarta -

Khaby Lame kini menjadi orang paling banyak di-follow di TikTok. Followers Khaby sebanyak lebih dari 142,5 juta sudah melampaui Charli D'Amelio yang sebelumnya memegang posisi itu sejak 2020. Pria kelahiran Senegal tersebut dikenal dengan video-videonya yang sederhana tapi kocak.

Ekspresi kocak Khaby Lame mungkin pernah kamu lihat di media sosial. Pemilik nama asli Khabane Lame asal Italia itu sering membuat parodi atau reaksi yang mengejek video-video viral. Meski tidak banyak tranformasi atau transisi canggih, kontennya dianggap kreatif dan menghibur.

Perjalanan Khaby Lame menjadi salah satu kreator konten paling dikenal pun berawal dari ketidaksengajaan. Dilaporkan bahwa ia awalnya beralih ke TikTok setelah kehilangan pekerjaan sebagai pekerja pabrik. Tak disangka keisengan itu berakhir menghasilkan.

@khaby.lame

Dilansir Olhar Digital, Khaby Lame berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ia tumbuh di rumah sederhana tapi dianggapnya sebagai tempat pembelajaran. "Perumahan umum adalah tempat di mana aku berutang banyak. Tempat itu mengajarkanku pendidikan dan membangun banyak ikatan," ujarnya.

Pada 2020, pria 22 tahun tersebut mulai bekerja sebagai operator mesin di sebuah pabrik di Turin. Ketika awal pandemi Corona, keadaan memburuk dan ia pun kehilangan pekerjaan. Seperti kebanyakan orang yang bosan selama lockdown, Khaby kemudian mulai mengeksplor TikTok di kamarnya saat virus Corona mewabah. "Pandemi baru dimulai dan aku bosan karena banyak waktu luang jadi aku mulai membuat video di TikTok," kata Khaby.

Tak butuh waktu lama untuk Khaby bisa jadi viral. Strategi kreatifnya untuk merespon video-video yang sudah viral pun membuahkan hasil. Ekspresi wajahnya Khaby juga membuatnya video-videonya menarik meski tanpa bicara.

@khaby.lame

"Aku dapat ide setelah melihat video-video itu beredar dan aku suka membawa kesederhanaan. Aku pikir itu adalah cara untuk menjangkau banyak orang sebanyak mungkin dan cara terbaikya adalah dengan tidak bicara," tuturnya kepada CNN.

Sejak viral, pria tersebut mulai mendapat banyak tawaran endorsement. Dilansir Celeb's Fortune, kekayaan bersih pria tersebut diestimasi berkisar antara $300.000 (Rp 4,3 miliaran) hingga $500.000 (Rp 7,2 miliaran). Sedangkan berdasarkan laporkan Influencer Marketing Hub, satu postingan Khaby Lame bisa bernilai $17.800 (Rp 258 jutaan) hingga $29.800 (Rp 433 jutaan

Khaby Lame juga cukup banyak diundang ke berbagai acara selebriti. Ia telah bertemu banyak pesohor, seperti Ed Sheeran, Lionel Messi, dan beberapa pemain bola lain. Sayangnya Khaby masih belum mendapat kewarganegaraan sehingga sulit untuk bepergian menghadiri acara ke luar negeri.

khaby lamekhaby lame Foto: Instagram @khaby00
(ami/ami)